SNMPTN dan SBMPTN adalah dua jalur untuk masuk kuliah di Indonesia. Perbedaan biaya kuliah antara SNMPTN dan SBMPTN yang dapat dilihat sangat berbeda yaitu terletak di biaya tambahan.

Sebelumnya, apa sih SNMPTN dan SBMPTN ini? SNMPTN adalah jalur masuk PTN yang dilakukan tanpa melakukan tes terlebih dahulu, sehingga hanya mengandalkan nilai raport, nilai akademik dan non-akademik selama ia bersekolah.

Sedangkan SBMPTN adalah jalur masuk PTN, yang mengharuskan pesertanya untuk mengikuti dan melakukan tes terlebih dahulu. Di SBMPTN ini peserta wajib mengikuti UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Nah, skor yang didapat dari UTBK ini menjadi syarat untuk bisa mendaftar SBMPTN.

Biaya di perguruan tinggi negeri sering disebut murah daripada dengan biaya kuliah di kampus swasta. Jika Anda lolos PTN maka Anda hanya perlu membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau membayar BOP (Biaya Operasional Pendidikan).

Berikut adalah perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN, simak ulasan berikut:

Perbedaan UKT dan BOP

Sistem perhitungan besaran biaya adalah letak perbedaan yang mencolok dari UKT dan BOP. Perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN dibilang hampir tidak ada. Biaya UKT ini berlaku untuk mahasiswa yang lulus SNMPTN dan SBMPTN. Namun, dengan pengelompokan sesuai besaran UKT tersebut.

Disini mengartikan bahwa jika Anda diterima pada PTN X dan dengan menerapkan pengelompokan UKT hingga 8 kelompok, maka biaya kuliah bagi mahasiswa SNMPTN dan SBMPTN masuk kedalam kelompok UKT 1 dan UKT 2.

Biaya pendidikan lain tidak perlu Anda bayar apabila Anda sudah membayar UKT ataupun BOP. Semua biaya sudah ditanggung oleh UKT dan BOP seperti, biaya plaktinum, dan laboratorium. Namun tidak semua PTN menerapkan hal ini.

Biaya Kuliah Lainnya

Selain UKT dan BOP yang sudah dijelaskan diatas, ada pula perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswanya untuk membayar biaya tambahan lainnya. Biaya tambahan lainnya digunakan untuk perlengkapan kuliah seperti, tas, alat tulis, buku diktat, dan lainnya.

Disini, perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN terletak pada pendaftaran awal masuk. Ketika Anda mendaftar melalui jalur SNMPTN, maka tidak perlu membayar biaya apapun. Namun jika Anda melalui jalur SBMPTN, Anda harus membayar biayanya sesuai dengan ketentuan dari LTMPT. Biaya ini disebut sebagai cover charge, biaya operasional dari ujian SBMPTN.

Biaya ujian Saintek dan Soshum apabila Anda mengikuti jalur SBMPTN, biaya yang perlu dibayar yaitu Rp 200 ribu rupiah. Sedangkan untuk kelompok campuran haru membayar sejumlah Rp 300 ribu rupiah. Pembayaran yang dilakukan harus langsung kepada pihak bank yang telah ditentukan sebelum pelaksanaan ujian dimulai agar dapat menerima kartu peserta ujian.

Sekarang, Anda sudah mengetahui bahwa tidak ada perbedaan yang mencolok apabila Anda mendaftar menggunakan jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Jika Anda lolos di masuk perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN, tentu saja Anda masih membayar biaya UKT atau BOP. Namun, mahasiswa yang masuk dengan jalur mandiri mempunyai perbedaan biaya yang sangat mencolok dan signifikan.

Mahasiswa jalur mandiri harus membayar biaya UKT yang lebih tinggi dibanding dengan mahasiswa yang lolos melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Biaya tambahan mahasiswa jalur mandiri ini termasuk dengan biaya untuk pengembangan kampus. Biaya ini tergantung dengan apa yang diperlukan kampus.

Setelah membaca artikel diatas, maka Anda telah memahami perbedaan biaya kuliah pada jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN. Peluang masuk SNMPTN pada tingkat kota adalah 20 persen dari kuota mahasiswa baru. Disini, akreditasi sekolah asal Anda sangat mempengaruhi dalam penilaian. Semakin bagus akreditasi sekolah Anda maka akan semakin besar peluang Anda untuk mengikuti SNMPTN.

Sedangkan peluang yang diberikan untuk jalur SBMPTN di tiap PTN adalah sebesar 40 persen dari kuota mahasiswa baru. Hasil UTBK dan kriteria yang telah menjadi kebijakan di suatu PTN menjadi salah satu syarat untuk mengikuti seleksi. Jadi, peluang lulus untuk Anda tergantung pada pilihan jurusan.

Nah, itu dia artikel yang membahas tentang adakah perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN. Jika Anda ingin masuk ke perguruan tinggi Anda ingin melalui jalur apa? SNMPTN? SBMPTN? Atau bahkan mandiri? Apapun yang menjadi pilihan Anda terus semangat dan pantang menyerah ya!!