Untuk melamar menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 juga membutuhkan tambahan dokumen seperti surat akreditasi Universitas. Untuk calon CPNS, yang ingin melihat keterangan akreditasi kampus dapat langsung dilihat pada laman BAN PT https://www.banpt.or.id/. Pada laman ini kamu dapat melihat status akreditasi dari masing masing kampus dan juga dapat melihat status akreditasi jurusan. Laman ini hasil pencarian akan muncul SK akreditasi sampai kadaluarsa.

Berikut ini langkah-langkah untuk melihat BAN PT mengenai akreditasi kampus:

1. Masuk ke website resmi dari BAN PT https://banpt.or.id/
2. Pilihlah menu cari ataupun klik pada menu data akreditasi, lalu pilih program studi (terkini) atau institusi (terkini).
3. Ketik nama kampus yang akan kamu cek mengenai status akreditasinya
4. Jika kamu ingin mengecek status akreditasi prodi caranya dengan mengetikan nama kampus dan nama prodi.
5. Bila sudah mengetahui status akreditasinya, lalu cara yang selanjutnya yaitu dengan mendapatkan surat tersebut.

Cara untuk mendapatkan surat akreditasi BAN PT:

1.Para pejuang CPNS tidak dapat membuat surat akreditasi secara langsung, biasanya pihak kampus akan menyediakan fotokopian yang telah dilegalisir.
2. Pihak BAA (Biro Administrasi Akademik) di beberapa perguruan tinggi telah menyediakan sertifikat tersebut selama masa pendaftaran pada tahun ajaran baru.
3. Para pelamar CPNS dapat menanyakan terkait surat keterangan akreditasi BAN PT dengan menghubungi perguruan tinggi.

Tapi karena saat ini sedang dalam kondisi pandemi akibat covid-19, biasanya pihak kampus sudah menyiapkan link download untuk para calon CPNS untuk mendapat bukti akreditasi kampus. Pihak dari kampus akan mengupload surat akreditasi tersebut di beberapa laman dan dapat didownload dengan mudah. Jika benar-benar tidak dapat dikunjungi maka cek website kampus atau website wisudawan kampus.

Cara Download Akreditasi Kampus

1. Akses website kampusmu, jika setiap fakultas memiliki web maka akseslah web fakultas tersebut.
2.Kemudian klik web, kamu akan diarahkan pada menu utama situs web. Di menu utama pada bagian web atas terdapat kata akreditasi atau sertifikat.
3. Jika kamu telah menemukannya kemudian, klik menu tersebut kemudian dan download sertifikat akreditasi yang diperlukan.
4. Sertifikat akreditasi yang telah di download biasanya berupa file PDF yang dapat kamu cetak kapanpun.
5. Sekarang ini perguruan tinggi memiliki situs web yang telah menyediakan sertifikat akreditasi jurusan berupa soft copy atau PDF. Dan dapat diunduh dengan mudah untuk siapa saja yang membutuhkan.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengunduh akreditasi melalui link berikut ini, https://www.kompiwin.com/cara-download-akreditasi-kampus-ban-pt/.

Pihak pemberi akreditas kampus

Pihak yang memberi akreditasi yaitu badan akreditasi nasional perguruan tinggi dapat disingkat dengan BAN PT. BAN PT adalah lembaga di indonesia yang diberi wewenang oleh kemenristekdikti seluruh perguruan tinggi di seluruh indonesia baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. BAN PT berdiri pada tahun 1994 dan diberi wewenang untuk menyebarluaskan, memperkenalkan, dan pengelolaan pendidikan tinggi. Meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan pengelolaan institusi secara efisien dan keberlanjutan. Dalam menjalankan kewajibanya BAN PT memiliki pedoman pada UU no 12.tahun 2012 Pendidikan Tinggi Permendikbud no.59 tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional.

Manfaat Akreditasi Perguruan Tinggi

1. Untuk mendapatkan proyek

Perguruan tinggi yang terakreditasi A dapat mengusulkan proyek untuk lembaganya dan dapat bernilai jutaan bahkan hingga milyaran rupiah. Besarnya akan berbeda dengan perguruan tinggi yang hanya memiliki akreditasi B atau C.

2. Akreditasi Sebagai daya tarik mahasiswa baru

Kampus yang terakreditasi A pastinya akan banyak diminati dibandingkan kampus yang memiliki akreditasi B atau C. Sehingga kampus akan berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitasnya untuk mendapatkan akreditasi A. Maka akan banyak mahasiswa yang tertarik dan berkuliah di kampus tersebut. Kampus dengan jumlah mahasiswa banyak, akan turut mempercepat perkembangan dari kampus tersebut.

3. Mempermudah lulusan dalam dunia kerja

Akreditasi juga bermanfaat bagi para alumni atau lulusan dari kampus tersebut. Terutama jika mereka kan bekerja sebagai PNS ataupun ingin bekerja pada perusahaan swasta. Kini banyak perusahaan mensyaratkan akreditasi kampus maupun prodi untuk syarat dalam melamar kerja.

Jika ingin memperoleh informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi situs website Kompiwin.com.