Selamat Datang

Business Coaching

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah satu-satunya badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

BAN-PT memiliki wewenang dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan dan menyebarluaskan “Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi”, dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi. Ketua Dewan Eksekutif BAN-PT saat ini adalah Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D

BAN-PT didirikan pada tahun 1994 berdasarkan UU no. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan PP no. 60 tahun 1999 tentang pendidikan tinggi. Dalam melaksanakan wewenangnya BAN-PT juga melaksanakan akreditasi untuk semua institusi pendidikan tinggi, untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), dan Perguruan Tinggi Agama (PTA). Dalam PP No. 60 tahun 1989 bahwa BAN-PT adalah badan yang mandiri (independen) yang diangkat dan melaporkan tugasnya kepada Menteri Pendidikan Nasional.

BAN-PT memiliki fungsi utama menurut UU No. 2 tahun 2003, PP No. 60/1999, SK Menteri Pendidikan Nasional No. 118/U/2003 yaitu membantu Menteri Pendidikan Nasional dalam pelaksanaan salah satu kewajiban perundangannya yang merupakan penilaian mutu perguruan tinggi, yaitu Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, Keagamaan, dan Kedinasan. Namun telah diundangkannya Permendikbud No. 59 tahun 2012 fungsi utama BAN-PT berubah tterutama dengan adanya pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) untuk ilmu-ilmu serumpun yang merupakan amanat dari undang-undang (UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). Enam peran dan tugas yang dimiliki BAN-PT yaitu (1) mengembangkan sistem akreditasi nasional, (2) melaksanakan akreditasi institusi, (3) melakukan penilaian kelayakan prodi /PT baru bersama Ditjen Dikti, (4) melakukan akreditasi program studi yang belum memiliki LAM serumpun, (5) memberikan rekomendasi dan (5) evaluasi terhadap LAM.

Visi

Menjadi lembaga akreditasi perguruan tinggi yang independen, kredibel, dan akuntabel, serta diakui pada tataran global

Misi

  • Membangun budaya mutu di pendidikan tinggi;
  • Mengembangkan sistem akreditasi sebagai pelaksanaan penjaminan mutu eksternal;
  • Melaksanakan akreditasi secara, efisien, handal, serta akurat; dan
  • Mengembangkan lembaga akreditasi mandiri yang bermutu.

Makna Logo

Tanda centang (√)

– Bermakna bahwa BAN-PT memegang teguh prinsip utama sistem penjaminan mutu yaitu mengutamakan “do the right things” dan “do things correctly”.

– Tanda centang (√) ini menembus lingkaran Q dan dunia yang berarti “thinking out of the box” sekaligus menunjukkan “sadar globalisasi”, karena BAN-PT merupakan anggota jejaring lembaga penjaminan mutu internasional dan berkeinginan untuk menginternasionalkan lembaganya dan program studi serta institusi pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.