Banyak persyaratan yang harus dipersiapkan dan diperlukan sebelum mendaftar di sebuah perguruan tinggi. Salah satu hal penting yaitu adalah dengan mencari suatu informasi mengenai kampus dan akreditasi yang dimilikinya. Akreditasi kampus tersebut akan menjadikan cerminan dan kualitas pendidikan kampus tersebut. Akan tetapi, manakah yang lebih penting? Akreditasi kampus atau akreditasi jurusan?

Yuk, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Mengenal Akreditasi Jurusan dan Perguruan Tinggi

Akreditasi Kampus atau Jurusan

Akreditasi ini merupakan salah satu standar nilai dan kualitas mutu dari lembaga pendidikan yang telah ditetapkan. Nilai akreditasi kampus tersebut diperoleh dari BAN-PT ( Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Nilai akreditasi tersebut dibentuk dalam upaya pemerintahan untuk memberikan standar nilai yang cukup pada kualitas lulusan untuk sebuah perguruan tinggi.

Selain perguruan tinggi, nilai akreditasi ini juga diperuntukkan untuk jurusan atau program studi. Setiap program studi ini wajib dan perlu untuk mendapatkan nilai akreditasi. Hal ini mencakup untuk semua perguruan tinggi dan mencakup keseluruhan sistem yang ada.

Pada dasarnya, akreditasi untuk perguruan tinggi ini merupakan rata-rata dari seluruh akreditasi jurusan dan studi dalam kampus tersebut. Selain itu, sistem dan manajemen perguruan tinggi tersebut juga menjadi salah satu bahan pertimbangan yang krusial.

Sedangkan untuk nilai akreditasi program studi ini mencakup semua mutu dan kualitas pendidikan. Seperti mencakup pada sistem pembelajaran, materi, dan hasil lulusan yang diperoleh. Dengan demikian, akreditasi pada program studi ini juga sangat penting untuk diketahui sebelum memilih jurusan yang akan Anda ambil pada saat nanti masuk kuliah.

Jadi, akreditasi kampus dan jurusan ini mempunyai kesetaraan yang sama. Akan tetapi, jika Anda ingin memilih suatu jurusan yang akan Anda ambil, sebaiknya Anda harus melihat dan mengetahui terlebih dahulu mengenai akreditasi program studi tersebut.

Mengapa Akreditasi Suatu Kampus Sangat penting?

Akreditasi suatu kampus ini sangat dilirik oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan akreditasi tersebut menjadi salah satu perwakilan citra dan nilai mutu pendidikan pada suatu kampus tersebut. Berikut ini beberapa faktor pendukung pentingnya sebuah akreditasi kampus yaitu sebagai berikut :

1. Menjadikan Cerminan Bagi Lembaga Pendidikan

Alasan pertama akreditasi kampus sangat penting adalah menjadikan cerminan lembaga pendidikan. Akreditasi ini juga menjadi salah satu cerminan dan kualitas pada program studi yang mempunyai akreditasi baik juga. Sehingga, calon mahasiswa ini tidak salah pilih dan tidak ragu memilih kampus dengan nilai akreditasi yang tinggi.

2. Standar Mutu Pendidikan

Semakin tinggi nilai akreditasi sebuah kampus, maka akan semakin baik pula kualitas dan mutu pendidikan pada sistem pembelajarannya. Jika Anda kuliah di kampus yang mempunyai akreditasi bagus, maka Anda juga akan mendapatkan pendidikan yang bagus dan terjamin

3. Persyaratan Mendaftar Pekerjaan di Instansi Pemerintah

Selain beberapa alasan diatas, alasan pentingnya sebuah akreditasi kampus yang selanjutnya adalah menjadi sebuah persyaratan untuk mendaftar pekerjaan di sebuah instansi pemerintahan. Jika Anda mempunyai cita-cita bekerja di sebuah instansi pemerintah, Anda harus memperhatikan akreditasi pada perguruan tinggi yang akan Anda pilih. Hal ini dikarenakan syarat untuk melamar kerja di instansi pemerintah ini memerlukan ijazah dari perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi kampus yang baik.

4. Sebagai Syarat Mendaftar di Sebuah Perusahaan

Selain sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar di instansi pemerintahan, akreditasi kampus juga bisa menjadi salah satu syarat untuk mendaftar di sebuah perusahaan. Hal ini berkaitan dengan kualitas mutu pendidikan yang dilihat dan dihasilkan dari kualitas sumber daya manusia. SDM ini didapatkan dari lulusan perguruan tinggi yang mempunyai nilai akreditasi baik.

5. Daya Saing Lulusan yang Terjamin

Kampus dan program studi yang mempunyai nilai akreditasi yang bagus, pasti akan memiliki sistem pembelajaran yang setara dengan pembelajaran internasional. Pada saat perkuliahan sedang berlangsung, mahasiswanya akan mendapatkan materi dan pembelajaran dengan kualitas terbaik dan berstandar internasional juga. Selain itu, mahasiswa juga akan diajar langsung oleh pengajar yang berkualitas.

Baca juga: 6 Syarat Akreditasi Kampus dan Strategi yang Perlu Dipersiapkan

Memahami Pentingnya Akreditasi Program Studi

Selain mengetahui alasan pentingnya akreditasi suatu kampus, Anda juga perlu mengetahui pentingnya akreditasi program studi dan jurusan. Akreditasi kampus dan jurusan ini sangat berbeda. Oleh karena itu, disini penulis akan memberikan pentingnya akreditasi program studi yaitu sebagai berikut :

1. Menentukan Layak atau Tidaknya Program Studi

Pentingnya akreditasi program studi ini juga dapat menentukan layak atau tidaknya program studi pada suatu kampus. Selain itu, akreditasi program studi ini ditetapkan berdasarkan kriteria dan ketentuan yang mengacu pada standar nasional perguruan tinggi.

2. Akreditasi Menjamin Mutu dan Kualitas

Akreditasi program studi dan jurusan ini juga menjamin mutu dan kualitas pendidikan. Tidak hanya itu saja, akreditasi ini juga dilihat dari kualitas program studi, baik itu dalam bidang akademik maupun dalam bidang non akademik. AKreditasi ini bertujuan untuk melindungi para mahasiswanya dan kepentingan masyarakat yang terlibat.

3. Menjamin Lulusan yang kompeten

Akreditas program studi ini juga bisa menjamin mahasiswanya menjadi lulusan yang kompeten dan mempunyai kualitas nilai pendidikan.Selain itu, kualitas ini juga dilihat dari mutu terbaik SDM. Sehingga, dapat dilihat mahasiswanya sudah siap untuk terjun di dunia kerja ataukah belum.

Jadi, pada dasarnya akreditasi suatu kampus dan akreditasi program studi mempunyai kesetaraan yang sama. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi umumnya, akreditasi kampus sangat penting sekali. Hal ini dikarenakan suatu akreditasi kampus akan memberikan perhatian kepada para calon mahasiswa.

Sedangkan untuk akreditasi program studi ini juga sangat penting. Hal ini dikarenakan pada saat Anda ingin memilih suatu jurusan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu nilai akreditasi program studi.

Itulah tadi bahasan mengenai pentingnya akreditasi kampus atau jurusan. Perlu Anda ketahui bahwa akreditasi kampus dan jurusan ini kedua-duanya sama-sama penting dan berpengaruh juga dalam kualitas pendidikan.