Jurusan ipa atau sains merupakan jurusan yang memang identik dengan menghitung. Angka sudah menjadi seperti sahabat sejati yang tidak bisa dipisahkan. Namun, pada dasarnya jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari segala sesuatu yang berada di alam. Hitungan itu hanya dibutuhkan pada beberapa objek saja.

Jika mencari jurusan saintek tanpa hitung-menghitung, jawabannya sudah pasti tidak ada. Karena jurusan yang terdapat pada keilmuan saintek tetap membutuhkan proses hitung-menghitung. Namun, ada beberapa pilihan jurusan yang jarang hitung-menghitung yang bisa menjadi pilihan jika kamu ingin kuliah tetapi malas berhitung.

Berikut 5 jurusan kuliah favorit yang jarang menghitung matematika.

1. Jurusan Ilmu komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi lebih banyak mempelajari seputar hal tentang komunikasi dibandingkan matematika. Pelajaran yang akan didapat nantinya adalah seputar tentang cara berkomunikasi antara kamu dengan orang lain, kamu dengan golongan maupun kelompok. Intinya jurusan ini nantinya akan mengasah kamu untuk lebih berbaur dan lebih banyak berbicara kepada orang lain untuk berkomunikasi.

Mata kuliah yang akan dipelajari jurusan ini yaitu teori ilmu komunikasi pengantar ilmu komunikasi, penelitian komunikasi, sosiologi komunikasi, dan sebagainya. Selain itu juga prospek kerjanya juga luas seperti Public Relation/Humas, Juru Bicara, Pelayanan Konsumen, Penyiar, Jurnalis, Konten Kreator, Editor.

2. Jurusan Agribisnis

Secara umum jurusan agribisnis mempelajari tentang pengelolaan pertanian dan aspek bisnis yang bisa dihasilkan dari produk pertanian. Jurusan agribisnis bahkan dikenal dengan jurusan yang minim hitungan matematika, justru mata pelajaran yang diajarkan cenderung ke arah ips. Mata kuliah yang akan didapatkan adalah pengembangan masyarakat, pemasaran agribisnis, ekonomi pertanian hingga ekonomi makro.

Agribisnis menjadi salah satu bidang yang memberikan banyak pilihan prospek kerja dimasa depan. Contohnya menjadi entrepreneur yang mengelola penjualan buah, sayur, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Selain itu juga lulusan agribisnis dibutuhkan di berbagai perusahaan pemerintah, instansi pendidikan, lembaga penelitian, maupun sektor swasta lainnya.

3. Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan penyuluhan dan komunikasi pertanian juga menjadi salah satu jurusan ipa yang tidak banyak menghitung. Jika dalam ujian masuk perguruan tinggi, jurusan ini masuk dalam kelompok saintek. Materi yang diajarkan saat kuliah juga hampir sama dengan jurusan komunikasi, bedanya lingkupnya lebih spesifik yaitu hanya pertanian.

Materi yang didapatkan nantinya jika kamu mengambil jurusan ini adalah ekonomi pertanian, organisasi dan kepemimpinan, komunikasi bisnis, dan lainnya sebagainya. Peluang kerja dari jurusan ini pun cukup menjanjikan, nantinya kamu bisa menjadi konsultan, jurnalis, penyuluh, wirausaha bahkan peneliti.

4. Jurusan teknik industri

Namanya boleh saja teknik, namun teknik industri ini juga termasuk salah satu jurusan ipa yang tidak banyak menghitung. Secara umum, jurusan ini mempelajari bagaimana merancang, mengatur dan juga mengaplikasikan kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, dan ekonomi. Jurusan ini penggabungan dari ilmu teknik dan sosial terutama bisnis, manajemen dan psikologi serta pengolahan sumber daya manusia. Kalaupun ada materi tentang hitungan, persentasenya tidak sebanyak jurusan di saintek lainnya.

Peluang karir dari lulusan ini cukup banyak baik dari jenis maupun jenjang karirnya yang sangat beragam. Contoh bidang pekerjaan yang nantinya dapat dipilih oleh lulusan ini yaitu produksi penjamin mutu, konsultan manajemen, sistem informasi dan marketing. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan nantinya untuk bekerja di sektor lain.

5. Jurusan Budidaya perairan

Jurusan budidaya perairan atau dikenal juga dengan Akuakultur adalah jurusan yang mempelajari aktivitas penangkaran, pemeliharaan, pengembangbiakan biota air tawar maupun air laut. Jurusan ini bukan hanya mempelajari tentang pemeliharaan, pembibitan, dan teknologi pakan ikan saja, melainkan juga tumbuhan air serta kelestarian lingkungan laut. Mata kuliah yang akan kamu dapatkan nanti yaitu bioteknologi kultural, manajemen kesehatan ikan, kimia organik, pengantar ilmu ekonomi dan lainnya.

Lulusan budidaya perairan ini nantinya juga bisa menjadi peneliti tentang air dan laut di Indonesia. Ataupun bekerja di departemen pemerintah yang terkait dengan perikanan dan perairan. Bisa juga menjadi seorang pembudidaya ikan yang memiliki nilai jual bagus.

Untuk kamu yang akan lulus sma dan ingin melanjutkan kuliah kamu harus sudah mulai memikirkan jurusan apa yang ingin dipilih. Dan yang sesuai dengan passion mu supaya nanti setelah masuk kuliah kamu tidak menyesal dengan pilihanmu. Semoga artikel mengenai 5 jurusan favorit yang tidak banyak menghitung matematika dapat membantu.