Akreditasi Perguruan Tinggi resmi disebut dengan akreditasi institusi. Sedangkan akreditasi pada program studi merupakan sertifikat bukti bahwa suatu jurusan tersebut sudah terakreditasi. Apabila dilihat dari segi definisi, akreditasi perguruan tinggi atau akreditasi kampus adalah suatu bentuk pengakuan mutu dari pihak eksternal mengenai input, hasil, serta proses.

Mengenai input, hasil, dan juga proses ini yaitu dari sistem atau juga manajemen bermutu pendidikan pada sebuah program studi dan sebuah kampus. Pengakuan ini yaitu berdasarkan pada sejumlah kriteria yang nantinya akan dijadikan sebagai tolak ukur dimensi mutu pendidikan tinggi atau kampus. Serta pengakuan ini sudah disepakati di tingkat regional, nasional, dan juga internasional.

Kemudian suatu mutu pendidikan yang tinggi juga harus dilihat berdasarkan konsep multi dimensinya. Terdapat lembaga yang bersifat resmi yang mempunyai tugas untuk menerbitkan dan juga menilai akreditasi institusi kampus serta program studi. Lembaga resmi tersebut adalah BAN PT.

Sesuai dengan bunyi UU Nomor 12 pada tahun 2012 mengenai Pendidikan Tinggi, dan Permenristekdikti No 32 tahun 2016. Yaitu bahwa lembaga resmi BAN PT ini telah mendapatkan peran sentral pada upaya dalam menjaga serta meningkatkan kualitas mutu pendidikan tinggi negara Indonesia.

Baca juga: Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Menurut Dikti Tahun 2022

Tuga dari lembaga resmi BAN PT ini diantaranya adalah melakukan suatu proses penilaian serta menentukan akreditasi program studi dan juga kampus atau perguruan tinggi. Anda dapat langsung mengecek akreditasi kampus Anda di laman lembaga resmi BAN PT ini. Berikut cara cek akreditasi kampus di laman lembaga resmi BAN PT.

1. Cara Cek Akreditasi Kampus di BAN PT Menggunakan PC atau Komputer

Cara cek akreditasi kampus menggunakan pc atau komputer adalah sebagai berikut.

  • Yang pertama yaitu Anda harus membuka situs banpt.or.id.
  • Kemudian arahkan kursor Anda pada menu Data Akreditasi. Menu Data Akreditasi ini terdapat di bagian atas situs, nomor 4 dari sebelah kiri.

  • Setelah itu klik opsi submenu Pencarian Data Akreditasi atau history.
  • Apabila opsi submenu telah Anda klik, maka akan muncul dua kolom. Dua kolom ini yaitu perguruan tinggi dan juga prodi.

  • Lalu tulislah nama perguruan tinggi atau kampus Anda di kolom bagian atas untuk mengecek akreditasi institusi.

  • Maka sistem akan menunjukkan nama perguruan tinggi atau kampus yang Anda tulis lalu klik pada nama kampus atau perguruan tinggi yang ingin Anda cek akreditasinya.
  • Dan yang terakhir, maka akan secara otomatis keluar informasi mengenai akreditasi institusi kampus atau perguruan tinggi yang Anda maksud untuk satu sampai dengan 2 periode.

2. Cara Cek Akreditasi Kampus di BAN PT Menggunakan Smartphone atau HP

Cara cek akreditasi kampus di BAN PT menggunakan smartphone atau HP adalah sebagai berikut.

  • Yang pertama yaitu Anda harus membuka situs banpt.or.id.
  • Kemudian klik opsi menu pada bagian pojok kanan atas situs.
  • Lalu klik pada menu Data Akreditasi.
  • Jika sudah, maka klik opsi submenu Pencarian Data Akreditasi atau history.
  • Setelah itu Anda perlu mengubah tampilan menjadi versi Situs Desktop. Anda dapat mengubah menjadi versi
  • Situs Desktop ini di browser atau google chrome Anda. Yaitu klik opsi pada bagian pojok kanan atas layar smartphone atau HP Anda.
  • Kemudian masukkan nama kampus atau perguruan tinggi di bagian dua kolom yang terdapat di laman situs lembaga resmi BAN PT ini.
  • Dan yang terakhir, maka akan secara otomatis keluar informasi mengenai akreditasi institusi kampus atau perguruan tinggi yang Anda maksud untuk satu sampai dengan 2 periode.

Selain untuk mengecek akreditasi perguruan tinggi atau kampus, Anda juga dapat untuk mengecek akreditasi dari program studi. Berikut cara cek akreditasi program studi di BAN PT.

Baca juga: Inilah Kampus dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual Terakreditasi A

1. Cara Cek Akreditasi Program Studi di BAN PT Menggunakan PC atau Komputer

Cara cek akreditasi program studi menggunakan pc atau komputer adalah sebagai berikut.

  • Apabila Anda telah mengetahui info mengenai akreditasi institusi, maka Anda dapat mengisi kolom yang kedua dengan nama program studi yang ingin Anda cek akreditasinya.
  • Lalu klik nama yang dimunculkan secara otomatis sesuai dengan jenjang kesarjanaan.
  • Dan jika sudah, maka akan muncul informasi akreditasi program studi yang Anda maksud yaitu untuk 1 sampai dengan 4 periode.

Itulah tadi pembahasan mengenai seberapa bagus kampusmu? Berikut cara cek akreditasi kampus di BAN PT. Jika Anda ingin mengetahui akreditasi dari kampus atau perguruan tinggi Anda, Anda dapat langsung mempraktekkan cara diatas.