Tahukah Anda mengenai struktur organisasi kampus dan macam-macam tugasnya? Struktur organisasi kampus merupakan salah satu organisasi yang wajib ada di sebuah kampus. Hal tersebut ini dibangun dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan perguruan tinggi itu sendiri.

Masing-masing kampus atau universitas pasti mempunyai organisasi. Mulai dari rektor sampai dengan mahasiswa. Penyusunan struktur organisasi ini sudah diatur pemerintah dalam Permendikbud Nomor 139 Tahun 2014. Peraturan ini berisikan mengenai organisasi perguruan tinggi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi tersebut.

Penyusunan struktur organisasi kampus sudah dilimpahkan kepada perguruan tinggi yang mempunyai sangkutan dan sudah ditetapkan oleh majelis wali amanat. Kira-kira bagaimana susunan organisasi tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Susunan Struktur Organisasi Kampus dan Tugasnya

Struktur Organisasi Kampus

Struktur tertinggi dalam sebuah universitas dipegang oleh pemimpin. Sedangkan di universitas maupun Institut, pimpinannya dipegang oleh rektor. Pada sekolah tinggi kekuasaan paling tinggi dipegang oleh ketua. Sementara di Politeknik dan akademi, pimpinan tertinggi dipegang oleh direktur.

Baca juga: 6 Syarat Akreditasi Kampus dan Strategi yang Perlu Dipersiapkan

Berikut ini beberapa susunan struktur organisasi kampus beserta tugasnya yaitu sebagai berikut :

1. Rektor

Kekuasan atau pimpinan yang paling tinggi dipegang oleh rektor. Rektor merupakan salah seorang pejabat dalam sebuah organisasi perguruan tinggi. Rektor ini biasanya dijuluki sebagai pejabat tertinggi di lingkungan kampus. Rektor mempunyai masa jabatan pimpinan yaitu 5 tahun. Rektor ini juga bisa memperpanjang masa aktif jika terpilih kembali dalam periode berikutnya.

Berikut ini beberapa tugas rektor dalam lingkungan perguruan tinggi yaitu sebagai berikut :

  • Memimpin dan mempunyai tanggung jawab terhadap lembaga perguruan tinggi
  • Mampu mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan ketika awal mula menjabat
  • Meningkatkan kualitas lembaga pendidikan di tingkat perguruan yang dipimpinnya

2. Wakil Rektor

Wakil rektor terbagi menjadi banyak wakil. Berikut ini beberapa tugas pokok wakil rektor 1 dalam bidang kerjasama dan dalam bidang akademik yaitu sebagai berikut:

  • Menyusun rencana dan program kerja institut dan sebagai pelaksana pedoman tugas
  • Memberikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidangnya
  • Memberikan arahan kepada bawahan dengan mengontrol kelancaran tugas
  • Mengkoordinasi bawahan
  • Mengawasi bawahan untuk meningkatkan kemajuan dan kedisiplinan
  • Mengevaluasi kerja bawahan sebagai bahan karier
  • Menetapkan kebijakan teknis dan memberikan layanan teknis di bidang pendidikan.

3. Dekan

Susan struktur organisasi berikutnya adalah dekan. Dekan merupakan salah satu pejabat yang memimpin suatu fakultas. Atau bisa dikatakan sebagai pemimpin administrator dan pemimpin akademik tertinggi dalam fakultasnya.

Berikut ini beberapa tugas dekan yaitu sebagai berikut:

  • Menyusun dan melaksanakan rancangan strategi yang hendak dirancang
  • Menyusun program kerja bersama dan Anggaran tahunan
  • Melaksanakan pengembangan pendidikan dalam perguruan tinggi
  • Mengkoordinasi dan memantau pendidikan untuk pengembangan ilmu pengetahuan
  • Melaksanakan dan melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, pengetahuan, dan penelitian
  • Melakukan pemantauan dan evaluasi
  • Melaksanakan pembinaan staf tata usaha
  • Menyusun dan menyampaikan laporan tahunan kepada rektor.

4. Ketua Jurusan

Pada sebuah fakultas jurusan ini dibentuk sesuai dengan bahan kerja dan cabang kelompok ilmu. Jurusan ini diselenggarakan oleh program studi.

Berikut ini beberapa tugas pokok ketua jurusan pada sebuah fakultas yaitu sebagai berikut:

  • Melaksanakan dan mengelola pendidikan pada sebuah fakultas
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam cabang ilmu yang telah ditentukan
  • Membina civitas akademika sebuah jurusan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan.

5. Ketua Program Studi

Program studi adalah kesatuan kegiatan kelompok belajar yang mempunyai kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu fakultas. Selain itu, pada salah program studi, pasti mempunyai ketua yang disebut dengan Kaprodi atau Ketua program studi.

Berikut ini beberapa tugas pokok ketua program studi yaitu sebagai berikut:

  • Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan prodi
  • Merencanakan jadwal mata kuliah dan evaluasi hasil belajar
  • Mengkoordinir pelaksanaan program pendidikan
  • Mengkoordinir perencanaan, penyediaan dan pengusulan prodi
  • Memonitor jalan proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan
  • Mengevaluasi sistem pengelolaan prodi
  • Menyusun laporan pertanggung jawaban dan tugas kepada dekan

Itulah tadi pembahasan mengenai struktur organisasi kampus dan beberapa tugas pokoknya. Anda dapat memahami penjelasan diatas, supaya Anda lebih mengetahui mengenai struktur organisasi kampus dan beberapa tugas pokoknya.