Pidato merupakan kegiatan berbicara didepan umum yang memiliki tujuan untuk menyampaikan maksud mengenai suatu hal yang perlu dibahas. Dalam berpidato biasanya seseorang membawakan topik mengenai suatu hal yang cocok untuk dibahas di khalayak ramai. Pidato memiliki jenis-jenis yang berbeda sesuai dengan tujuannya, satunya pidato persuasif.

Pidato persuasif adalah pidato yang berisi ajakan kepada khalayak ramai untuk melakukan suatu hal sesuai dengan pidato yang disampaikan. Atau ajakan kepada masyarakat untuk mengubah pandangan sesuai gagasan yang disampaikan dan melakukanya secara sukarela. Dalam pidato persuasif sifatnya menghimbau masyarakat untuk melakukan suatu hal yang berguna bagi kehidupan. Pidato yang satu ini dapat menjadi cara untuk menggerakan masyarakat supaya kreatif dan inovatif. Tidak jarang pada acara tertentu, pidato persuasif dapat menginspirasi khalayak secara efektif.

Pidato persuasif memiliki sifat mengajak, dan menghimbau pendengar untuk melakukan hal yang sesuai dengan isi pidato yang dianggap bermanfaat. Untuk lebih mengetahui tentang pidato persuasif maka simak pembahasan berikut ini mengenai struktur teks pidato persuasif dan contohnya.

Ciri-ciri Pidato Persuasif

1. Bersifat mendorong atau mengajak
2. Menginginkan para pendengar supaya menyetujui atau meyakini hal yang disampaikan hingga membangkitkan timbulnya tindakan tertentu sesuai dengan isi pidato.
3. Menggunakan kalimat yang sifatnya mebangun
4. Menceritakan topik permasalahan yang akan disampaikan

Tujuan Pidato Persuasif

Pidato persuasif memiliki tujuan untuk mengajak pendengar untuk mendengar dan mengikuti suatu hal mengenai isi pidato yang telah disampaikan. Contohnya pidato mengenai keagamaan, kebersihan, dan Pendidikan.
Topik lainya yang sesuai:

– Buanglah sampah pada tempatnya
– Jagalah kebersihan lingkungan

Prinsip-prinsip Pidato Persuasif

1. Membujuk Demi Konsisten

Mengubah perilaku yang sesuai dengan nilai, kepercayaan, dan sikap yang mereka yakini saat ini. Perubahan perilaku akan lebih mungkin terjadi jika konsisten dalam membujuknya.

2. Membujuk Demi Perubahan-perubahan Kecil

Perubahan perilaku dapat terjadi jika dalam membujuk berisi mengubah perilaku kecil bukan mengubah perilaku besar. Kesalahan yang sering terjadi oleh pembicara pemula yaitu keinginan menuntut terlalu banyak secara tergesa-gesa.

3. Membujuk Demi Keuntungan

Masyarakat akan mengubah perilakunya jika perilaku yang dianjurkan dapat memberikan keuntungan.

4. Membujuk Demi Pemenuhan Kebutuhan

Masyarakat juga akan mengubah perilakunya jika perubahan yang dianjurkan berhubungan dengan kebutuhan mereka sehingga dapat terpenuhi.

5. Membujuk Berdasarkan Pendekatan-pendekatan Gradual

Keefektifan sebuah pidato persuasif tergantung kepada pendengar, mereka dapat melakukan perubahan yang disarankan oleh pembicaranya atau tidak. Pendekatan gradual atau pendekatan secara sedikit-sedikit akan memungkinkan masyarakat akan mengikuti hal yang dianjurkan. Dari pada dengan pendekatan yang meminta masyarakat untuk segera mengubah perilakunya secara keseluruhan.

Struktur Teks Pidato Persuasif

Struktur teks pada pidato persuasif memiliki tiga bagian, dan ketiganya merupakan komponen terpenting dan harus ada pada pidato tersebut. Jika kurang satu saja maka teks pidato tersebut tidak akan sempurna.

1. Pembukaan

Pembukaan pidato persuasif memiliki tiga bagian yaitu:

– Salam pembuka
– Ucapan penghormatan

Ucapan penghormatan biasanya diucapkan untuk menyebutkan seseorang yang memiliki jabatan tertinggi terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan seterusnya sampai pada jabatan yang paling bawah.

– Ucapan syukur

Ucapan syukur dibacakan karena rasa syukur dari pembaca pidato kepada Tuhan atas diberikan kesehatan sehingga dapat berkumpul pada acara tersebut. Sehingga berkesempatan dapat berkumpul untuk mengikuti acara tersebut.
Bagian pembuka berisi mengenai topik permasalahan yang akan dibahas yang fungsinya sebagai pengantar ke tahap selanjutnya. Dan berisi deskripsi singkat mengenai topik perbincangan.

2. Isi Pidato

Bagian ini merupakan bagian terpenting dari sebuah pidato karena mengandung inti dari sebuah pembahasan. Di bagian ini pembaca akan membacakan atau menyampaikan suatu hal kepada para pendengar.

3. Penutup

Penutup pidato merupakan akhir dari sebuah permasalahan yang telah disampaikan. Biasanya memiliki hal-hal berikut ini:

– Kesimpulan secara ringkas mengenai penjelasan yang telah disampaikan
– Permintaan maaf kepada pendengar, jika terdapat salah kata ataupun menyinggung pendengar
– Salam penutup

Pada bagian ini berisi ajakan, saran, pertimbangan, dan penguatan untuk mempengaruhi pendengar atau pembaca supaya yakin dengan pendapat yang telah disampaikan.

Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif

Kaidah kebahasaan teks persuasif juga disebut dengan karakteristik atau ciri bahasa dari teks persuasif, adalah:

1. Bersifat mengajak dan mempengaruhi
2. Memiliki kata-kata persuasi atau bujukan seperti: ayo, mari, dan yang lainnya
3. Akhir kalimat menggunakan tanda seru(!)
4. Memaparkan sejumlah fakta atau pendapat
5. Pidato persuasif kebanyakan menggunakan kata kita, ini bertujuan sebagai tanda, tidak ada perbedaan antara si pembaca dan pendengar
6. Menggunakan kalimat yang bersifat membangun
7. Menggunakan intonasi yang baik
8. Pelafalan harus jelas

Langkah-langkah Menulis Pidato Persuasif

Menulis pidato persuasif berarti harus mempersiapkan persiapan yang matang sebelum menulisnya. Berikut ini persiapan yang harus kamu siapkan sebelum menulis teks pidato persuasif yaitu:

1. Pelajari Topik

Pelajari topik yang akan disampaikan secara mendalam, lakukan beberapa kajian mengenai topik pembahasan. Luangkan waktumu untuk sering membaca buku ataupun sumber informasi mengenai topik yang akan kamu sampaikan. Catat beberapa data penting dari beberapa sumber yang telah kamu alami supaya memperkuat argumen dari pidato.

2. Pahami Tujuan

Pastikan tujuan yang akan dicapat dapat dipahami oleh pendengar sesuai pidato yang kamu sampaikan. Sehingga para pendengar dapat mengerti isi dari pidato mu sehingga mereka dapat melakukan tujuan yang dikehendaki.

3. Pahami Audien

Pelajari siapa audien yang akan mendengarkan pidato yang akan kamu sampaikan. Karena beberapa audien memiliki kebutuhan tersendiri.

Contoh Teks Pidato Persuasif

1. Narkoba

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat bapak dan ibu tamu undangan dan para hadirin.

Narkoba merupakan salah satu permasalahan terbesar di Indonesia maupun didunia, karena narkoba sangat mengkhawatirkan banyak pihak. Kondisi para korban yang sudah terlanjur mengkonsumsi narkoba pun sangat memprihatinkan. Narkoba banyak merusak para jiwa muda yang sebetulnya masih memiliki perjalanan Panjang dalam hidupnya.

Tindakan tegas untuk menghindarinya merupakan hal yang harus dilakukan, karena hanya berdekatan sedikit saja dengan benda ini maka akan membuat kita terperosok. Hal ini tentunya akan menyiksa kita baik dari segi fisik maupun psikis. Sekali mencoba narkoba maka benda ini akan terus menghantui dan membuat ketergantungan. Zat adiktif yang terkandung dalam narkoba membuat tubuh kita akan terus-menerus meminta untuk mencicipinya.
Bukan berarti tubuh kita yang meminta namun narkoba yang telah memanipulasi tubuh kita, sehingga membuat tubuh kita ingin mencobanya terus. Tubuh kita akan terpengaruh untuk mengkonsumsi obat-obatan berbahaya ini, dan obat ini memiliki zat yang dapat menghancurkan tubuh. Tidak hanya itu saja narkoba juga akan menyerang secara psikis, menyebabkan kegelisahan ketika tidak mengonsumsinya. Efek dari obat tersebut yaitu, kepala kita akan tertutupi kegelapan dan bahkan bisa bertindak kasar kepada orang-orang disekitar kita.

Maka tentunya yang menjadi korban bukan hanya diri kita sendiri, namun juga orang-orang yang berada di dekat kita akan merasakan dampaknya. Bayangkan perasaan kedua orang tua kita melihat anaknya terjebak oleh bahan-bahan terlarang ini. Mereka juga akan mendapatkan banyak cibiran dari banyak orang selama seumur hidup.
Sudah cukup tiga juta orang yang telah terjebak dalam obat yang satu ini. tiga juta ini masih terus bertambah setiap tahunya berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional 2019.

Oleh karena itu saya pertegas untuk menghindari benda haram yang satu ini! karena hukum akan menjadi perantara untuk menyelesaikan masalah yang satu ini. Narkoba tentunya harus dijauhi karena benda ini benar-benar akan menghancurkan hidupmu.