Apakah kalian masih bingung dalam mengambil jurusan kuliah yang sesuai dengan passion? Tentunya tidak sedikit dari kalian yang passionnya mengarah ke game. Terlebih kini industry game sedang sangat berkembang di tambah dengan berkembangnya E-Sport. Industry game bisa menjadi pilihan untuk mu dalam mengembangkan minat kalian dalam dunia game.

Untuk kalian yang masih bingung dalam memilih jurusan yang sesuai pashion simak pembahasanya berikut ini:

1. Desain produk

Sesuai dengan Namanya jurusan ini merumuskan dan mendesain suatu produk yang tentunya harus memperhatikan standar tertentu. Kemampuan kalian akan diasah dalam membuat sebuah produk yang dapat diminati pasar. Biasanya lulusan desain banyak dicari game developer sebagai game tester atau menganalisis produk baru mereka. Dengan merekrut lulusan desain mereka mengharap dapat mengetahui mana kekurangan suatu game sehingga bisa diterima dimasyarakat.

2. Teknik Elektro

Teknik elektro sangat cocok bagi kalian yang berminat terhadap bidang elektronik. Mengingat kalian akan mempelajari ilmu tentang alat elektronik yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Teknik elektro bisa berhubungan dengan game karena setiap perusahaan game akan menggunakan perangkat keras atau hardware. Lulusan Teknik Elektro bisa sebagai console tester, design, dan quality control produk terbaru pada suatu perusahaan.

3. Computational science

Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari pemrograman ditambah dengan sains dan ilmu matematika. Pada lulusan computational science memiliki keunggulan dalam mengolah data dalam pemrograman. Lulusan computational science ini banyak dicari oleh game development sebagai data scientist yang bertugas mengolah data dari game yang dirilis. Tugas lain dari itu, biasanya mereka membantu pengembangan sebuah game seperti pada pembaruan sistem atau bug-fixer.

4. Teknologi informasi / sistem informasi / sistem komputer / teknik telekomunikasi

Keempat jurusan tersebut memang saling tumpang dan berhubungan. Semuanya sama-sama mempelajari pemrograman tetapi dengan tingkat penekanan yang berbeda. Pada jurusan teknik telekomunikasi biasanya banyak di cari oleh game developer, sebagai penganalisa game yang mereka buat. Dan cocok sebagai game tester, dengan kemampuan menganalisa suatu pemrograman mungkin dapat mengetahui letak kekurangan pada game tersebut.

5. Teknik Industri

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan favorit lulusan SMA dalam menentukan jurusan kuliah. Jurusan satu ini akan memberikan pelajaran mengenai suatu sistem, proses dan organisasi dapat berjalan baik atau tidak dalam suatu industri. Para developer game biasanya akan mempekerjakan beberapa lulusan teknik industri. Agar dapat menganalisis kondisi dari industri game, dalam jangka waktu tertentu dan bertahap, supaya mendapatkan dampak baik bagi perusahaan.

6. Teknik informatika

Lulusan teknik informatika dapat menjadi game tester yang unggul, karena mereka mempunyai pemahaman mengenai jalanya suatu program. Dalam jurusan ini kalian harus memiliki pemahaman yang baik mengenai program. Diketahui banyak sekali persoalan yang berkaitan dengan dunia nyata yang harus diselesaikan dengan metode pemrograman yang benar. Hal ini yang menjadi faktor untuk mengasah kemampuan mereka agar dapat membuat game dan mencoba suatu game.

7. Ilmu komunikasi

Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan industri game dan E-sport yang membutuhkan tatanan penulisan yang baik. Mulai dari media game maupun produsen game yang membutuhkan penulisan jalan cerita yang baik. Dalam jurusan ini akan di ajarkan ilmu jurnalistik, strategi komunikasi, manajemen keadaan dan masih banyak lainya. Sehingga ketika kalian akan terjun dalam industri game maka kalian sudah memiliki ilmu dan keterampilan yang memadai.

8. Desain komunikasi visual ( DKV )

DKV merupakan jurusan yang mengekspor kemampuan kalian dalam menggambarkan suatu hal dalam bentuk nyata. Selain itu kalian juga akan diajarkan beberapa ilmu lainya seperti fotografi, animasi, tipografi dan banyak lainya. Kemampuan lulusan DKV dalam menginterpretasikan suatu hal akan sangat membantu sebuah pengembang game.

9. Software engineering

Pada jurusan ini kamu akan mempelajari teknik dan prinsip dalam mendesain perangkat lunak yang tepat, mudah digunakan dan memiliki kekuatan. Jurusan software engineering akan menuntut kalian untuk mendalami semua hal mengenai perangkat lunak. Kalian akan diajarkan algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien. Kemudian mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis web atau mobile.

Itulah beberapa jurusan yang dapat kamu pilih ketika kamu berminat dalam industri game. Semoga dapat bermanfaat.