Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata kuliah?. Banyak orang yang memilih untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan terlebih dahulu sebelum lanjut ke dunia kerja. Kuliah dapat menjadi salah satu jalan agar meraih kesuksesan jika Anda memilih jurusan yang tepat. Maka dari itu Anda jangan sampai berakhir dengan kebingungan karena belum memiliki tujuan.

Bagi Anda yang mempunyai keinginan untuk kuliah. Dan sekarang sedang memikirkan memilih jurusan kuliah apa, pasti Anda menghindari jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan. Banyak sekali atau bahkan semua orang menaruh harapan jika jurusan kuliah yang dipilih nantinya akan membuka jalan yang lebar di dunia kerja.
Statistik serta fakta menyebutkan bahwa hampir 70% mahasiswa salah dalam mengambil jurusan. Dan hal itu tentunya berimbas ke masa depan mereka. Maka dari itu Anda jangan sampai salah pilih jurusan kuliah. Anda harus dari jauh-jauh hari memikirkan tentang jurusan kuliah. Jurusan kuliah sebaiknya sesuai dengan bakat, minat serta kemampuan Anda.

Tetapi menyesuaikan hal tersebut juga tidak akan menyulitkan Anda saat ingin mencari pekerjaan di masa depan nantinya. Jangan asal memilih jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan. Sesuaikan dengan kemauan Anda serta jangan sampai terbujuk dengan jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan dan nantinya malah hanya merugikan Anda. Inilah dia 5 jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan.

1. Jurusan kuliah Arkeologi

Jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan yang pertama adalah jurusan kuliah arkeologi. Jurusan yang mempelajari tentang bagian dari ilmu sejarah dan mempelajari benda-benda bersejarah di masa lampau adalah pengertian dari jurusan arkeologi. Jurusan kuliah arkeologi sekarang ini mulai mempunyai peminat yang terus berkurang seiring dengan bertambahnya waktu.

Hal ini dikarenakan telah terkena pengaruh zaman sekarang atau modernisasi.Saat ini tidak lagi berfokus kepada hal-hal yang berkaitan dengan masa lampau. Dan sekarang malah sebaliknya yakni berfokus kepada hal-hal yang nantinya akan terjadi pada masa depan.

Maka dari itu jurusan kuliah arkeologi ini merupakan jurusan kuliah yang sangat sulit mendapat pekerjaan. Tingkat persentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah arkeologi sekarang ini terbilang cukup tinggi. Tingkat persentase tersebut mencapai hingga 10,5%.

2. Jurusan kuliah pertanian

Jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan yang kedua adalah jurusan kuliah pertanian. Mengapa demikian? Karena jurusan kuliah pertanian sekarang ini telah dianggap oleh masyarakat luas sebagai jurusan yang tidak begitu penting.

Mempelajari tentang dunia pertanian dianggap tidak terlalu penting harus sampai berkuliah. Namun pendapat yang seperti itu justru sangatlah tidak benar atau keliru. Jurusan kuliah pertanian dianggap lebih cocok menerapkan ilmu yang nantinya akan didapatkan di desa.

Dan tidak cocok untuk di kota atau yang nantinya ingin mencari pekerjaan kantoran. Maka dari itu jurusan kuliah pertanian ini menjadi salah satu jurusan yang sulit mendapat pekerjaan. Bahkan jurusan kuliah pertanian ini sering dipandang sebelah mata saja.

3. Jurusan kuliah Filsafat

Jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan yang ketiga adalah jurusan kuliah filsafat. Salah satu kesulitan bagi lulusan kuliah jurusan filsafat ini adalah mencari pekerjaan yaitu dengan melamar pada berbagai perusahaan ternama.

Pada jurusan ini sebenarnya mempelajari tentang dasar ilmu dari banyak ilm-ilmu lain. Dapat dikatakan jika dengan mempelajari ilmu filsafat ini Anda bisa menjadi seorang yang ahli dalam menganalisa pada berbagai bidang.

Tetapi sayangnya jurusan kuliah filsafat ini kalah dengan jurusan kuliah lain yang lebih spesifik. Yaitu terutama dalam hal mempelajari tentang sesuatu yang nantinya akan dibutuhkan pada dunia perkantoran. Jurusan kuliah filsafat ini mempunyai tingkat persentase pengangguran dari lulusan kuliah jurusan filsafat yaitu mencapai hingga 10,8%.

4. Jurusan kuliah seni teater

Jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan yang keempat adalah jurusan kuliah seni teater. Pasalnya banyak orang saat ini dapat menjadi lakon dari sebuah pertunjukan. Jadi tidak perlu harus berkuliah serta mempunyai gelar sebagai Sarjana Seni Teater.

Kemudian selain itu kesulitan yang dihadapi jika ingin bekerja di bidang ini yaitu agar menggelar sebuah pertunjukan dibutuhkan persiapan yang sangat kompleks. Maka dari itu sering sekali sebuah pementasan yang dilakukan mengalami kegagalan.

5. Jurusan kuliah seni rupa

Jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan yang terakhir adalah jurusan kuliah seni rupa. Hal ini dikarenakan sekarang di dunia ekonomi telah dipenuhi perusahaan yang hanya membutuhkan lulusan berhubungan dengan perkantoran. Jadi tidak lulusan yang berhubungan dengan dunia seni.

Dan biasanya lulusan kuliah jurusan seni rupa akan bekerja mandiri menjadi seperti seorang pematung, pelukis atau juga pemahat. Jurusan kuliah seni rupa ini mempunyai tingkat persentase pengangguran mencapai hingga 12,6%.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai 5 jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan. Anda harus memikirkan jauh-jauh hari dan secara matang saat memilih jurusan kuliah. Jangan sampai Anda salah pilih dan menyesal di kemudian hari.