Untuk kalian para mahasiswa yang ingin mendapatkan uang saku tambahan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Salah satunya adalah dengan mencari pekerjaan samping. Hal tersebut tentu tidak akan mengganggu kegiatan kuliah ya. Sebab, pekerjaan sampingan dapat kita sesuaikan dengan jadwal kuliah ataupun skripsi. Terlebih untuk pekerjaan online untuk mahasiswa yang bisa kamu kerjakan dari kost atau rumah.

Pekerjaan Online dari rumah untuk Mahasiswa

Ada banyak pekerjaan sampingan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kemampuanmu. Kamu bisa memilih pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. Jadi, waktu kerja akan lebih fleksibel dibandingkan dengan kerja secara offline.

Untuk kamu yang tertarik mencari penghasilan sampingan. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan online untuk mahasiswa yang bisa kamu coba.

1. Penulis Lepas (Freelance)

Kemampuan menulis hampir dimiliki oleh semua orang. Hanya saja yang membedakan adalah bagaimana cara mereka mengekspresikan kalimat dan menyampaikannya dalam bentuk tulisan. Jika kamu suka menulis, maka pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu coba.

Penulis lepas dapat menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Terutama untuk para mahasiswa. Kamu bisa melihat blogger atau penulis lepas di luar sana yang mengawali karirnya dari menulis di internet. Tak hanya blog saja, tapi kamu juga bisa menjadi penulis lepas untuk sebuah majalah, artikel, atau bahkan skripsi.

2. Admin Media Sosial

Daripada gadget kamu hanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Lebih baik kamu gunakan untuk sesuatu hal yang menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan menjadi admin media sosial. Kamu hanya perlu aktif di sosmed dan membalas komentar ataupun DM yang masuk dari para konsumen.

Seperti yang kita ketahui bahwa di era digital ini kebutuhan pengelolaan media sosial sudah sangat marak. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan yang mulai mencari admin media sosial untuk mengelola media sosial mereka dan menggencarkan promosi.

Meskipun terlihat sangat mudah, pekerjaan ini sebenarnya cukup diperhatikan. Terlebih untuk bidang marketing. Dimana dalam melakukannya, kamu harus membuat suatu promosi yang bisa menggambarkan perusahaan atau brand yang sedang kamu pegang.

3. Membuat Online Shop

Siapa nih yang suka jualan? Mulai sekarang kamu bisa memanfaatkan gadgetmu untuk berjualan secara online. Daripada HP kamu digunakan untuk scroll-scroll media sosial saja, lebih baik digunakan untuk sesuatu yang menghasilkan. Cobalah untuk membuat online shop sendiri.

Saat ini, kamu bisa menemukan banyak sekali jenis online shop di media sosial. Kamu dapat memilih untuk menjual produk atau jasa yang sesuai dengan kemampuanmu. Bahkan, ada banyak online shop yang akhirnya bisa membuka toko offline sendiri loh.

4. Jadi Reseller

Hampir sama dengan online shop, bedanya reseller hanya menjualkan produk orang lain. Jadi, kamu tidak perlu pusing memikirkan branding produk dan lainnya. Kamu hanya cukup mengambil beberapa produk dari toko orang lain, kemudian produk tersebut kamu jual di media sosial kamu.

Biasanya, dengan menjadi reseller kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan konsumen biasa. Sehingga kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Dari penjualan inilah kamu akan mendapatkan keuntungan.

5. Penerjemah Bahasa Asing

Umumnya, banyak mahasiswa dari luar jurusan bahasa yang kesulitan mengartikan jurnal atau makalah yang menggunakan bahasa asing. Oleh karena itu, tidak jarang mereka lebih memilih menggunakan penerjemah bayaran untuk membantu mengartikan tulisan tersebut.

Dari kasus di atas, kamu bisa memanfaatkan kebutuhan mereka dengan menjadi penerjemah bayaran. Kamu bisa menawarkan jasa menerjemahkan untuk artikel, jurnal, ataupun makalah. Terlebih untuk kamu yang berasal dari jurusan bahasa asing. Kamu bisa menggunakan keahlianmu untuk mencari penghasilan tambahan.

Terlebih para pencari jasa penerjemah pasti akan mencari orang-orang yang berasal dari jurusan bahasa asing. Kamu mungkin bisa memulainya dengan menerjemahkan skripsi atau jurnal teman-teman kamu. Kemudian meminta mereka untuk memberikan testimoni dan merekomendasikan teman mereka untuk menggunakan jasamu.

6. Jasa Desain Grafis

Pekerjaan sampingan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendalami bidang desain atau untuk mahasiswa yang berasal dari jurusan seni. Perlu kamu ketahui bahwa pekerjaan yang satu ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Mengingat di zaman digital ini, semua hal dilakukan secara online termasuk promosi dan branding.

Oleh karena itu, sebelum terjun langsung ke dunia kerja, kamu bisa mencoba untuk membuka jasa desain grafis sendiri. Kamu bisa memulainya dengan memberi harga miring tapi tetap mendapatkan kualitas desain yang tidak kalah bagus dengan desainer profesional.

Pekerjaan ini bisa dilakukan secara online loh. Jadi kamu tidak perlu bertemu langsung dengan klien atau orang-orang yang menggunakan jasamu.

7. Guru Les Online

Guru les private merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang banyak digemari oleh mahasiswa. Tidak hanya karena waktunya yang lebih fleksibel, tapi kamu juga bisa memilih mata pelajaran yang kamu kuasai saja.

Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu juga bisa sembari belajar mengajar. Sehingga, jika nantinya kamu menjadi seorang pengajar, kamu sudah mahir untuk menyampaikan materi ke anak didik.
Supaya memperoleh mata pelajaran yang mudah, kamu bisa memilih untuk menjadi guru les anak-anak SD, kelas 1-4.

Nah, itulah beberapa rekomendasi pekerjaan online untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Dari sini, kamu tidak hanya akan mendapatkan uang saku tambahan, tapi juga pengalaman kerja yang mungkin akan berguna di masa depan.