Anda masih bingung menentukan jurusan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah? Tepat sekali, saat ini memang banyak sekali pilihan jurusan yang ada di kampus-kampus. Apalagi yang lulusan SMA IPS, Anda memiliki banyak pilihan jurusan kuliah yang berkaitan dengan bidang tersebut. Namun tidak semua jurusan kuliah di kampus tersebut memiliki prospek pekerjaan yang bagus dan menjanjikan. Hal tersebut tentu melihat realita tenaga kerja yang dibutuhkan di lapangan.   

Berikut ini akan saya rekomendasikan beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk Anda lulusan SMA IPS dengan prospek kerja yang menjanjikan.

  1. Jurusan Ilmu Ekonomi

Di jurusan ini Anda akan banyak belajar tentang perilaku organisasi, individu, dan negara. Jurusan ilmu ekonomi ini juga akan memberikan Anda banyak ilmu tentang bagaimana mengalokasikan sumber daya  yang terbatas untuk memaksimalkan kesejahteraan. Anak IPS pasti tidak asing dengan ilmu sosial dan ekonomi ini. Anda akan semakin memperluas scope pengetahuan ilmu ekonomi mulai dari mempelajari ilmu ekonomi mikro (perilaku ekonomi individu) sampai makro  (perekonomian negara dan industri) yang lebih besar lagi.

Ilmu Ekonomi menjadi jurusan kuliah untuk lulusan SMA IPS yang menjanjikan karena prospek kerja yang membutuhkan jurusan ini sangat luas. Contoh profesi yang bisa menjadi prospek yang bagus misalnya ekonom, analis pasar, analis kredit, analis keuangan, konsultan manajemen, dan sebagainya. Profesi tersebut tentu sangat menjanjikan. 

  1. Jurusan Ilmu Manajemen & Bisnis

Meskipun jurusan ilmu Manajemen & Bisnis terkesan sama dengan ilmu ekonomi, namun faktanya kedua jurusan ini memiliki perbedaan dasar. Ilmu manajemen dan bisnis akan mengajarkan Anda bagaimana cara menjalankan dan mengelola sebuah bisnis atau organisasi. Anda akan banyak bergelut dengan manajemen keuangan, manajemen marketing/ pemasaran perusahaan, dan manajemen human resources. 

Prospek kerja jurusan ini tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. ilmu manajemen & bisnis menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan untuk anak SMA lulusan IPS. Anda bisa berencana untuk berprofesi sebagai konsultan manajemen, marketing manager, analis manajemen bisnis, manajer operasional, enterpreneur/wirausaha. 

  1. Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi menjadi jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus untuk lulusan SMA IPS berikutnya. Jika Di Ilmu psikologi, Anda akan belajar tentang perilaku, kejiwaan, mental dan kerja otak manusia, sampai pola pikir manusia. Belajar tentang manusia itu luas dan dalam, itulah yang menyebabkan ilmu psikologi memiliki prospek kerja yang bagus dan menjanjikan. Seorang psikolog pasti banyak dibutuhkan orang. Bahkan jurusan kuliah ini tidak akan terancam dengan adanya teknologi Artificial Intelligence. Prospek kerja ilmu psikologi contohnya adalah menjadi psikolog, konseling, Human Resource Development, psikiater, dan marketer. 

  1.  Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum adalah salah satu jurusan kuliah untuk lulusan SMA IPS yang menjanjikan dan bergengsi. Prospek kerja di bidang ini memang sangat bagus melihat banyak lawyer atau pengacara sukses di Indonesia. Skill yang Anda pelajari di jurusan ini akan banyak dibutuhkan oleh organisasi maupun instansi pemerintahan. Contoh profesi yang bisa kamu rencanakan jika kuliah di jurusan ilmu hukum antara lain menjadi notaris, pengacara, konsultan hukum, dan staff legal perusahaan. 

  1. Jurusan Ilmu Komunikasi 

Anda pasti sepakat komunikasi bisa menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan. Di jurusan ilmu komunikasi Anda akan banyak belajar tentang  public speaking, media, brand, broadcasting, dan periklanan. Skill tersebut tentu banyak dibutuhkan di lapangan kerja. 

Nah, itulah beberapa jurusan kuliah untuk Anda yang lulusan SMA IPS. Beberapa jurusan kuliah di atas memiliki peluang dan prospek kerja yang bagus dan menjanjikan di masa depan. Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut sesuai dengan kemampuan dan minat Anda untuk belajar lagi ke tingkat lanjut.