Kampus swasta di Indonesia kualitasnya tidak kalah bagus dengan kampus negeri. Bahkan banyak kampus swasta terbaik di Indonesia yang masuk peringkat terbaik di lembaga pemeringkatan universitas. Salah satu lembaga pemeringkatan universitas terpercaya yaitu Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi). Kini Dikti kembali merilis daftar kampus swasta terbaik di Indonesia.

Melalui skema Dikti, Anda bisa mengetahui daftar universitas terbaik dalam negeri dan luar negeri. Dikti menggunakan 11 Indikator dalam penilaian universitas terbaik dengan mempunyai beberapa indikator seperti, reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas atau mahasiswa, indek sitasi, pengajar bergelar doktor, dan lain sebagainya.

Kira-kira kampus swasta terbaik mana saja ya yang terdaftar Dikti tahun 2022? Yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Kampus Swasta Terbaik Di Indonesia Menurut Dikti Tahun 2022

Berikut ini beberapa kampus swasta terbaik di Indonesia menurut Dikti tahun 2022 yaitu sebagai berikut :

1. Universitas Bina Nusantara

Kampus swasta terbaik menurut dikti tahun 2022 yang pertama yaitu universitas bina nusantara. Kampus ini sering disebut dengan binus. Universitas ini mencatat diri sebagai kampus swasta dengan reputasi akademik terbaik dan unggul.

Selain masuk dalam peringkat negeri, universitas bina nusantara ini juga masuk ke urutan 1001 sampai 1002 di peringkat dunia. Untuk reputasi nilai akademik, universitas binus mendapatkan nilai yang cukup baik yaitu 9,8.

2. Universitas Telkom

Kampus swasta terbaik di Indonesia menurut dikti tahun 2022 yaitu Universitas Telkom. Universitas ini merupakan universitas swasta terbaik di Bandung, Indonesia. Kampus ini diklaim menempati urutan kedua kampus terbaik menurut Dikti. Selain itu, kampus ini juga masuk ke dalam universitas terbaik di Indonesia dengan menempati urutan ke 10. Tidak hanya itu, universitas Telkom ini juga masuk peringkat dunia dengan reputasi nilai akademik dengan nilai 5.

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kampus ini merupakan sebuah perguruan swasta terbaik di Jakarta. Selain mempunyai predikat kampus terbaik menurut Dikti, kampus ini juga dipandang sebagai perguruan tinggi swasta yang tertua dan bergengsi di Negara Indonesia.

Universitas ini masuk dalam peringkat 3 kampus swasta di Indonesia menurut Dikti. Selain mempunyai peringkat yang baik, reputasi nilai akademik universitas ini juga tidak kalah bagusnya dengan universitas lain.

4. Universitas Islam Indonesia

Kampus ini sering disingkat dengan UII. Universitas Islam Indonesia merupakan perguruan tinggi swasta nasional tertua yang ada di Indonesia. Kampus ini terletak di Yogyakarta .

Universitas ini masuk kedalam peringkat 12 dalam daftar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Sedangkan untuk world rank nya sendiri, universitas islam Indonesia ini masuk dalam peringkat 2270 dari ribuan universitas. Untuk nilai reputasi akademik dan lulusan tercatat 50% secara keseluruhannya.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas ini merupakan universitas yang unggul dan berbasis islami. Selain menduduki kampus terbaik menurut dikti tahun 2022, universitas ini tercatat sebagai institusi terbaik muda yang mendunia.

Secara resmi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini mendapatkan peringkat akreditasi unggul dengan nilai total 369. Selain masuk dalam peringkat dalam negeri, universitas ini juga masuk kedalam peringkat luar negeri.

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kampus swasta terbaik menurut dikti berikutnya adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas ini merupakan universitas terbaik menurut dikti tahun 2022. Selain itu, Universitas ini merupakan universitas terbaik di Indonesia dengan urutan ke 14. Sedangkan dalam peringkat dunia, Universitas Muhammadiyah Surakarta ini masuk dalam urutan 1200 dengan nilai reputasi akademik 4,2.

7. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas ini merupakan salah satu universitas swasta terbaik dan tertua di Indonesia. Universitas ini didirikan pada tahun 1995 di Kota Bandung, Jawa Barat. Menurut data yang dilansir oleh dikti, Universitas katolik Parahyangan berada dalam urutan ke 90 di Negara Indonesia. Sedangkan dalam peringkat dunia, universitas ini masuk dalam peringkat 4833.

8. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selain beberapa universitas di atas, kampus swasta terbaik menurut Dikti yang selanjutnya adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Universitas ini merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum katolik.
Universitas ini berada pada peringkat 451-500 terbaik Asia. Selain itu, untuk reputasi nilai akademik universitas ini cukup unggul dan baik.

9. Universitas Pelita Harapan

Menurut dikti, kampus swasta terbaik yang ada di Indonesia yaitu Universitas Pelita Harapan. Universitas Pelita Harapan ini terletak di Tangerang, Banten. Universitas ini masuk dalam daftar PTS ( Perguruan Tinggi Swasta ) terbaik di Indonesia. Universitas ini peringkatnya hampir sama dengan universitas Katolik Parahyangan yaitu 551- 600 di Asia.

10. Universitas Surabaya

Universitas ini merupakan universitas swasta terbaik di Indonesia. Kampus swasta ini terletak di Surabaya, Indonesia. Menurut data Dikti, Universitas Surabaya ini masuk kedalam peringkat 551-600 dalam peringkat dunia, yaitu perangkat Asia.

Itulah tadi pembahasan mengenai kampus swasta terbaik menurut Dikti pada tahun 2022. Sedangkan Untuk perguruan Tinggi Negeri sendiri posisi yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung.