Jika kamu memasuki dunia perkuliahan pasti kamu akan sering mendengar istilah cumlaude, lalu apasi cumlaude itu?. Cumlaude merupakan bahasa latin yang artinya adalah pujian. Artinya, mahasiswa yang lulus cumlaude akan mendapatkan predikat pujian karena telah berhasil menyelesaikan studinya dengan nilai yang tinggi dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Istilah cumlaude biasanya sering digunakan oleh mahasiswa yang sudah lama berkuliah atau tingkat akhir.

Predikat cumlaude ini diberikan kepada mahasiswa yang mendapat nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang tinggi dan memenuhi persyaratan dari kampus. Dalam pemberian predikat cumlaude ini, ada beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh kampus.Secara umum terdapat tiga predikat kelulusan berdasarkan nilai IPK yakni:

1. IPK 2,00- 2,75 Memuaskan
2. IPK 2,76- 3,50 Sangat memuaskan
3. IPK 3,51- 4,00 Sangat memuaskan

Predikat cumlaude ini memiliki beberapa jenis yang diberikan kepada mahasiswa, diantaranya.

1. Cumlaude

Jenis predikat yang pertama adalah cumlaude yang artinya “Dengan Pujian” atau “Kehormatan”. Untuk mendapatkan predikat ini mahasiswa harus memiliki IPK diatas 3,50 atau lebih tepatnya 3,51 sampai dengan 3,79. Bukan hanya IPK dengan angka yang memuaskan untuk bisa mendapat gelar ini, akan tetapi dilihat juga dari masa studimu dan harus lulus dengan nilai memuaskan untuk seluruh mata kuliah.

2. Magna Cumlaude

Mahasiswa bisa mendapatkan predikat Magna cumlaude ini jika nilai indeks prestasi kumulatif(IPK) akhirnya diatas 3,79. Mahasiswa dengan predikat magna cumlaude ini artinya lulus dengan “Kehormatan Besar” atau “With Great Honor”. Kisarapan IPK untuk mendapatkan predikat ini yaitu 3,80 sampai 3,99. Syarat untuk mendapatkan gelar ini adalah tidak mengulang mata kuliah dan juga harus lulus tepat waktu.

3. Summa Cumlaude

Jika ingin menyandang predikat kelulusan tertinggi yaitu Summa Cumlaude, kamu harus bisa mendapatkan IPK akhir diatas 3,99 atau sempurna yaitu 4,00. Mahasiswa yang lulus menyandang Summa Cumlaude ini berarti lulus dengan predikat “Kehormatan tertinggi” atau “With Highest Praise”. Predikat ini diberikan kepada mahasiswa dengan nilai yang sempurna untuk semua mata kuliah. Sama halnya dengan cumlaude untuk menyandang gelar ini kamu tidak boleh gagal dalam mata kuliah dan harus tepat waktu.

Dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu, nilai yang memuaskan dan menyandang predikat cumlaude tentunya menjadi impian bagi banyak orang. Untuk mendapat gelar cumlaude tidaklah mudah banyak hal yang menjadi faktor penentunya oleh karena itu setiap mahasiswa harus berjuang untuk menyandang gelar ini. Kamu tidak hanya butuh IPK yang memenuhi syarat saja tetapi ada ketentuan lain yang harus kamu penuhi.

Mendapat IPK yang tinggi bukan berarti seseorang bisa lulus dengan predikat cumlaude, namun meskipun begitu hal ini mudah diraih jika kamu berusaha. Berikut ada beberapa cara meraih cumlaude yang bisa kamu coba.

a. Memaksimalkan semua mata kuliah

Saat pertama kali masuk kuliah, ubah mindset kamu dengan tidak fokus ke mata kuliah yang disukai saja. Dengan begitu nilai kamu di seluruh mata kuliah akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Pasalnya jika kamu hanya fokus pada matkul yang kamu sukai, bisa menyebabkan nilai kamu ada yang kurang dan mengharuskan untuk mengulang.

b. Mencari cara belajar yang efektif

Untuk lulus dengan predikat cumlaude memang tidak mudah, oleh karena itu kau harus mencari cara belajar yang efektif untuk kamu sendiri. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih fokus dalam menyerap ilmu pelajaran dan secara otomatis nilaimu juga akan memuaskan. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan teman ataupun dosen untuk menambah ilmu.

c. Mencari nilai ekstra

Agar nilai yang didapatkan semakin maksimal, kamu juga bisa mencari nilai ekstra. Contohnya seperti, ketika dosen meminta untuk mempelajari materi untuk pertemuan berikutnya pastikan kamu membaca materi tersebut agar dapat berdiskusi di kelas. Dan jika ada sesi bertanya maka usahakan bertanya, karena biasanya dosen akan memberi nilai plus untuk yang bertanya.

d. Dekat dengan dosen

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menjalin hubungan baik dengan dosen. Dekat dengan dosen bukan berarti kamu merayu-rayu untuk diberi nilai yang baik, tetapi untuk dijadikan diskusi terkait mata kuliah.

e. Jangan menunda proposal skripsi

Saat memasuki semester akhir dan harus mengambil skripsi, jangan menunda-nunda karena takut tidak bisa mengerjakan skripsi. Kamu harus bisa fokus terhadap batas waktu yang menjadi syarat untuk mendapatkan predikat cumlaude yaitu lulus dengan tepat waktu. Kamu juga bisa meminta saran dan nasihat kepada dosen terkait topik skripsi yang akan kamu angkat.

Demikian artikel mengenal jenis-jenis cumlaude dan cara meraihnya, semoga bermanfaat