Apakah Anda sedang mempersiapkan menulis Skripsi? Sebagai mahasiswa membuat skripsi merupakan sebuah kewajiban, jadi skripsi adalah suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya kata pengantar skripsi yang menjadi bagian utama dalam skripsi.

Kata pengantar skripsi adalah tulisan yang berisi ungkapan atau pengantar dari penulis atas selesainya skripsi tersebut. Kata pengantar inilah yang akan tampil pertama kali sebagai susunan paragraf di awal membaca karya tulis ilmiah. Itulah sebabnya dalam membuat kata pengantar ini juga ada aturan dan strukturnya yang perlu diperhatikan oleh penulis skripsi.

Bagi sebagian orang, kata pengantar skrispsi hanyalah formalitas saja. Namun ada pulaa yang ingin membuat kata pengatar tersebut lebih menyentuh atau romatis untuk orang yang dituju. Hal ini karena dalam kata pengantar tersebut penulis mengungkapkan rasa syukur dan bertirima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atau mensukseskan skripsi tersebut hingga selesai. Jadi tidak heran jika ada saja penulis skipsi yang kreatif ingin membuatnya lebih romantis dan bermakana.

Apakah Anda tertarik ingin membuat kata pengantar yang romantis atau menyentuh? Mungkin sebagian orang mengira tidak boleh membuat kata pengantar yang nyleneh harus baku dan formal. Padahal Anda bisa membuatnya lebih romantis namun tetap sesuai dengan aturan formal yang berlaku. Bagamana cara membuat kata pengantar skripsi yang romantis dan menyentuh?

Sebelum membuatnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu aturan baku atau formalnya dalam membuat kata pengantar skrispi. Hal ini bertujuan agar Anda tetap bisa membuat kata pengantar sekreatif mungkin tetapi tetap tidak keluar dari aturan tersebut. Jadi tidak ada alasan lagi skripsi Anda direvisi oleh dosen pembimbin. Berikut ini aturan dan struktur membuat kata pengantar skripsi.

Aturan Membuat Kata Pengantar Skipsi

Meskipun Anda ingin membuat kata pengantar yang romantis, namun tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Kalimat dalam paragraf harus tetap berisi rasa syukur dan terima kasih atas selesainya skripsi Anda
  2. Tatap menjelaskan sedikut materi yang Anda bahas dan tulis dalam skripsi tersebut
  3. Tetap menjelaskan maksud dan tujuan Anda membuat skripsi
  4. Berterima kasih kepada pihak-pihak yang mensukseskan skripsi Anda
  5. Mengungkapkan hal yang ingin Anda wujudkan dari skripsi yang Anda tulis
  6. Tetep meminta maaf jika ada kesalahan dalam penulisan skripsi Anda
  7. Tetap memeinta kritik dan saran dari pembaca atas skripsi yang Anda tulis
  8. Ditulis dengan bahasa yang baik dan benar sesui kaidah kebahasaan

Aturan tersut dapat Anda praktikan dalam struktur membuat kata pengatar skrispi berikut ini:

1. Pembuka

Pada paragraf pertama biasanya berisi ungkapan syukur dari penulis atas selesainya skripsi tersebut. Anda bisa memukai dengan ucapan syukur kepada Tuhan sesuai dengen kepercayaan Agama Anda. Contohnya dalam agama Islma mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Paeagraf awal ini sudah menunjukan isi dan maksud kata pengantar secara keseluruhan

2. Isi

Paragraf berikutnya Anda harus memberi gambaran dari isi skripsi yang Anda tulis. Anda bisa mulai menyebutkan judul yang jelas dan sesuai dengan dikerjakan dalam skripsinya. Setelah itu Anda bisa memberikan gambaran sedikit dengan penjelasan topik yang Anda bahasa dan tujuan pembuatan dan juga penyusunan skripsi tersebut.

3. Penutup

Paragraf terakhir, Anda bisa menyampaikan ungkapan maaf dan harapan terkait kedepannya mengenai karya tulis yang Anda buat tersebut. Permohonan maaf ini bermaksud untuk menunjukan agar jika ada kesalahan penulisan dalam pembuatan skripsi tersebut bisa dimaklumi dan lebih baik di karya tulis berikutnya. Hal ini menunjukan karena memang manusia tidak akan lepas dari kekurangan.

Contoh Kata Pengantar yang Romantis

Setelah memahami aturan dan struktur kata pengentar skripsi di atas, maka Anda sudah bisa membuat kata pengantar sekreatif mungkin. Sebagai contoh, Anda bisa memperhatikan kata pengantar skripsi di bawah ini sebagai referensi:

Nah, itulah penjelasan tentang kata pengantar skrispi beserta contoh penerapannya. Tidak sulit bukan? Sekarang Anda bisa membuat kata pengantar skripsi yang tudak itu-itu saja. Alih-alih membuatnya formal, Anda tetap bisa mempersembahkan kata pengantar yang romantis dan menyentuh pembaca. Selamat mencoba.