Hubungan internasional merupakan salah satu jurusan sosial humaniora yang banyak diminati, karena memiliki peluang kerja yang banyak. Hubungan internasional berkaitan dengan upaya dari suatu negara untuk menghadapi tantangan internasional, seperti perdagangan dunia, isu keamanan, kerja sama antar negara dan lain sebagainya. 

Kuliah dengan jurusan hubungan internasional akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman berada dalam berbagai macam simulasi pertemuan penting di dunia seperti PBB. Apabila Anda tertarik masuk ke jurusan hubungan internasional atau HI, maka Anda membutuhkan beberapa keahlian seperti mampu berbahasa asing, berpikir kritis, mampu melakukan analisa, mampu melakukan negosiasi serta persuasi, memiliki kemampuan problem solving. 

Nah, apabila Anda tertarik serta memiliki kemampuan yang mumpuni untuk masuk ke jurusan hubungan internasional, berikut enam kampus dengan jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia. 

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Salah satu kampus yang memiliki jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM di Yogyakarta. Prodi HI di UGM sudah mendapatkan predikat A pada tahun 2014 dari BAN-PT. banyak calon mahasiswa yang menginginkan untuk masuk jurusan ini, namun UGM hanya menyediakan 36 kursi. 

Universitas Indonesia (UI)

Universitas selanjutnya yang memiliki jurusan HI terbaik adalah Universitas Indonesia di Jakarta. Sama dengan UGM, jurusan hubungan internasional di UI telah mendapatkan predikat A dari BAN-PT di tahun 2014. Universitas Indonesia hanya menyediakan 17 kursi untuk jurusan hubungan internasional. 

Universitas Padjadjaran (Unpad) 

Universitas Padjadjaran yang berada di Bandung, Jawa Barat memiliki jurusan hubungan internasional terbaik. Jurusan hubungan internasional di Unpad lebih dahulu mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dari pada UGM dan UI, yaitu pada tahun 2011. Dibandingkan dengan UGM dan UI, Universitas Padjajaran lebih banyak menyediakan kursi untuk jurusan hubungan internasional yaitu sebanyak 60 kursi. 

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Kampus selanjutnya adalah Universitas Jenderal Soedirman yang ada di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed berada di peringkat ke 36 dari 577 universitas di Indonesia menurut 4ICU. 

Universitas Jember (Unej)

Universitas Jember merupakan perguruan tinggi terbesar di Jawa Timur. Universitas Jember memiliki jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia serta menyediakan kuota kursi yang cukup banyak dibandingkan UGM, UI serta Unpad yaitu sebanyak 75 kursi pada SBMPTN tahun 2019. 

Universitas Riau 

Bukan hanya di pulau Jawa saja, Universitas Riau yang berada di Provinsi Riau memiliki jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia. Jurusan hubungan internasional di Universitas Riau telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Selain itu Universitas Riau menyediakan 64 kursi bagi Anda yang tertarik untuk masuk ke jurusan hubungan internasional di Universitas Riau ini. 

Itulah keenam kampus yang memiliki jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia, apabila Anda masih merasa ragu untuk masuk ke jurusan hubungan internasional, berikut beberapa keuntungan yang Anda dapatkan apabila masuk ke jurusan hubungan internasional. 

Keuntungan Masuk Jurusan Hubungan Internasional 

  • Anda akan memiliki peluang untuk bergabung dengan Lembaga internasional. 
  • Sarjana hubungan internasional memiliki peluang bahkan prioritas untuk bergabung dalam Kementerian Luar Negeri untuk menjadi calon diplomat. 
  • Anda akan siap untuk memiliki karir go internasional. 
  • Memiliki kesempatan untuk bekerja maupun bekerja sama dengan perusahaan internasional. 
  • Memiliki peluang bekerja di media untuk menganalisis permasalahan di dunia internasional. 

Kelima keuntungan tersebut dapat Anda raih apabila Anda menekuni bidang hubungan internasional dengan tekun. Untuk masuk jurusan ini, seperti yang telah penulis jelaskan perguruan tinggi hanya membuka sedikit kursi dibandingkan dengan jurusan lain. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk masuk jurusan ini persiapkan dengan baik, apabila Anda diterima di jurusan hubungan internasional maka tekunilah dan belajar dengan rajin agar Anda mendapatkan karir yang baik !