Untuk kalian para siswa yang sudah lulus SMP ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan juga mendapatkan keahlian tertentu, maka kalian dapat mencoba mendaftar ke SMK. 

Bingung ingin melanjutkan SMK jurusan apa? Tenang, kamu datang ke artikel yang tepat. Disini, kami akan merekomendasikan beberapa jurusan di SMK yang menjanjikan dan memiliki prospek kerja bagus untukmu. Simak terus artikel kami sampai tuntas ya!

Di SMK, kalian tidak hanya mempelajari tentang mata pelajaran umum saja tetapi kalian juga mempelajari dan mendapatkan materi atau mata pelajaran yang sesuai dengan bidang yang telah kalian pilih. Jadi kali ini artikel kami akan membahas hal tersebut. Berikut 13 jurusan yang menjanjikan disertai prospek kerjanya yang bagus.

1. Caregiver

Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin masuk ke bidang keperawatan di SMK. Jurusan caregiver adalah jurusan di SMK yang mempelajari metode dalam merawat lansia dan pasien yang sedang dalam proses penyembuhan yang tidak menggunakan alat bantuan medis apapun. Kalian hanya akan mempelajari seputar cara merawat dan cara memberikan perhatian kepada lansia dan pasien yang dalam proses penyembuhan.

Jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup menggiurkan, mengingat saat ini kebutuhan untuk memiliki tenaga pendamping dan pengasuh lansia baik di dalam maupun luar negeri relatif tinggi. Bagaimana? Kamu tertarik untuk masuk jurusan ini?

2. Animasi 

Di era modern ini, orang-orang sudah mulai mempelajari tentang seni digital seperti mengedit video, foto sampai membuat animasi. Untukmu yang tertarik dengan bidang animasi pasti tidak akan merasa menyesal karena memilih jurusan ini. Di urutan ini kami akan membahas mengenai jurusan animasi yang ada di SMK. Jurusan animasi merupakan jurusan yang memiliki kegiatan mempelajari konsep animasi atau gambar bergerak dari produksi suatu film atau acara televisi. 

Jurusan ini memiliki banyak peluang kerja, seperti desainer video game, animator, seniman multimedia, desainer visual efek, illustrator, komika, storyboard artist, desain karakter, jika ingin diluaskan kamu juga dapat menjadi youtuber yang mengusung tema animasi di dalam video yang akan kalian upload. 

3. Multimedia

Di era digital ini perkembangan teknologi semakin pesat, oleh karena itu, semakin beragam pula jurusan yang ada di SMK untuk mengejar pasar internasional. Jurusan multimedia merupakan suatu jurusan di bidang komputer yang mempelajari tentang cara menyajikan suatu teks, gambar, suara, animasi, serta video yang menjadi dibuat semenarik mungkin menggunakan alat-alat yang ada di software editor seperti Photoshop, Freehand, CorelDraw dan masih banyak lagi. 

Jurusan ini memiliki peluang kerja seperti web designer, graphic designer, interactive media designer, animator/illustrator, game desainer dan masih banyak lagi.

4. Farmasi

Diketahui bahwa orang yang bekerja di bidang farmasi memiliki gaji yang relatif tinggi. Tingginya keperluan medis akan membuat keahlian para tenaga medis selalu dibutuhkan dan itu datangnya dari para lulusan sekolah farmasi. Jurusan farmasi sendiri merupakan jurusan yang mempelajari semua hal yang berhubungan dengan obat-obatan,baik itu dari struktur senyawa, cara mengolahnya struktur tersebut sampai menjadi obat dan mengenali cara sintesisnya.

Jurusan ini memiliki peluang kerja seperti apoteker, jika kamu bisa berkembang kamu dapat membuat dan membuka apotek sendiri.

5. Akuntansi 

Akuntansi mengambil peringkat tertinggi sebab jurusan ini mengharuskan kamu untuk memiliki kemampuan matematika yang bagus, serta jurusan ini memiliki prospek karir yang cerah seperti menjadi staf counting, perbankan dan lain-lain. Jurusan akuntansi adalah jurusan yang mempelajari tentang cara memelihara keuangan dalam proses pengambilan keputusan.

Jurusan ini memiliki peluang kerja seperti auditor, accounting manager, budget analyst. Financial analyst, cost accountant dan masih banyak lagi.

6. Pelayaran 

Lulusan jurusan pelayaran memiliki prospek kerja yang dikenal menjanjikan jika ia mampu ikut serta dalam divisi pelayaran, kesempatan untuk menjadi salah satu staf kapal dan pekerjaan itu sangat cocok untukmu yang menyukai petualangan. Jurusan ini memiliki tujuan untuk mendidik siswa menjadi taruna dalam bidang nautika kapal. Hal yang dipelajari di jurusan pelayaran seperti perawatan kapal, kecakapan bahari, ilmu pelayaran kapal, ilmu pengetahuan alam, prosedur darurat dan masih banyak lagi.

Jurusan ini memiliki banyak prospek kerja seperti nahkoda, industry perikanan, industri manufaktur, tenaga pengajar, dan masih banyak lagi.

7. Pemasaran

Lulusan pemasaran bisa menjadi tenaga marketing handal. Bahkan kamu bisa menciptakan strategi produk atau jasa yang laku di pasaran.

Pemasaran adalah program studi yang mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penjualan produk, seperti perencanaan pengembangan konsumen, segmentasi dan analisa pasar. Jurusan pemasaran memiliki prospek kerja yang cukup luas, seperti sales executive, marketing analysis, social media marketing, supervisor pemasaran, event planner dan masih banyak lagi.

8. RPL

Di era modern seperti sekarang sudah banyak generasi muda yang ingin belajar desain dan coding, tidak sedikit dari mereka yang setelah lulus SMP melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan dengan memilih jurusan RPL. Lalu apa kepanjangan dari RPL itu sendiri? RPL merupakan singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak, banyak orang beranggapan jurusan ini sama dengan jurusan TKJ padahal jurusan ini sudah jelas berbeda. Jurusan RPL sendiri adalah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK, Jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara untuk meningkatkan pengembangan perangkat lunak antara lain pembuatan, pemeliharaan, sampai manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak.

Apa saja yang dipelajari di jurusan RPL? RPL tidak jauh dari desain, coding dan algoritma.

Jurusan ini memiliki prospek kerja seperti programmer, developer IT, IT consultant, computer network, database engineer dan masih banyak lagi.

9. Pariwisata

Jurusan pariwisata adalah jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan, kenapa begitu? Karena Indonesia salah satu negara dengan potensi wisata yang sangat besar. Banyak pendapatan negara yang didapat dari sektor pariwisata. Dengan berkembangnya sektor pariwisata saat ini tidak sedikit lulusan dari jurusan pariwisata yang dibutuhkan. 

Lalu apa saja yang dipelajari di jurusan pariwisata? Selain mata pelajaran umum di jurusan ini juga mempelajari kepariwisataan, komunikasi industri pariwisata, Bahasa asing pilihan, dan masih banyak lagi. Peluang kerja di jurusan pariwisata antara lain dinas kebudayaan dan pariwisata, pada badan transportasi, pemandu tour dan masih banyak lagi.

10. Tata Boga

Bagi kalian yang suka memasak baik itu cewek maupun cowok jurusan tata boga adalah jurusan yang tepat untuk mengembangkan kemampuan kreatif memasak kalian. Kenapa harus memilih jurusan tata boga? Karena dunia kuliner tidak akan pernah mengalami yang namanya market mechanism is born and then dies, sebab semua orang membutuhkan pangan setiap harinya. 

Apa saja yang dipelajari di jurusan tata boga? Selain mempelajari mata pelajaran umum jurusan ini juga mempelajari kewirausahaan, ilmu gizi, tata hiding, dan masih banyak lagi. Sehingga jurusan ini dapat membuat keahlian memasak yang berguna untuk diri sendiri maupun bisnis kuliner.

11. Tata Busana

Banyak orang dengan bercita-cita menjadi seorang desainer, maka dari itu harus menentukan langkah dari awal dengan tepat salah satunya adalah memilih smk dengan jurusan tata busana. Jurusan ini memiliki lowongan kerja yang menarik karena kamu akan langsung bekerja di perusahaan konveksi. Jika kamu memiliki tekad kamu juga bisa menjadi fashion designer karena memiliki perkembangan pesat pada trend setiap tahunnya.

Apa sajakah yang dipelajari di jurusan tata busana? Selain pelajaran umum yang didapat di jurusan ini juga mempelajari dasar desain, pengetahuan bahan tekstil, pembuatan pola, produk kreatif, dan masih banyak lagi. Selain itu, para lulusan dari tata busana pasti memiliki prospek kerja yang luas.

12. Otomotif

Kebanyakan anak cowoklah yang tertarik dengan jurusan ini, jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan. Banyak lulusan dari jurusan ini yang menjadi perakit atau modifikasi handal dengan gaji yang dibilang lebih dari cukup. Karena di indonesia, sudah jelas banyak perusahaan otomotif yang sudah mendirikan pabriknya sendiri dan pasti bakal banyak membutuhkan teknisi-teknisi handal dari lulusan jurusan otomotif untuk bekerja.

Buat kalian para cewek jangan sungkan untuk memilih jurusan ini, karena juga banyak teknisi handal adalah seorang cewek. Lalu apa saja sih yang dipelajari di jurusan ini selain pelajaran umum? Disini kalian bisa mempelajari dasar-dasar mesin, pemeliharaan kendaraan ringan, gambar teknik otomotif, dan masih banyak lagi.

13. Administrasi Perkantoran dan Tata Kelola Perkantoran

Administrasi perkantoran adalah salah satu jurusan yang sering diminati terutama para cewek. Selain prospek kerja yang menjanjikan dengan memilih jurusan ini juga dapat memberikan lowongan kerja di suatu instansi pemerintahan atau perusahaan besar, sudah pasti gaji besar juga akan menantimu. Selain mempelajari pelajaran umum kamu juga akan mempelajari cara membuat surat dengan benar, mengarsipkan sebuah dokumen, ekonomi bisnis, teknologi perkantoran, administrasi umum, dan masih banyak lagi. 

Nah, itulah 13 jurusan SMK yang menjanjikan dengan prospek kerja bagus yang bisa kalian pilih dan jadikan pertimbangan untuk masa depanmu. Menarik dan menggiurkan bukan? Jadi jurusan mana yang ingin kalian pilih?