Sebelumnya, apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata ‘psikologi’? Menurut KBBI, psikologi berarti ilmu yang berkaitan dengan mental normal maupun abnormal seseorang yang mempengaruhinya pada perilaku, serta ilmu pengetahuan tentang gejala kejiwaan.

Di masa sekarang, ilmu psikologi sangat dibutuhkan di dunia kesehatan karena faktor lingkungan yang meriset sering terjadinya konflik individu maupun sosial. Sehingga menimbulkan gangguan mental pada individu tersebut.
Semakin meningkatnya popularitas jurusan psikologi, maka jumlah peminatnya pun kian bertambah di setiap tahunnya. Entah itu di perguruan tinggi, sekolah kejuruan, atau instansi lainnya.

Ilmu psikologi juga menjanjikan karir yang bagus di masa depan, tak hanya itu, kegiatan belajar mengajarnya pun menyenangkan. So, are you ready for learn Psychology?

Berikut ulasan singkat tentang mata pelajaran jurusan Psikologi, make sure you read it well!:)

1. Filsafat Psikologi

Ilmu ini merupakan ilmu basic/dasar yang akan Anda dapatkan pada awal pembelajaran psikologi. Filsafat psikologi mempelajari epistemologi, filsafat ilmu psikologi, hakikat ilmu, hakikat ilmu psikologi, metode penelitian ilmu psikologi, metode penelitian fenomenologi, kesejahteraan manusia, pertimbangan etika dalam psikologi sosial, perkembangan teori, dan perkembangan psikologi abad ke 21.

2. Statistika Psikologi

Mungkin, di bayangan Anda ilmu psikologi sudah tak ada yang berkaitan dengan angka, rumus, dan hitung-hitungan. Selamat, Anda salah! Nyatanya, ilmu statistika juga dipelajari di psikologi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan data/analisis dari pengamatan, dapat disajikan dengan terencana, akurat, dan sistematis.

Materi-materi yang dipelajari pada statistika psikologi antara lain, sejarah statistik, pengertian statistik, konsep dasar, metode statistika, fungsi dan peranan statistik, data mentah, distribusi frekuensi, variabel kontinu dan diskrit, dan jenis distribusi frekuensi.

3. Psikologi Kepribadian

Ilmu ini mempelajari tentang kepribadian manusia melalui tingkah lakunya. Ilmu ini merupakan bagian dari ilmu psikologi yang sangat penting dan utama untuk dipelajari. Selain ilmunya yang menyenangkan, prakteknya juga mengasyikkan.

Ilmu ini mempelajari tentang pengertian psikologi kepribadian menurut para ahli, sejarah psikologi kepribadian, teori psikologi kepribadian, jenis-jenis psikologi kepribadian, ruang lingkup psikologi kepribadian, dan objek kajian psikologi kepribadian.

4. Psikologi Klinis

Pada cabang ilmu kali ini yaitu psikologi klinis, merupakan disiplin ilmu yang mendiagnosis dan mengobati gangguan emosional pada mental seseorang. Ilmu yang dipelajari dalam psikologi klinis antara lain, pengantar psikologi klinis, desain, keputusan, dan etika dalam psikologi klinis. Sedangkan asesmen dalam psikologi klinis yaitu penelitian dalam psikologi klinis, pendekatan terapi psikodinamika dan kognitif behavior dalam intervensi klinis, intervensi terapi humanistic dan pendekatan lain.

5. Psikologi Perkembangan

Pada psikologi perkembangan, ilmu yang akan dipelajari adalah seputar perkembangan kejiwaan manusia.
Yang mana meliputi, konsep dasar psikologi perkembangan, aspek-aspek perkembangan, teori-teori psikologi perkembangan, masa perkembangan dalam kandungan, perkembangan masa bayi, perkembangan masa awal kanak-kanak, masa akhir anak-anak, masa remaja, masa dewasa, masa tua, aspek pendukung pada perkembangan anak, psikologi perkembangan pada pendidikan di Indonesia.

6. Biopsikologi

Menurut ilmuwan, biopsikologi merupakan gabungan kata biologi dan psikologi. Ilmu yang akan dipelajari pada bagian mata pelajaran psikologi kali ini adalah meliputi, pengantar biopsikologi, hubungan antara otak dan pikiran, evolusi, genetika, dan pengalaman.

7. Psikometri

Pada cabang ilmu kali ini yaitu mempelajari tentang pengertian psikometri, pengukuran, pengukuran psikologis, skala hasil pengukuran, permasalahan dalam pengukuran psikologis.

8. Konstruksi Alat Ukur Psikologi

Berikut merupakan berbagai materi yang akan dipelajari pada cabang mata pelajaran jurusan psikologi, antara lain; pengantar konstruksi alat ukur, tes prestasi, statistik dasar untuk tes prestasi, penegasan kawasan ukur, cara pemberian skor pada tes prestasi, analisis tes prestasi, atribut indicator, format skala psikologi dan penulisan item, metode estimasi reliabilitas, interpretasi skor skala, analisis sistem skala psikologis, reliabilitas skor komposit.

Nah, uraian di atas merupakan uraian dan gambaran singkat tentang mata pelajaran yang akan Anda temui di jurusan psikologi. Untuk lebih mata pelajaran yang lengkap, silahkan cari di beberapa sumber sebagai referensi.
Gimana, jadi tertarik menjelajahi dunia psikologi?