Di tahun 2021 ini siapa yang sudah lulus dan ingin menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasti banyak yang bercita-cita menjadi PNS atau ASN, oleh karena itu kami merangkum jurusan kuliah apa saja yang bisa membuat anda menjadi seorang PNS atau ASN.

Jurusan kuliah yang bisa membuat anda seorang PNS atau ASN adalah sebagai berikut.

1. Jurusan Pendidikan

Jurusan yang pertama adalah jurusan pendidikan, ini dikarenakan jurusan ini mempunyai peminat terbanyak dan hamper semua memiliki jurusan pendidikan dalam seleksi CPNS.

2. Jurusan Kesehatan

Kedua adalah jurusan kesehatan, jika anda mempunyai keinginan menjadi seorang PNS atau ASN anda bisa memilih jurusan kesehatan. Ini karena dalam urusan kesehatan terus membuka penerimaan CPNS melalui jurusan kesehatan ini.

Selain karena banyak dicari, dengan memilih jurusan ini maka akan langsung berhubungan dengan pelayanan kesehatan masyarakat.

3. Jurusan Teknologi Informasi (komputer)

Ketiga adalah jurusan teknologi informasi, ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat administrasi pemerintahan juga membutuhkan tenaga IT.

Jurusan ini juga merupakan salah satu jurusan dengan banyak peminat oleh kaum muda karena dinilai keren dan saat seleksi CPNS jurusan ini memiliki ruang kosong yang siapp untuk diisi.

4. Jurusan Teknik

Jurusan keempat merupakan jurusan teknik, ini dikarenakan jurusan ini memiliki berbagai kualifikasi. Meskipun jurusan ini mempunyai peluang yang sama dari teknik fisika, kimia, lingkungan hingga teknik pertambangan.

Tetapi dalam CPNS, tenaga dalam jurusan ini juga selalu dicari supaya dapat menduduki perusahaan-perusahaan besar di dalam negeri maupun luar negeri. Juga kondisi pemerintah saat ini sedang dalam tahap pembangunan sehingga jurusan ini sangat dibutuhkan.

5. Jurusan Hukum

Berikutnya adalah jurusan hukum. Mahasiswa jurusan ini dinilai sangat beruntung, karena jurusan ini mempunyai banyak peluang pada program seleksi CPNS dalam setiap waktu.

Pemerintah akan sangat membutuhkan lulusan dari jurusan hukum, karena Indonesia negara yang berdiri dengan dasar hukum.

6. Jurusan politik dan pemerintahan

Kemudian jurusan politik dan pemerintahan juga dapat membuat anda menjadi seorang PNS atau ASN. Ini karena dibutuhkan banyak tenaga ahli supaya bisa mengerti kondisi politik dan pemerintah di masa yang akan dating.

7. Jurusan Manajemen 

Selanjutnya adalah jurusan manajemen, karena jurusan ini memiliki beberapa birokrasi penting dalam pemerintah. Oleh karena itu pemerintah sangat membutuhkan tenaga ahli dalam bidang manajemen, sebab manajemen adalah induk ilmu yang dapat mengatur hingga membuat ilmu lain menjadi terlaksana dengan baik.

8. Jurusan Bahasa Inggris

Jurusan berikutnya adalah jurusan bahasa inggris. Saat ini standar keprofesionalan adalah dapat berbahasa inggris dan mempunyai toefl diatas rata-rata. Meskipun tidak banyak diminati, jurusan ini adalah jurusan yang paling potensial dalam pemerintahan. Misalnya sebagai staf ahli kepresidenan, menteri luar negeri, konsultan, dan menjadi staf kedubes negara.

Oleh karena itu kemampuan berbahasa serta menulis dalam bahasa inggris, menjadi salah satu bidang yang wajib direkomendasikan untuk dipilih dan ditekuni supaya bisa lolos menjadi abdi negara atau ASN pada seleksi CPNS.

9. Jurusan ekonomi pembangunan

Jurusan kesembilan adalah jurusan ekonomi pembangunan. Jurusan ekonomi banyak dibutuhkan di perusahaan pemerintahan ataupun di swasta, oleh karena itu jurusan ini sangat dibutuhkan di pemerintahan karena mampu mengelola perekonomian di Indonesia. 

10. Jurusan Psikologi

Terakhir adalah jurusan psikologi. Jurusan ini sangat penting dalam tenaga pelayanan masyarakat misalnya, untuk tenaga di rumah sakit jiwa, sebagai pekerja sosial juga tenaga psikiatri, maupun tenaga penelitian. Meskipun bergerak pada bidang kejiwaan dan psikologi, profesi ini mempunyai peluang untuk menjadi abdi negara atau PNS.

Jika anda sudah memiliki rencana untuk menjadi seorang PNS atau ASN maka anda dapat memilih diantara 10 jurusan kuliah diatas. Semoga dapat memabantu anda dalam menentukkan jurusan kuliah yang akan anda ambil supaya bisa menjadikan anda seorang PNS atau ASN.