Salah satu aksesoris yang hampir ditemukan di setiap rumah adalah gorden. Gorden menjadi hal yang penting, jendela yang ada di setiap ruangan membutuhkan gorden untuk mempermanis rumah selain itu juga untuk menjaga privasi kamu di dalam rumah. 

Pemilihan gorden di setiap rumah tentu disesuaikan dengan bentuk dan ukuran jendela. Jenis material serta tingkat transparansinya juga menjadi hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli gorden yang cocok untuk rumah kamu.

Material Dalam Pembuatan Gorden

Secara umum terdapat 3 tingkatan material yang digunakan dalam pembuatan gorden berdasarkan tebal dan tipisnya, ketiga tingkatan material tersebut yaitu:

1. Vitrase

Material gorden dengan tingkat transparansi yang paling tinggi adalah material vitrase.  Material satu ini termasuk jenis material gorden yang tembus pandang sehingga jika dipasang di jendela rumah, sinar matahari tetap bisa menembus gorden dan masuk ke dalam rumah. Selain itu, material vitrase tidak bisa memberikan privasi yang cukup bagi kamu serta anggota keluarga. Material vitrase biasanya digunakan bersama dengan material lain yang memiliki tingkat ketebalan lebih tinggi sebagai lapisan keduanya.

2. Semi blackout

Jenis material yang banyak digemari oleh sebagian orang adalah material semi blackout. Hal ini karena materialnya memiliki ketebalan yang cukup dan masih memiliki tingkat transparansi yang rendah. Cahaya matahari akan tetap menembus ke jendela, tetapi tidak menyilaukan gorden dengan jenis vitrase. Walaupun cahaya matahari tetap tembus, namun kamu tetap mendapat privasi yang cukup karena material semi blackout tidak terlalu tembus pandang jika dilihat dari luar jendela. 

3. Blackout

Blackout menjadi material yang terakhir, material ini menjadi jenis material yang paling tebal dan tidak memiliki transparansi. Material gorden yang satu ini cocok dipasang di jendela ruangan yang membutuhkan privasi lebih seperti kamar tidur.

Setelah mengetahui tingkatan material, kamu juga harus mengetahui beberapa tips penting lain sebelum memutuskan memasang gorden di setiap jendela yang ada di rumah kamu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak pembahasanya dibawah ini.

Tips memilih gorden minimalis

Berikut ini beberapa tips memilih gorden minimalis untuk memperindah jendela yang ada di rumah kamu.

1. Lakukan pengukuran terhadap jendela rumah

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membeli gorden adalah melakukan pengukuran jendela rumah yang akan kamu pasangi gorden. Ukur lebar dan panjang setiap jendela yang ada di setiap ruangan rumah kamu dengan seksama. Kesalahan pengukuran bisa menyebabkan gorden yang sudah kamu pasang menjadi terlalu kecil atau terlalu lebar sehingga mengurangi nilai estetika dari jendela rumahmu.

2. Memilih model gorden yang diinginkan

Tips selanjutnya adalah memilih model gorden yang sesuai dengan keinginan. Setiap orang pasti memiliki keinginan dan selera yang berbeda- beda untuk mempercantik rumah impian mereka. Pemilihan model ini menjadi hal penting karena memiliki nilai estetika tersendiri. Ada tiga pilihan model gorden yang bisa kamu pilih yaitu:

A. Panel pair atau gorden ganda

Model gorden yang sangat umum digunakan, terutama di ruangan yang memiliki jendela besar karena terdiri dari dua gorden yang terpisah adalah model panel pair. Untuk rumah dengan gaya klasik atau kontemporer, sangat cocok menggunakan model gorden satu ini

B. Single panel

Single panel terdiri dari satu gorden saja, dan biasanya digunakan untuk jendela kecil atau besar. Biasanya model gorden satu ini sering ditemukan di rumah yang bergaya modern. Model ini lebih fleksibel untuk dibuka ke arah kanan maupun kiri, karena hanya menggunakan satu gorden saja.

C. Window treatment set

Window treatment set adalah model gorden full set yang terdiri dari valance dan v. Model ini cocok digunakan untuk rumah dengan gaya klasik yang penuh dengan detail serta ukuran.

3. Sesuaikan pilihan warna dengan konsep ruangan

Menyesuaikan pilihan warna dengan konsep ruangan yang diusung menjadi tips berikutnya yang perlu kamu lakukan. Warna gorden yang akan dipasang di ruang tamu biasanya akan berbeda dengan warna yang dipasang untuk kamar. Pemilihan warna juga dipercaya bisa mempengaruhi suasana hati atau mood dari orang yang tinggal di ruangan tersebut. Warna soft akan memberikan suasana yang sejuk dan tenang, sementara untuk warna-warna yang cerah akan menimbulkan kesan yang ceria. 

4. Pilihan pengait

Pemilihan pengait juga akan memberikan kesan yang elegan untuk jendela ruangan yang ingin kamu pasangi gorden. Ada beberapa jenis pengait yang bisa kamu gunakan untuk memperindah gorden di rumahmu, diantaranya.

  1. Track merupakan sistem pemasangan manual yang paling umum digunakan sejak dahulu.Namun seiring dengan berkembangnya zaman, membuat gorden dengan sistem track ini dilengkapi dengan teknologi pengaturan melalui remote control.
  2. Smoke ring yaitu pengait gorden yang berbentuk cincin dan terbuat dari stainless atau besi. Gorden akan dilubangi terlebih dahulu setelah itu baru dilapisi oleh smoke ring sebagai jalur tiang gorden. Gorden dengan pengait smoke ring terlihat lebih rapi dan membentuk ripple yang cantik.
  3. Tab top merupakan salah satu sistem pemasangan pengait gorden yang menggunakan perekat praktis saat ingin diganti. Namun, ada juga tipe tab top permanen yang tidak menggunakan perekat praktis melainkan dijahit di antara gorden dan tiang.

5. Sesuaikan budget dengan pilihan model gorden

Menyesuaikan budget dengan pilihan model gorden juga tidak kalah penting. Untuk membeli model gorden yang elegan sekarang tidak harus mengeluarkan banyak budget, karena banyak tempat yang menyediakan aneka model gorden yang cantik serta menawan dengan harga yang relatif terjangkau. Salah satunya adalah jual gorden dari RajaGorden.com. 

Untuk kamu yang sedang mencari toko yang menjual gorden kamu bisa membelinya di RajaGorden.com. RajaGorden.com menyediakan berbagai jenis gorden dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau. Di RajaGorden.com kamu bisa mencari dan menemukan berbagai jenis gorden yang kamu inginkan dengan berbagai model dan material. RajaGorden.com hanya menjual barang-barang dengan kualitas terbaik untuk memenuhi kepuasan konsumen, jadi kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.