Di zaman sekarang yang apapun serba online ini, tentunya semakin pula membutuhkan lulusan terbaik dari jurusan informatika. Jurusan informatika ini mempelajari seputar bahasa pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan juga teknik komputer dan jaringan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa belajar informatika itu sulit. Akan tetapi, kemampuan orang itu berbeda-beda, jika ingin memberikan penilaian tentang sulit atau tidaknya, silahkan masuk ke jurusan informatika.
Jurusan ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang imbang. Salah satu contoh kelebihannya adalah, jika ke kampus, Anda tak perlu membawa setumpuk buku modul yang tebal, Anda hanya perlu membawa laptop dan flashdisk. Akan tetapi, tetap jadikan buku modul sebagai referensi, ya!

Karena jurusan ini hampir ada semua di seluruh universitas di Indonesia, jurusan ini juga patut disebut sebagai jurusan yang memiliki jumlah peminat lumayan tinggi. Dengan informatika, singkirkan gaptek dan memajukan iptek.

Berikut ini merupakan kampus dengan jurusan informatika terbaik di Jogja menurut dikti:

1. Teknik Informatika di Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) yang berada di Jogja ini memiliki program studi S1 Teknik Informatika terbaik di kota pelajar. Pembelajarannya yang efisien dan memiliki banyak inovasi yang maju, menjadikan UII layak disebut kampus dengan jurusan informatika terbaik di Jogja.

Selain dari pembelajarannya, para dosen pengampunya pun tak kalah saing. Dengan ilmu dan pengembangan yang semakin meningkat, dosen informatika UII membekali mahasiswanya dengan ilmu yang berguna, bermanfaat, dan berinovasi.

2. Teknik Informatika di Universitas Kristen Duta Wacana

Salah satu Universitas Kristen di Jogja atau yang biasa disebut (UKDW) ini memiliki prodi informatika yang layak berjejeran pada kategori kampus dengan jurusan informatika terbaik di Jogja.

Universitas ini sudah menjalin hubungan kerja sama dengan badan sertifikasi nasional dan internasional di bidang informatika. Jadi, kualitas dan pembelajarannya tak usah diragukan lagi. Dengan sertifikasi tersebut, sewaktu-waktu apabila Anda telah lulus, akan mempermudah dalam mencari pekerjaan dengan melampirkan sertifikat tersebut.

3. Teknik Informatika di Universitas Atma Jaya

Selanjutnya, kampus dengan jurusan informatika terbaik di Jogja yaitu Universitas Atma Jaya (UAJY). Kampus ini menetapkan metode pembelajaran yang kreatif dan juga inovatif untuk para mahasiswanya.
Perlu diketahui, bahwa universitas ini telah bekerja sama dengan vendor-vendor terbaik dunia seperti, Microsoft, oracle, NIIT, dll.

Jurusan di universitas ini terbagi menjadi 3 peminatan. Hal ini dilakukan dengan tujuan, agar para mahasiswanya bisa berfokus mempelajari satu bidang saja dengan sangat baik.

4. Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan

Memiliki akreditasi A oleh Ban PT, universitas ahmad dahlan layak menyanjung kategori kampus jurusan informatika terbaik di Jogja. Selain dari metode pembelajarannya, akreditasi juga menjadi salah satu pertimbangan ketika akan memasuki dunia perkuliahan.

Pada kampus ini, menetapkan gagasan bahwa mahasiswanya harus memiliki keseimbangan antara IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan juga IMTAK (iman dan taqwa).

Dari segi kurikulum, universitas ahmad dahlan tak kalah dengan kampus-kampus lainnya. Memiliki mahasiswa yang rata-rata ambisius, membuat IPK yang diraih univ ini patut diapresiasi.

5. Teknik Informatika di Universitas Teknologi Yogyakarta

Walaupun jurusan informatika ini tergolong baru di Universitas Teknologi Yogyakarta, akan tetapi jurusan ini sudah mampu menggaet akreditasi yang cukup lumayan. Memiliki visi untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang IT yang memiliki skill bagus, universitas ini membagi sistem perangkat lunak menjadi 3, yakni, sistem cerdas, database, dan juga web.

Tak hanya itu, kampus ini membekali lulusannya dengan sertifikasi resmi dari Microsoft.

6. Teknik Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta

Universitas yang dulunya memiliki jargon ‘tempat kuliah orang-orang berdasi’ kini STMIK Akakom resmi mengubah namanya menjadi Amikom.

Universitas ini tak usah diragukan lagi soal pengembangannya dalam dunia teknologi. Meraih banyak prestasi dan penghargaan, Amikom Yogyakarta menjadi kampus favorit hingga saat ini.

Kurikulum dan metode pembelajarannya yang tak kalah kece dengan kampus lainnya, membuat kampus ini semakin harum namanya dengan dunia informatika yang memiliki inovasi cukup baik

Itulah tadi 6 rekomendasi kampus jurusan informatika terbaik di Jogja. Apabila ada yang kurang, Anda bisa mencari informasi dari berbagai sumber lainnya. Sekian dari penulis, semoga bermanfaat!