Sebelumnya apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar jurusan manajemen informatika? Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu manajemen informatika. Jurusan manajemen informatika merupakan jurusan yang mengajarkan tentang penggunaan teknologi untuk memudahkan kegiatan bisnis, mempelajari tentang cara menganalisis, merancang, mengembangkan, dan mengelola teknologi informasi.

Pada artikel kali ini kita akan membahas materi seputar jurusan manajemen informatika secara umum.
Materi yang wajib dipelajari di jurusan manajemen informatika:

1. Teori informasi

Materi yang dipelajari pertama adalah materi informasi dimana materi ini mengenai konsep matematis yang berhubungan dengan informasi,misalnya seperti pengumpulan data,manipulasi data penyimpanan,klasifikasi,dan penyebaran informasi melalui teknologi.

2. Ilmu komputer

Ilmu komputer berkaitan dengan hal-hal yang membahas tentang komputer, dari analisa abstrak algoritma sampai dengan subyek yang lebih konkret seperti perangkat lunak,perangkat keras,dan bahasa pemrograman. Mahasiswa juga difokuskan untuk terampil dalam menggunakan informasi sebagai media manajemen dalam ilmu komputer.

3. Pemrograman

Materi pemrograman yang akan dibahas di jurusan manajemen informatika bersifat lebih spesifik,karena materi yang akan dipelajari dari pemrograman yang paling dasar sampai paling penting seperti bahasa pemrograman,langkah pemrograman,algoritma,urut-urutan,pengulangan,dan percabangan.

4. Analisis sistem informasi

Analisis sistem informasi adalah materi yang mempelajari tentang pengidentifikasian,permasalahan,estimasi peluang keberhasilan,dan hambatan yang mungkin bisa terjadi selama perancangan suatu sistem informasi beserta dengan solusi untuk memperbaiki masalahnya.

5. Manajemen bisnis

Karena jurusan informatika dipersiapkan untuk mengambil tanggung jawab yang besar di sebuah perusahaan,maka materi ini juga wajib dipelajari.

Materi manajemen bisnis di jurusan manajemen informatika tidak sedalam materi yang dipelajari di jurusan manajemen bisnis karena di jurusan manajemen informatika hanya diajarkan materi umum yang cukup penting.

6. Statistika terapan dan komputasi

Materi statistika terapan dan komputasi adalah materi yang membahas tentang cara mengumpulkan,merancang,menganalisa,menyampaikan,dan menginterpretasi data sedangkan komputasi yaitu cara pemecahan suatu masalah statistika yang rumit dan mengembangkan sistem komputer agar dapat mengolah data statistika dalam skala yang besar.

7. Technopreneurship

Jurusan manajemen informatika juga mengajarkan supaya mahasiswanya untuk memiliki keterampilan dan sifat yang diperlukan untuk menjadi technopreneur.

Bisa disebut dengan technopreneur karena jurusan manajemen informatika disiapkan agar mahasiswanya bisa memanfaatkan perkembangan teknologi komputer.

8. Dasar-dasar pengembangan software

Mampu mempelajari dasar teori untuk pengembangan perangkat lunak, diharapkan nantinya jurusan manajemen informatika ini dapat mengembangkan software hingga siap digunakan.

9. Perancangan web

Mempelajari cara menyusun web yang baik,dan mencakup bagaimana isi web konten yang ditampilkan sampai bisa diakses oleh semua orang.

10. Manajemen risiko teknologi informasi

Proses identifikasi kerentanan atau ancaman dan mampu mengelola berbagai macam risiko yang mungkin ditemui saat bekerja, agar tercapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Keunggulan Jurusan Manajemen Informatika

Setelah mengetahui mata pelajaran yang dipelajari di manajemen informatika,kamu juga perlu mengetahui apa saja keunggulan dari jurusan manajemen informatika yaitu diantaranya:

1. Mempelajari pengembangan software, fitur, dan aplikasi

Karena banyak kemudahan yang akan didapatkan untuk pengembangan software, fitur dan berbagai macam aplikasi di dalamnya, maka jurusan ini banyak dipilih apalagi generasi muda saat ini selalu bergaul dengan komputer .

2. Membanggakan banyak orang

Karena masuk jurusan ini lumayan sulit maka perlu keterampilan di bidang komputer, tentunya ada rasa kebangaan tersendiri ketika mampu menguasai komputer

3. Meningkatkan kemampuan leadership

Jurusan ini banyak diminati karena mengolah jiwa menjadi lebih bertanggung jawab, memberi motivasi, menggerakan orang-orang agar bersedia melakukan tindakan yang terarah untuk pencapaian tujuan atas kegiatan yang harus dilakukan.

4. Mampu mempelajari dunia bisnis manajemen

Untuk memudahkan pencapaian tujuan pribadi maupun organisasi, menjaga keseimbangan antara tujuan yang bertentangan dan dapat mencapai efektivitas dan efisiensi.

Kekurangan jurusan manajemen informatika

Setelah mengetahui keunggulannya,kamu juga wajib tau kekurangan dari jurusan manajemen informatika diantaranya:

1. Ilmu teknik yang diketahui hanya dasar

Dapat diketahui dari pembahasan sebelumnya, bahwa manajemen informatika lebih berfokus pada pengembangan sehingga yang kita pahami hanya dasarnya tanpa terperinci.

2. Tidak direkomendasikan bagi orang yang berkeinginan menjadi programer

Karena materi pembelajaran jurusan manajemen informatika tidak selalu membahas atau berkaitan dengan programing.

Itulah beberapa materi mengenai mata pelajaran yang dipelajari di jurusan manajemen informatika secara umum, kita perlu memperhatikan materi dan tata cara dalam mempelajari jurusan manajemen informatika. Jadi bagi anda yang tertarik untuk mempelajari materi seputar bidang manajemen informatika bisa memilih jurusan ini sebagai pilihan terbaik karena selain itu juga peluang kerja lulusan manajemen informatika cukup luas seperti Programmer, Software Engineer, System Analyst, Network Engineer atau Database Administrator, Software Tester dan banyak lainnya. Itulah beberapa pembahasan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat .