Apakah Anda sedang mencari contoh CV magang untuk mahasiswa? Tepat sekali, untuk mengajukan magang ke beberapa perusahaan atau lembaga biasanya membutuhkan CV sebagai tolak ukur mereka untuk menerima Anda. Itulah sebabnya Anda perlu contoh CV magang mahasiswa yang benar dan menarik sebagai referensi dalam membuat CV mahasiswa untuk magang.

CV yang baik dan menarik membuat kemungkinan Anda diterima di perusahaan atau lembaga tersebut menjadi semakin besar.  Jadi sebenarnya apa itu cv mahasiswa untuk magang? Bagaimana cara membuat CV mahasiswa untuk magang yang benar dan menarik? Berikut ini penjelasan tentang CV mahasiswa untuk magang, cara membuatnya beserta contohnya:

Apa itu CV Mahasiswa Untuk Magang?

Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu bentuk dokumen yang perlu mahasiswa persiapkan sebagai syarat saat ingin mendaftar magang di sebuah perusahaan atau lembaga tertentu. CV berisi tentang informasi pribadi, riwayat hidup, pendidikan, dan keterampilan tertentu yang dimiliki seseorang. CV mahasiswa untuk magang kemudian akan berfungsi sebagai dokumen yang memberikan recruiter tertentu tentang gambaran Anda, apakah layak dan sesuai untuk melakukan magang di perusahaan atau lembaga mereka.

Perbedaan antara CV mahasiswa untuk magang dan CV lamaran pekerjaan adalah terletak pada pengalaman kerja. Biasanya CV mahasiswa belum memiliki pengalaman kerja yang signifikan melainkan bentuk pengalaman lain, seperti pengalaman organisasi, pengalaman kegiatan sosial, praktik keilmuan, dan sebagainya. Nah, dari CV mahasiswa untuk magang inilah mahasiswa sebenarnya sedang mencari pengalaman pekerjaan.

Tips Cara Membuat CV Magang Yang Manarik

Berikut ini tips jitu untuk strategi membuat CV yang menarik agar kemungkinan keterima magang lebih besar:

  1. Fokus Pada Riwayat Pendidikan
    Dalam membuat CV magang Anda bisa menonjolkan riwayat pendidikan yang ditempuh dengan lengkap dan jelas. Hal ini dapat berkaitan dengan kesesuaian bidang internship yang akan Anda daftarkan.
  2. Menjelaskan Pencapaian Dalam Pengalaman Organisasi
    Tulis pengalaman organisasi yang Perna Anda lakukan dengan jelas dan lengkap. Mulai dari nama organisasi, nama jabatan, masa jabatan, dan pencapaian apa saja yang sudah diraih dalam organisasi tersebut.
  3. Cantumkan Skill atau Kemampuan Yang Dimiliki
    Cantumkan soft skill atau hard skill yang Anda punya yang sesuai dengan bagian internship yang didaftar. Untuk menambah nilai plus Anda bisa mencantumkan sertifikat yang menunjukan keterampilan tersebut.
  4. Membuat Tujuan CV Secara Menarik
    Tuliskan tujuan Anda sebagai syarat program magang yang tepat dan menarik. Caranya berikan gambaran kepada perusahaan bagaimana Anda dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya.
  5. Cantumkan Portofolio Yang Dimiliki
    Jika Anda sudah memiliki karya atau hasil projek tertentu maka bisa mencantuk portofolio tersebut. Kumpulkan karya atau projek apa saya yang pernah Anda buat dalam bentuk portofolio yang bisa menjadi nilai plus bagi rekruter untuk melihat kemampuan Anda.
  6. Minta Referensi Dari Guru Atau Dosen Pembimbing
    Anda bisa meminta surat rekomendasi dari guru atau Dosen Pembimbing yang menyatakan bahwa Anda sudah siap dan layak melakukan magang. Dokumen ini akan memperbesar kemungkinan Anda diterima magang karena bisa menjadi referensi recruiter.
  7. Membuat Biodata Secara Sederhana
    Usahakan jangan bertele-tele dalam menyampaikan informasi biodata dalam CV magang. Jadi langsung saja To The Point menampilkan biodata pribadi.
  8. Memberi Nilai Plus Pada CV Magang
    Anda bisa memasukan nilai IPK di dalam CV magang dan judul skripsi atau penelitian yang dirasa sesuai dengan internship yang Anda daftarkan. Hal ini dapat menjadi nilai plus bagi Anda karena sudah tidak asing dengan dunia yang ingin Anda geluti.

Contoh CV Magang Untuk Mahasiswa

Berikut ini contoh CV magang untuk mahasiswa yang bisa dijadikan referensi saat Anda membuat CV. Anda bisa meniru format dan informasi CV apa saja yang perlu dicantumkan dalam CV yang baik dan menarik seperti berikut ini:

 

 

 

Nah, itulah penjelasan tentang CV mahasiswa untuk magang. Tidak sulit bukan? Contoh CV magang untuk mahasiswa di atas bisa Anda sesuaikan dengan Informasi atau data yang Anda punya. Buat sejujur mungkin agar CV tersebut bisa dipertanggungjawabkan saat Anda diterima internship di sebuah perusahaan atau lembaga tertentu.