Ada banyak material pilihan yang bisa kamu gunakan untuk melapisi permukaan dinding untuk memperindah hunianmu. Misalnya, perpaduan semen dan cat, keramik, wallpaper, atau batu alam. Batu alam memiliki karakteristik yang indah dan juga natural sehingga membuat hunian terlihat indah dan natural. Dibandingkan dengan keramik atau wallpaper penggunaan dinding batu alam memang membutuhkan biaya yang terbilang tinggi, namun meskipun demikian dinding batu alam bisa menambah nilai jual sebuah rumah.

Motif Batu Alam Dinding Yang Unik dan Elegan

Berikut beberapa motif batu alam dinding yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin mempercantik hunian dengan batu alam.

1. Dinding batu alam motif sabak

Dinding batu alam sabak juga dikenal dengan sebutan dinding batu alam kali. Dinding yang menggunakan batu sabak ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah batunya yang sangat kuat untuk digunakan sebagai pondasi bangunan. Proses pemasangan batu sabak ini terbilang mudah karena batunya bisa dibelah menjadi lempengan yang tipis.

2. Dinding batu alam motif marmer

Batu marmer mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, karena sering ditemukan di rumah-rumah terutama pada area permukaan meja dapur atau lantai. Meski digunakan di area lantai atau meja dapur, namun bukan berarti batu alam marmer ini tidak bisa digunakan sebagai dinding batu alam. Dinding marmer ini membuat rumah terlihat menjadi lebih mewah dan juga elegan.

Marmer tersedia dalam berbagai warna, seperti putih, hitam, coklat sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan. Dinding batu alam marmer ini hanya bisa digunakan untuk interior dalam ruangan saja karena marmer ini mudah rapuh saat terkena hujan dan terik panas matahari.

3.Dinding batu alam motif andesit

Jika dibandingkan dengan keramik batu alam lainnya, batu andesit merupakan jenis batu yang paling keras. Bagian pori-pori batu andesit juga kecil, selain itu warna yang tersedia hanya abu-abu dan hitam tetapi motifnya cukup beragam. Beberapa motif batu andesit yang populer adalah model bakar, dan model abstrak. Keunggulan batu alam andesit ini yaitu sangat tahan cuaca, lumut dan jamur.

Jadi kamu tidak perlu lagi untuk memberikan lapisan khusus pencegah lumut dan jamur dalam jangka waktu yang pendek. Batu andesit ini cocok diaplikasikan untuk dinding yang berada di luar ruangan yang sering terkena paparan panas sinar matahari dan air hujan.

4.Dinding batu alam motif granit

Dinding batu alam granit juga menjadi batu yang paling populer di kalangan masyarakat selain batu marmer. Batu granit yang dipasang di dinding ruangan akan memberikan kesan yang alami sekaligus segar. Area yang paling cocok untuk batu granit adalah dapur dan kamar mandi. Kombinasikan dengan aneka furniture dari kayu seperti rak gantung dan kabinet yang kuat seperti kayu jati.

5. Dinding batu alam motif palimanan

Batu yang berasal dari Cirebon ini juga cukup populer digunakan untuk material dinding batu alam. Kamu bisa memasang batu palimanan ini di segala ruangan, baik di dalam atau luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari dan juga hujan. Setelah proses pemasangan selesai batu palimanan harus segera diberi zat pelapis khusus, hal ini karena pori-pori batunya yang besar dan warnanya yang cukup terang.

Tujuan dari pemberian zat tersebut yaitu untuk menghambat pertumbuhan lumut. Jangan lupa untuk melapisi ulang ketika zat pelapis yang pertama sudah mulai menghilang. Harga zat pelapis ini juga cukup terjangkau dibandingkan dengan harga pelapis dinding batu alam lainnya.

6. Dinding batu alam motif candi

Walaupun memiliki jenis yang beragam, namun batu candi Borobudur Lava yang memiliki warna gelap kehitaman tetap menjadi favorit di kalangan masyarakat. Selain memberikan kesan yang alami, dinding batu alam candi ini juga bisa memberikan nuansa yang sejuk. Harga batu candi ini lebih murah jika dibandingkan dengan jenis batu lainnya dan biasanya dijual dalam bentuk lempengan, sehingga hal ini bisa memudahkan proses pemasangan nantinya.

Namun, batu candi ini tidak cocok digunakan di luar ruangan karena mudah menyerap air, jadi memudahkan lumut untuk tumbuh jika terkena hujan . Jika masih kekeh menggunakanya di luar ruangan, maka pastikan untuk memberikan lapisan khusus secara rutin untuk mengurangi pertumbuhan lumut.

Demikian pembahasan mengenai motif dinding batu alam yang unik & elegan. Jika kamu ingin menggunakan batu alam sebagai hiasan dinding, kamu bisa menggunakan batu alam Pontianak. Dijamin lebih berkualitas dan tahan lama.