Mendengar kata rumah sakit, tentu pikiran kita langsung tertuju pada sosok tenaga kerja seperti dokter, perawat, atau hal lain yang berkaitan di bidang kesehatan. Namun jika dilihat dengan sudut pandang lain, rumah sakit sebenarnya juga bisa dilihat sebagai sebuah organisasi. Oleh karena itu, pengelolaan rumah sakit tentu perlu mendapatkan perhatian yang khusus melalui diadakannya mata kuliah terkait.

Jurusan Administrasi Rumah Sakit

Jurusan Administrasi Rumah Sakit

Meskipun rumah sakit identik dengan manajemen pasien, tentu ada hal lain yang terjadi di balik layar. Selain pasien, masih ada banyak hal yang harus dikelola dengan sedemikian rupa supaya operasional rumah sakit bisa terus berjalan. Supaya bisa dipelajari melalui bidang administrasi rumah sakit, manajemen membutuhkan pemahaman yang mendalam. Ada beberapa materi yang nanti akan dipelajari di jurusan administrasi rumah sakit yaitu mutu layanan rekam medik,kedokteran, kebidanan, keperawatan, keformasian dan dikaitkan langsung dengan aspek penerapan ke arah pelayanan kesehatan, .

Pentingnya Administrasi Rumah Sakit

Kegiatan rumah sakit bukan hanya sekedar melayani dan merawat pasien saja, seperti yang sudah kita bahas di atas. Fungsi utama dari rumah sakit memang membantu pasien supaya pulih dengan lebih cepat atau memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik. Tetapi, rumah sakit adalah sebuah organisasi yang juga memiliki banyak jumlah  anggota.

Jika memandang rumah sakit sebagai sebuah organisasi, maka ilmu kepemimpinan dan juga manajerial mutlak sangat diperlukan disini. Karena ibarat kapal tanpa pemilik, organisasi yang tidak ada pemimpin atau ketua maka akan menyulitkan tujuan yang akan di capai. Hal inilah yang membuat departemen administrasi menjadi suatu hal yang penting. Rumah sakit haruslah dipimpin serta dikelola oleh pemimpin yang tegas dan secara profesional supaya bisa berkembang, bertahan, dan bermanfaat bagi banyak orang.

Namun, sangat disayangkan jurusan administrasi rumah sakit  belum banyak disediakan di perguruan tinggi Indonesia. Mengingat  pentingnya jurusan administrasi rumah sakit, sehingga pada artikel kali ini kita akan merekomendasikan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan administrasi rumah sakit.

Baca juga: Seberapa Bagus Kampusmu? Berikut Cara Cek Akreditasi Kampus BAN PT

Daftar Perguruan Tinggi Yang Memiliki Jurusan Administrasi Rumah Sakit

Berikut beberapa rekomendasi perguruan tinggi yang ada jurusan administrasi rumah sakit dan mencakup tingkat pendidikan yang tersedia.

1. Universitas Indonesia

Kampus pertama yang menyediakan jurusan administrasi rumah sakit yaitu Universitas Indonesia dengan jenjang pendidikan S2. Program studi administrasi rumah sakit Universitas Indonesia ini adalah bagian dari Program Magister yang berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dimana nantinya lulusan program studi administrasi rumah sakit ini akan menyandang gelar MARS (Magister Administrasi Rumah Sakit). Program studi ini juga terakreditasi A, berdasarkan situs resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Untuk lulusan program administrasi rumah sakit di UI, para mahasiswanya harus mengambil beban studi dengan total 42 SKS. Jika jurusan kedokteran  mempelajari berbagai ilmu kesehatan dan penyakit, maka program administrasi ini berbeda karena jurusan ini memiliki beragam mata kuliah manajemen, kepemimpinan, dan organisasi. Mata kuliah yang akan dipelajari di program studi ini antara lain:

  • Quality Assurance dan Manajemen Risiko di OPK
  • Manajemen Keuangan OPK dan Manajemen Logistik OPK (RS)
  • Manajemen Pemasaran Strategis (RS) OPK
  • Manajemen Layanan Pasien dan Keperawatan
  • Manajemen Sistem Informasi RS

Program studi administrasi rumah sakit ini pada dasarnya bertujuan untuk menghasilkan pemimpin rumah sakit yang profesional dan berkualitas. Supaya bisa berkontribusi dalam pembangunan pelayanan kesehatan di Indonesia.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Sama halnya dengan Universitas Indonesia program studi administrasi rumah sakit di Universitas UMY juga berada pada jenjang S2, dan sudah mengantongi status akreditasi A. Program administrasi rumah sakit ini awalnya berada di lingkup Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMY pada tahun 2010. Awal mula didirikan jurusan administrasi rumah sakit di  UMY ini karena berawal dari kesadaran akan jumlah rumah sakit dan terus bertambah setiap tahunnya. Selain itu, berdasarkan Permenkes no,971/ Menkes/ Per/ XI/ 2009 tentang Standar kompetensi departemen kesehatan struktural, rumah sakit harus dipimpin oleh tenaga ahli yang memiliki keterampilan manajerial.

3. Universitas Alma Ata

Universitas Alma Ata mungkin masih sedikit asing bagi sebagian orang atau bahkan belum pernah mendengar sama sekali.  Universitas Alma ini merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Yogyakarta, tepatnya di daerah Kasihan, Bantul, yang awalnya berbentuk STIKES dan STIA Alma Ata.

Pada tahun 2016 Universitas Alma Ata mendirikan program studi administrasi rumah sakit dengan jenjang pendidikan S1, dan sudah terdaftar di BAN-PT dengan peringkat akreditasi B. Pembentukan program studi administrasi rumah sakit di Universitas Alma Ata ini adalah suatu percobaan untuk mengatasi kompleksitas, dan masalah di bidang keperawatan. Dalam website resmi Universitas Alma Ata dengan adanya program studi ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan tenaga ahli rumah sakit yang memiliki keunggulan di bidang manajemen sumber daya manusia dan penjamin mutu

4. Universitas Respati Indonesia

Selain UI dan  UMY, Universitas Respati Indonesia juga menyediakan program studi  administrasi rumah sakit untuk jenjang pendidikan S2. Departemen ini telah diakui berstatus akreditasi B, sebagaimana yang terdaftar di situs resmi BAN-PT. Universitas Respati Indonesia menyelenggarakan program studi ini tujuannya untuk menghasilkan pengelola rumah sakit yang profesional dan visioner. Untuk bisa menempuh pendidikan administrasi rumah sakit di Universitas Respati Indonesia setidakny dibutuhkan empat semester.

5. Politeknik Al-Islam Bandung

Rekomendasi kampus terakhir yang memiliki jurusan administrasi rumah sakit adalah Politeknik Al-Islam Bandung. Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, program studi administrasi rumah sakit di Politeknik Al-Islam berada di jenjang D3 yang nantinya menghasilkan gelar sarjana terapan. Namun, program studi administrasi rumah sakit di Politeknik Al-Islam Bandung sudah terdaftar secara resmi di BAN-PT dengan akreditasi B.

Program administrasi rumah sakit di Politeknik Al-Islam berdiri pada tahun 2001. Dan diharapkan lulusan program ini mampu menjadi pemimpin dan juga tenaga kerja administrasi bidang kesehatan yang kompeten. Prospek kerja lulusan D3 Politeknik Al-Islam program administrasi rumah sakit meliputi klinik, rumah sakit, fasilitas penunjang diagnostik, dan institusi kesehatan lainnya.

Demikian pembahasan mengenai kampus yang terdapat jurusan administrasi rumah sakit, semoga bermanfaat.