Dalam berbagai komponen rumah, penempatan-penempatan properti perlu disesuaikan dengan beberapa segi pandang. Yaitu mulai dari segi ketepatan, segi estetika, dan juga segi luas sempitnya bangunan tersebut.

Upaya penata letakan property rumah ini bisa diatur sesuai selera masing-masing pemilik. Akan tetapi, segi yang telah disebutkan di atas juga perlu diperhatikan. Apabila Anda memiliki rumah dengan ruang tamu yang minim luasnya, Anda bisa mengkreasikan dan memadukan barang-barang yang berada di sana yang seperlunya saja. Hindari menempatkan barang-barang yang berlebih, karena hal tersebut dapat memberikan ruang tamu kecil Anda menjadi terlihat sempit dan tidak leluasa.

Barang-barang yang disarankan untuk berada di ruang tamu dengan ukuran kecil misalnya sofa, meja, dan juga hiasan atau vas bunga yang simpel dan juga sederhana. Untuk pemilihan sofanya sendiri, ada beberapa trik dan caranya. Berikut ini merupakan beberapa cara memilih sofa untuk ruang tamu yang kecil:

Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil

Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil

1. Ukur ruang tamu

Cara pertama yaitu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu ukuran ruang tamu Anda. Pada umumnya, sofa yang cocok untuk digunakan di ruang tamu yang kecil memiliki luas yang tak lebih dari 30% dari ukuran ruang tamu tersebut.

Meskipun ukuran sofanya tak terlalu besar, akan menjadi property yang bagus dan enak dipandang apabila Anda bisa memadukannya dengan sebaik mungkin.

2. Pilih sofa yang berwarna netral

Selain dari segi keindahan property tersebut, ternyata warna juga memiliki pengaruh penting dalam hal ini. Kami menyarankan, ketika Anda memilih warna sofa, pilihlah warna-warna netral yang cocok untuk dipakai dimanapun misalnya krem, putih, dan warna-warna pastel lainnya.

Hal ini bertujuan karena warna-warna tersebut diyakini memberikan kesan hangat dan juga nyaman. Sehingga ukuran luas sempitnya ruang tamu pun tak menjadi masalah.

3. Pilih sofa bermotif

Cara memilih sofa untuk ruang tamu yang kecil selanjutnya adalah dengan memilih sofa yang bermotif. Hal ini bertujuan, apabila sofa memiliki motif akan terlihat ramai dan penuh, sehingga Anda tak begitu banyak membutuhkan hiasan/pajangan di ruang tamu yang kecil.

Selain itu, dengan sofa bermotif, juga akan memberikan kesan yang penuh, hangat, dan juga membuat suasana semakin hidup.

4. Pilih sofa yang memanjang

Apabila Anda memiliki ukiran ruang tamu yang kecil, maka pilihlah sofa yang berbentuk L. hindaru pemilihan yang berbentuk U atau melingkar. Dengan bentuk L ini, akan membuat ruangan terlihat luas dan nyaman.

5. Mempertimbangkan memilih sofa ruang tamu tanpa sandaran yang fleksibel

Selain dapat diletakkan dimana saja, sofa tanpa sandaran ini dapat anda gunakan sebagai pembatas atau sekat ruangan. Ukuran sofa ini cenderung lebih kecil jika dibanding dengan sofa lainnya. Dengan ukurannya yang kecil ini membuat penataan sofa lebih mudah dan tentunya ringan.

Bahkan jika nanti anda akan melebarkan ruang tamu anda sofa ini masih tetap digunakan. Jika anda ingin tampilan ruang tamu anda lebih padat maka anda dapat menambah sofa lain yang bentuknya memanjang dan menyesuaikan atau menyelaraskan luasnya.

6. Perhatikan material rangka sofa yang dipilih untuk ruang tamu kecil anda

Ada dua alternatif untuk menentukan bentuk rangka sofa yang cocok untuk ruang tamu kecil, yaitu dari material rangka besi dan kayu. Jika dibandingkan dengan kayu, kerangka material besi tidak memiliki banyak variasi model.

Hindari pemilihan rangka sofa yang terbuat dari material papan kayu partikel, density fiberboard, dan polywood standar. Karena rangka sofa dari material yang disebutkan diatas, tidak cukup kokoh dan mudah rusak.

7. Menyelaraskan bentuk, ukuran, dan warna sofa dengan interior

Sebelum memilih bentuk sofa anda harus memperhatikan dari bentuknya, ukurannya, dan warna sofa dengan dekorasi interior lainnya agar tidak bertabrakan dan terlihat serasi. Nah, jika anda menginginkan ruang tamu anda terlihat minimalis, anda dapat memilih sofa dengan warna putih aksen garis-garis untuk mempercantik ruangan.

Namun jika anda menginginkan desain ruang tamu yang terlihat tradisional, maka anda dapat memilih sofa ruang tamu yang elegan atau model klasik dengan warna pastel, agar menyatu dengan ruangan.

8. Alternatif lainnya adalah dengan memilih sofa bed

Pada umumnya, sofa bed diletakkan untuk ruang tamu kecil yang memiliki konsep lesehan. Sofa bed ini tidak akan mengurangi tingkat kesopanan anda terhadap alas duduk yang dapat membuat tamu merasa nyaman.

Pemilihan sofa bed ini tak hanya memberikan rasa nyaman, namun juga menciptakan ruang yang luas. Penggunaan sofa bed ini dibilang cukup fleksibel terutama jika ada tamu yang menginap, namun anda tidak memiliki kamar yang kosong.

9. Jangan ragu mencoba saat membeli sofa, meski yang akan anda beli bukan sofa mewah

Daripada anda hanya melihat katalog sofa, sebaiknya anda meminta kepada petugasnya untuk mencoba mendudukinya. Pastikan bantalan dan pelapis sofanya terbuat dari bahas yang berkualitas agar nyaman saat diduduki.

Cobalah untuk bersandar untuk mengecek tingkat kenyamanan dan anda dapat mengukur ketinggian serta besar sofa. Karena, hal itu sangat berpengaruh pada posisi kaki saat sedang duduk. Jika dirasa semua sudah layak dan nyaman, maka sofa tersebut dapat anda beli.

Nah itu dia beberapa cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil. Cara tersebut dapat anda lakukan jika anda memiliki ruang tamu kecil namun ingin menempatkan sofa di dalamnya. Namun jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan sofa secara rutin. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keawetan sofa dan keindahannya. Jika anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan atau merawat sofa secara berkala. Anda bisa menggunakan layanan Cuci Sofa Yogyakarta. Layanan ini akan membuat sofa anda selalu bersih dan enak dipandang.