Akuntansi merupakan sebuah ilmu yang memiliki sistem yang rumit, sehingga bukan hanya mengenai hitung menghitung saja. Akuntansi lumayan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama hal yang berkaitan dengan dunia bisnis. Dengan menggunakan ilmu ini maka pengusaha dapat memantau apakah bisnis yang mereka jalankan dapat berjalan dengan lancar atau tidak. 

Apa itu Akuntansi?

Akuntansi adalah sebuah proses kegiatan yang dilakukan dengan cara mencatat, mengelompokan, mengolah, menyajikan, dan menulis semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Akuntan merupakan panggilan kepada seseorang yang ahli dalam bidang ini. 

Akuntansi juga dikenal dengan bahasa bisnis, yang bertujuan untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi dari sebuah organisasi. Yang bertujuan menyampaikan untuk informasi ke berbagai pihak, yaitu investor, manajemen, regulator, dan kreditor. 

Banyak teori yang mengemukakan mengenai pengertian dari akuntansi tersebut. Teori akhirnya mengalami perkembangan seiring dengan banyaknya orang yang mempelajarinya, mengingat ilmu tersebut sangat penting dalam melakukan kegiatan. Walaupun banyak tersedia software accounting yang dapat membantu, namun sebagai seorang pengusaha harus tetap memahami tentang ilmu tersebut. 

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

1. Warren dkk (2005 : 10)

Secara umum akuntansi merupakan sebuah sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan. Laporan tersebut diberikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai suatu aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan tersebut.

2. Suparwoto L (1990 : 2)

Suparwoto L menyatakan bahwa, akuntansi adalah sebuah sistem yang berguna untuk mengukur dan mengelola keuangan. Memberikan hasil pengelolaan dalam bentuk informasi yang diberikan kepada pihak ekstern dan intern perusahaan. Pihak ekstern ini meliputi serikat buruh, investor, kreditor pemerintah, dan lainya.

3. Soemarsono S.R (2004)

Pengertian akuntansi menurut Soemarsono S.R yaitu suatu proses mengukur, mengidentifikasi, dan melaporkan informasi ekonomi yang memungkinkan suatu penilaian. Memberikan keputusan yang bersifat jelas dan tegas untuk orang-orang yang ikut menggunakan informasi tersebut. 

4. S. Munawir (2005)

Menurut S. Munawir akuntansi adalah sebuah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan peristiwa, kejadian, dan sifatnya sebagai keuangan. Dengan cara yang secepatnya, petunjuk dinyatakan dengan uang sebagai penafsiran terhadap hal-hal yang timbul darinya.

5. Bastian dan Suharjono (2006)

Dalam buku Bastian dan Suharjono Committee of Terminology of The American Institute of Certified Public Accountants, menyatakan akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan dan mengikhtisarkan transaksi. Peristiwa tersebut bersifat keuangan dengan suatu cara dalam menginvestasikan hasilnya.

6. Sophar Lumbantoruan

Pengertian akuntansi menurut Sophar Lumbantoruan yaitu, akuntansi merupakan alat yang bisa digunakan sebagai bahasa bisnis. Dimana informasi yang akan disampaikan telah diolah sedemikian rupa sehingga akan mudah di pahami dan di mengerti.

7. Financial Accounting Standards Board (FASB)

Menurut FASB akuntansi adalah sebuah kegiatan jasa yang fungsinya memberikan informasi kuantitatif. Informasi tersebut nantinya dipakai untuk mengambil keputusan ekonomi. 

Pentingnya Peran Akuntansi dalam Bisnis 

Jika akuntansi dilakukan dengan benar maka, resiko kebocoran keuangan dalam sebuah perusahaan dapat teratasi. Pencatatan akuntansi yang baik akan membantu perusahaan  jika suatu saat pemerintah melakukan audit. Maka riwayat pencatatan akuntansi tersebut akan mempermudah perusahaan tersebut dalam proses audit. Selain itu  akuntansi merupakan sebuah kuantitatif dalam dunia bisnis sehingga semua hal akan tertulis dan terukur secara jelas. 

Orang yang berhak menangani Akuntansi perusahaan 

Perusahaan publik dalam skala besar biasanya akan menunjuk CFO atau kepala pejabat keuangan untuk menangani akuntansi perusahaan. Sedangkan untuk perusahaan kecil biasanya menyewa akuntan eksternal untuk menangani dan menjaga akun. Namun pada umumnya, akuntansi sebuah perusahaan biasanya ditangani oleh akuntan internal maupun staf SDM. 

Manfaat Akuntansi 

Akuntansi memiliki sistem liabilitas, pelacakan aset, dan pendapatan bisnis, sehingga akan memudahkan dalam membuat sebuah keputusan bisnis yang tepat. Hal tersebut  berdasarkan kinerja masa lalu dan menyajikan kesehatan keuangan perusahaan mu. Dengan sistem yang jelas dan teratur maka dapat membantu pertumbuhan dan menambah keuntungan perusahaan. Dengan mengetahui kondisi keuangan perusahaan maka kamu dapat menentukan kemungkinan berinovasi supaya dapat meningkatkan pelayanan. 

Demikian pembahasan mengenai Pengertian akuntansi dan pentingnya dalam dunia bisnis. Akuntansi memanglah sangat penting dalam dunia bisnis sehingga dapat mendata semua keuangan dengan baik dan tertata. Kunjungi jasa audit keuangan untuk mendapatkan informasi lainya.