Desain Komunikasi Visual atau DKV merupakan salah satu jurusan yang diminati saat ini. DKV merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari mengenai konsep komunikasi serta diimplementasikan dalam berbagai media visual seperti desain grafis, gambar, ilustrasi dan lain sebagainya. 

Apabila Anda memilih untuk mempelajari jurusan DKV, maka Anda akan memiliki cakupan pekerjaan yang cukup luas. Prospek kerja apabila Anda seorang sarjana DKV adalah sebagai desainer logo hingga branding lembaga maupun merk, mendesain promosi atau kampanye program. 

Saat ini lulusan DKV sangatlah dibutuhkan, apalagi apabila Anda memiliki keterampilan tambahan seperti mendesain video dan lain sebagainya. Apabila Anda tertarik untuk masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual, berikut beberapa kampus di Indonesia yang memiliki jurusan DKV dan sudah terakreditasi A. 

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar 

Kampus pertama adalah Institut Seni Indonesia atau ISI di Denpasar. Jurusan DKV ini masuk dalam fakultas seni rupa serta desain dan sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2017. 

Universitas Negeri Malang (UM) 

Perguruan tinggi kedua yang memiliki jurusan DKV dengan akreditasi A adalah Universitas Negeri Malang dan telah dibuka sejak tahun 2000, apabila Anda akan masuk ke UM dan mengambil jurusan DKV, maka Anda belajar mengenai kewirausahaan, videografi, komunikasi periklanan, nirmana dimensi dan lain sebagainya. 

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan Desain Komunikasi Visual di Institut Teknologi Bandung telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2017. Apabila Anda memilih untuk mempelajari DKV di ITB Anda akan mendapatkan mata kuliah desain, desain grafis, grafis kemasan, visual branding dan lain sebagainya. 

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) 

Jurusan DKV yang ada di Institut Kesenian Jakarta telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2014. Apabila Anda memilih jurusan DKV di Institut Kesenian Jakarta Anda akan diminta untuk memilih peminatan, ada tiga peminatan di IKJ yaitu desain grafis, desain ilustrasi serta desain multimedia. Selain itu apabila Anda memilih jurusan ini Anda akan diminta untuk mengikuti ujian pengetahuan dasar seni rupa. 

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) 

Universitas kelima yang memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual dan telah mendapatkan akreditasi A adalah UMN, Universitas Multimedia Nusantara yang berada di Jakarta telah mendapatkan akreditasi A pada tahun 2016. 

Universitas Bina Nusantara (Binus) 

Binus merupakan perguruan tinggi yang ada di Jakarta. Jurusan DKV di Binus telah mendapatkan akreditasi A pada tahun 2016 dan berlaku hingga 15 April tahun 2021. 

Universitas Negeri Semarang (Unnes) 

Universitas Negeri Semarang memiliki jurusan DKV yang telah mendapatkan akreditasi A. Selain itu jurusan DKV di Unnes sering mengadakan kompetisi untuk membantu mahasiswa menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari. 

Universitas Negeri Makassar 

Universitas Negeri Makassar memiliki jurusan DKV dan telah mendapatkan akreditasi A, jurusan DKV di UNM ini mengharuskan mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi-kompetisi terkait agar mahasiswa mampu menerapkan keilmuan serta menjadi profesional di bidang DKV. Selain itu jurusan DKV di UNM mengadopsi kreativitas yang masih kental dengan kekayaan alam serta budaya yang ada di Indonesia Timur. 

Universitas Trisakti Jakarta 

Program studi atau prodi DKV di Universitas Trisakti Jakarta telah berdiri sejak tahun 1978 dan tentu saja telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Universitas Trisakti merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual. 

Universitas Telkom 

Perguruan tinggi selanjutnya yang memiliki jurusan DKV dengan akreditasi A adalah Universitas Telkom di Bandung. Jurusan DKV di universitas satu ini menyatukan dua keilmuan yaitu desain grafis serta ilmu manajemen, tujuannya agar menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi serta kapabilitas dan kecakapan yang unggul. 

Nah, itulah kesepuluh perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan DKV serta telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Apabila Anda tertarik untuk memasuki salah satu perguruan tinggi tersebut dengan jurusan DKV persiapkanlah kemampuan serta pengetahuan dasar mengenai DKV.