Mungkin bagi sebagian mahasiswa sudah tidak asing lagi mendengar kata program ekstensi. Beberapa kampus di Indonesia menyelenggarakan program ekstensi ini untuk karyawan yang bekerja dari shift pagi hingga sore. Sebagian masyarakat beranggapan bahwa program kuliah ekstensi sangat tidak efektif karena jadwal perkuliahannya yang dimulai dari sore hingga malam hari. Dimana para karyawan yang kuliah sudah kelelahan karena bekerja dan ditakutkan nantinya materi pembelajaran tidak masuk ke dalam otak.

Tetapi secara umum, program kuliah ekstensi ini membantu para karyawan yang kuliah untuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi dan mencapai karir yang lebih baik. Ketika lulusan kuliah, ijazah dan juga gelar yang didapat secara legal.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ekstensi simak pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Program Ekstensi?

Program Ekstensi

Ekstensi adalah program kuliah jenjang pendidikan untuk mahasiswa dan karyawan lulusan program Diploma (D3), yang ingin melanjutkan program studinya ke jenjang yang lebih tinggi tanpa perlu mengulang perkuliahan dari awal. Jadwal kuliah ekstensi ini dimulai dari malam hari yang berlangsung selama dua jam, dan diselenggarakan di pekan hari (sabtu atau minggu).

Dengan program kuliah ekstensi ini, mahasiswa dan karyawan bisa menempuh jenjang S1 dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun atau sekitar 5 semester. Program kuliah ekstensi ini biasanya memiliki dua jenis yaitu:

Kuliah kelas ekstensi reguler. Program ini hanya bisa didapatkan oleh mahasiswa yang baru lulus (SMA, SMK, MA).

Kuliah kelas ekstensi alih kredit. Biasanya program kuliah ekstensi ini hanya berlaku bagi mahasiswa lulusan D3 yang pindah ke kampus lain.

Kampus yang Menyediakan Program Ekstensi

Tidak semua kampus memiliki program kuliah ekstensi ini. Terdapat beberapa kampus yang menyediakan program ekstensi bukan hanya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja, namun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga menyediakan program kuliah ekstensi ini. Setiap kampus memiliki beragam jurusan studi, jadi pahami dulu detail jurusan dan situs resmi kampus yang akan kamu pilih.

Berikut kampus yang menyediakan program kuliah ekstensi :

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Universitas Negeri di kota hujan ini menjadi salah satu kampus yang menyediakan program ekstensi. IPB memberikan kesempatan bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan studi ke jenjang S1 jurusan Ilmu Manajemen, Ilmu Komputer, dan Agribisnis.

2. Universitas Airlangga, Surabaya

UNAIR juga menyediakan program kuliah ekstensi dengan beberapa program studi S1. Berikut beberapa pilihan jurusannya yaitu Pendidikan Ners, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Bidan, Manajemen, Akuntansi, Sastra Inggris, Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

3. Universitas Indonesia, Depok

Selanjutnya ada Universitas Indonesia (UI). UI memiliki empat program studi untuk kuliah ekstensi S1 ini yaitu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat.

4. Universitas Negeri Jakarta

Universitas negeri Jakarta ini memiliki tujuh program studi ekstensi S1. Yaitu Akuntansi Manajemen, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Busana, Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Rias, dan Pendidikan Teknik Mesin.

5. Universitas Telkom, Bandung

Program studi ekstensi yang ada di Universitas Telkom diantaranya Sistem Komputer, Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi, Administrasi Bisnis, dan Akuntansi.

6. Universitas Mercu Buana, Jakarta

Universitas Mercu Buana tidak hanya memiliki program ekstensi untuk S1 saja tetapi ada juga program ekstensi untuk S2. Berikut ini pilihan program studinya :

  1. Program studi S1 : Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Desain Produk, Desain Interior, Sistem Informasi, Manajemen, Akuntansi, Desain Komunikasi Visual, Broadcasting, Public Relation, Marketing Communication & Advertising, Psikologi Umum.
  2. Program studi S2 : Magister Akuntansi, Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Elektro, dan Magister Teknik Sipil.

7. Universitas Bakrie, Jakarta

Program ekstensi untuk S1 di Universitas Bakrie ada beberapa program studi diantaranya Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi, Informatika, Teknik Sipil dan Teknik Industri.

8. Universitas Widyatama, Bandung

Jurusan di Universitas Widyatama untuk program ekstensi D4 yaitu Studi Desain Grafis. Berikut ini beberapa jurusan program S1 universitas widyatama yaitu Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Profesi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, Bahasa Inggris. Sedangkan untuk S2 yaitu Magister Manajemen, dan Magister Akuntansi.

9. Universitas Diponegoro

Dulu kampus ini tidak menyediakan program ekstensi, namun tahun ini Universitas Diponegoro kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Lanjutan dari D3 ke D4 (Sarjana Terapan) dengan program studi Perancangan Arsitektur dan Teknik Infrastruktur Sipil. Akan tetapi program ekstensi ini hanya tersedia untuk mahasiswa yang berasal dari lulusan Universitas Diponegoro.

Baca juga: 6 Syarat Akreditasi Kampus dan Strategi yang Perlu Dipersiapkan

Syarat Memasuki Program Ekstensi

Setiap perguruan tinggi mempunyai syarat tersendiri untuk mendaftarkan ke program kuliah ekstensi sesuai dengan kebijakan dari institusi dan juga jurusan yang akan dipilih. Tetapi, berikut persyaratan secara umum yang harus dipenuhi untuk masuk ke program ekstensi ini:

  1. Mahasiswa yang mendaftar adalah lulusan dari PTN maupun PTS yang terakreditasi.
  2. Nilai IPK minimal diantara 2,00 hingga 3,00
  3. Jika yang mendaftar berstatus pekerja maka harus memberikan bukti surat keterangan kerja dan surat persetujuan kuliah dari perusahaan.
  4. Menunjukan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan transkrip akademik dari pihak pendaftar.
  5. Untuk penilaiannya perguruan tinggi luar negeri minimal harus sama dengan lulusan sarjana muda di Indonesia. Nilai tersebut juga harus disahkan oleh Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Itulah tadi pembahasan mengenai program ekstensi dan kampus yang menyediakan program ekstensi. Sebelum mengambil program ekstensi kamu harus memahami detail jurusan yang ingin kamu ambil karena ini akan menentukan kesiapan kamu dalam menjalani studi. Dan kamu juga harus mencari tahu berapa biaya kuliah yang dibutuhkan sampai lulus, apabila kamu sudah bekerja maka kamu bisa menentukan cara mengelola penghasilan setiap bulannya. Semoga bermanfaat.