Apakah Anda masih kesulitan menentukan teks eksplanasi? Perlu Anda ketahui bahwa teks eksplanasi adalah salah satu pembelajaran bahasa yang perlu Anda ketahui dan pahami. Hal ini selain berkaitan dengan pembelajaran bahasa, teks eksplanasi juga banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Misalnya pada teks berita dan tek-teks lain terkait peristiwa yang sedang terjadi.

Memahami teks eksplanasi menjadi penting karena mengantarkan Anda pada pemahaman saat membaca wacana sebab akibat di sekitar Anda. Proses hubungan sebab akibat ini tidak hanya perlu kamu amati tetapi juga dipelajari.  Berikut ini pengertian, struktur, dan contoh teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui untuk belajar memahami fenomena di sekitar Anda melalui teks. 

Pengertian Teks Eksplanasi

Banyak ahli bahasa yang berpendapat tentang teks eksplanasi. Salah satu adalah Mahsun, ahli bahasa yang berpendapat bahwa teks eksplanasi merupakan jenis teks yang disusun dengan struktur pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi (penutup) (2013:189).   Jadi teks eksplanasi merupakan teks yang berisi penjelasan tentang proses atau fenomena dalam maupun sosial dengan struktur pembuka, isi, dan interpretasi.

Tujuan Teks Eksplanasi 

Memahami teks eksplanasi memiliki tujuan untuk menjelaskan proses terjadinya sebuah fenomena baik secara alamiah maupun sebuah proses perubahan. Tujuan teks eksplanasi berada di setiap ide pokok yang ada di struktur teks. Itu lah sebabnya struktur simpulan tidak diwajibkan dalam teks eksplanasi. Berikut ini struktur teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui untuk memahami teks eksplanasi secara keseluruhan.  

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Paragraf awal pada teks eksplanasi diisi dengan pernyataan umum yang menjelaskan tentang fenomena apa saja yang akan dibahas dalam teks. Pernyataan umum ini dapat berupa pengenalan fenomena atau gambaran umum tentang penjelasan fenomena tersebut. Penjelasan tersebut berupa jawaban dari pertanyan tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa tersebut bisa terjadi.  

2. Urutan Sebab Akibat

Struktur teks eksplanasi selanjutnya adalah deretan penjelas yang berisi urutan sebab akibat peristiwa tersebut bisa terjadi. Struktur ini merupakan penjelas dari struktur sebelumnya yang hanya memberikan gambaran umum. Urutan sebab akibat akan menjelaskan lebih detail dari pertanyaan dasar seperti tentang apa, mengapa, dan bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. 

3. Interpretasi

Struktur interpretasi atau kesimpulan dalam teks eksplanasi adalah sebuah opsional. Artinya struktur ini tidak wajib ada dalam struktur teks eksplanasi. Hal ini karena teks eksplanasi sudah memberikan makna yang utuh hanya dalam dua struktur teks saja, yakni dalam pembuka dan isi. Namun interpretasi bisa dibuat oleh penulis berupa simpulan dari pernyataan umum dan urutan sebab akibat. Simpulan juga berupa tanggapan penulis terhadap penjelasan peristiwa di dua struktur sebelumnya. 

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  1. Teks eksplanasi menggunakan kata yang bermakna denotatif
  2. Kalimat dalam teks eksplanasi adalah kalimat pasif yang subjeknya berkedudukan sebagai penderita atau yang dikenai pekerjaan
  3. Teks eksplanasi memiliki banyak konjungsi kausalitas, yakni kata hubung yang menunjukan sebab akibat. contohnya oleh sebab itu, sehingga, karena, dan sebagainya
  4. Pada teks eksplanasi menggunakan istilah ilmiah atau istilah tenis sesuai topik yang dibicarakan
  5.  Teks eksplanasi fokus pada hal umum
  6. Teks Eksplanasi berisi fakta  

Contoh Teks Eksplanasi

Agar lebih jelas lagi, Anda bisa memahami jenis dan contoh teks eksplanasi berikut ini:

1. Teks Eksplanasi Tentang Alam

Fenomena tentang alam dapat membuat satu jenis teks eksplanasi. Jenis teks eksplanasi tentang alam biasanya berbicara seputar fenomena alam yang sering dijumpai seperti gempa bumi, longsor, banjir, gunung meletus, angin topan, dan sebagainya. Fenomena ini memiliki pembahasan yang panjang untuk dipahami manusia melalui teks eksplanasi. 

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Alam: 

Gerhana Bulan

Fenomena gerhana bulan adalah gejala alam yang terjadi saat sebagian atau seluruh penampang bulan tertutup oleh bayang bentuk bumi. Fenomena alam ini bisa terjadi jika bumi berada di antara matahari dan bulan dalam satu garis lurus. Posisi inilah yang dapat menyebabkan sinar matahari tidak dapat mencapai ke bulan karena terhalang oleh bumi. (Pernyataan Umum)

Saat bayangan bentuk bumi menutup seluruh atau sebagian penampang bulan, maka saat itulah gerhana bulan benar-benar terjadi. Namun sering kali gerhana bulan masih bisa terlihat. Ini sebabnya karena masih ada sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh beberapa atmosfer bumi, sehingga saat gerhana bulan bisa tampak berwarna gelap atau warna merah jingga,jingga, sampai warna kecoklatan. (Deretan Penjelas)

2. Teks Eksplanasi Tentang Sosial (Lingkungan)

Fenomena di sekitar lingkungan Anda dapat dijadikan topik teks eksplanasi yang masuk dalam jenis teks eksplanasi tentang sosial atau lingkungan. Fenomena lingkungan ini biasanya memiliki nilai sehingga perlu untuk diketahui banyak orang. Misalnya tentang fenomena sosial pengangguran, anak jalanan, pemukiman kumuh, perkotaan atau kehidupan urban, dan sebagainya. Teks eksplanasi mampu mengemas topik ini dengan lengkap dan populer. 

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial atau Lingkungan Sekitar:

Pemukiman Kumuh Kota

Kehidupan urban atau hiruk pikuk kota terkadang dipandang sebelah mata. Banyak yang menilai bahwa hal ini berbicara tentang kemewahan dan segala kemudahan. Padahal ada banyak hal di luar itu yang membuat wajah kota tidak pantas-pantas amat dijadikan harapan atau cita-cita. Nyatanya kehidupan di sana tidak selalu yang mewah dan mudah. Banyak kalangan yang bernasib berbeda. (Pernyataan Umum)

Hal yang paling bisa kita lihat adalah kondisi fisik dari sesuatu hal. Tidak terkecuali wajah kota yang kerap kali fisiknya buat kita geleng-geleng kepala. Sebagai jantungnya sebuah daerah, kota sering kali menjadi tumpuan masyarakatnya untuk hidup atau menyambung hidup. Namun tidak semua masyarakat kota memiliki nasib yang sama. Kota adalah salah satu tempat yang paling riskan menghadapi tata letak kota. Salah satu masalah tata letak kota yang selalu jadi PR para pejabatnya adalah pemukiman kumuh. (Deretan Penjelas)

Pemukiman kumuh masih muncul di kota karena tata letak kota yang masih bermasalah. Selain itu desakan masyarakatnya yang masih memiliki taraf hidup yang rendah. Hal ini disebabkan karena pola hidup di kota pula. Mereka masih mengalami ketimpangan hidup di kota yang identik dengan kemewahan dan kemudahan. Orang-orang yang tinggal di pemukiman kumuh lebih banyak pendatang, namun tetap ada pula warga asli. Pendatang biasanya mengadu nasib ke kota untuk meningkatkan taraf hidupnya. Sedengakan masyarakat asli adalah korban dari kehidupan urban yang menggeser hak mereka sebagai warga, misalnya dari pekerjaan dan tingkat sosial lainnya. (Urutan sebab akibat-Deretan Penjelas)  

Nah,, itulah penjelasan tentang teks eksplanasi, mulai dari pengertian, struktur, sampai contoh teks eksplanasi. Apakah Anda masih kesulitan menentukan teks eksplanasi? Tidak sulit bukan belajar teks eksplanasi? Belajar teks eksplanasi berarti anda juga sedang belajar membaca wacana di sekitar Anda. Semoga membantu, selamat belajar.