Prospek Kerja Jurusan Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran

Bagi kalian yang suka dengan teknologi, jurusan Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran bisa menjadi salah satu rekomendasi yang tepat. Jika kalian memasuki jurusan ini, kalian akan mempelajari tentang kurikulum sekaligus teknologi yang digunakan dalam dunia pendidikan. Karena mempelajari tentang kurikulum, maka kalian akan belajar untuk membuat dunia pendidikan semakin maju. Sekaligus kalian juga dapat mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang digunakan. Jadi, jurusan ini sangat cocok untuk kalian yang selalu update dengan teknologi dan tertarik bekerja di bidang pendidikan. 

Meski jurusan ini cukup asing di telinga, kalian tak perlu khawatir dengan prospek kerjanya. Ada banyak peluang kerja yang bisa kalian coba setelah lulus dari jurusan ini. Di sana kalian akan belajar menggunakan teknologi yang tepat demi kelangsungan pembelajaran di kelas. Pemanfaatan teknologi tersebut juga selaras dengan materi kurikulum sekolah yang akan diajarkan. Sehingga ada kesesuaian antara kurikulum dan teknologi yang bisa kalian pelajari. Jurusan ini barangkali memang tidak seterkenal jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Namun tak usah ragu, berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang menjanjikan bagi kalian.

1. Pengembang E-Learning

Prospek kerja pertama adalah menjadi pengembang e-learning. Semakin hari teknologi semakin maju, sehingga dunia pendidikan pun terus mengikuti cara-cara yang lebih modern. Jadi saat ini banyak pembelajaran yang dilakukan melalui e-learning. Nah, sebagai lulusan Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran, kalian dapat mengembangkan metode pembelajaran e-learning dengan bekerja di platform belajar online. Di sana kalian dapat membuat atau memproduksi materi-materi untuk pembelajaran e-learning.

2. Pengembang Sistem

selanjutnya kalian juga memiliki peluang untuk menjadi seorang pengembang sistem. Kalian bisa menjadi pengembang sistem di TNI atau Kepolisian. Karena menguasai teknologi, maka kalian dapat masuk ke dunia kepolisian atau TNI, yaitu sebagai pengembang sistem dan teknologi. Sehingga jika gagal mendaftar ke instansi ini namun masih ingin bisa bekerja di sana, mengambil jurusan ini adalah salah satu alternatif yang bisa dicoba. Ohya, gaji yang didapatkan biasanya sekitar Rp. 5.000.000.

3. Kursus Komputer

Prospek usaha berikutnya yaitu membuka kursus pelatihan komputer.   Jika kalian merasa sudah menguasai banyak hal tentang komputer, maka tak ada salahnya jika ilmu yang kalian punya, disalurkan ke orang lain dengan membuka jasa kursus komputer. Dengan begitu, ilmu yang dimiliki pun tidak sia-sia. Selain itu, membuka usaha ini berarti memberikan peluang bagi kalian untuk memiliki bisnis sendiri. 

4. Kerja di stasiun televisi

Jika kalian sudah lulus, kalian juga bisa bekerja di stasiun televisi. Karena nyatanya, tak hanya anak komunikasi saja yang bisa bekerja di sana. Jurusan Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan juga memiliki peran. Sebab saat kuliah, kalian juga akan diajarkan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia multimedia. Kalian akan belajar menggunakan kamera, membuat naskah, membuat video, juga melakukan editing. Jika pengalaman itu telah didapatkan, kalian bisa bekerja di dunia industri pertelevisian. Jika bekerja di sana, kalian bisa mendapatkan gaji sekitar 4.000.000 sampai 5.000.000 per bulan. 

5. Usaha Media dan Membuat Media Pembelajaran

Selanjutnya, kalian juga bisa memiliki usaha media dan percetakan. Kemampuan yang kalian dapat dari belajar mengenai editing selama kuliah dapat dimanfaatkan untuk mendirikan bisnis jasa media. Kalian juga bisa membantu para guru-guru di membuat aplikasi belajar. Sebab saat ini, dunia pendidikan membutuhkan media pendukung selain dari buku. Sehingga hal ini bisa kalian manfaatkan. Kalian bisa menjadi fasilitator bagi para guru yang tidak ahli di bidang teknologi membuat media pembelajaran. 

6. Guru Kursus Editing

Peluang keenam yang cukup menjanjikan adalah menjadi guru kursus. Kalian bisa membuka usaha kursus editing. Di tempat kuliah, kalian tentu akan banyak bersinggungan dengan dunia multimedia, mulai dari editing video, fotografi, dan lain-lain. Kalian bisa memanfaatkan itu semua untuk menjadi guru kursus.

Nah, itulah tadi beberapa Prospek Kerja Jurusan Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran. Ada banyak peluang jika kalian bisa mengambilnya. Jadi, manfaatkan masa kuliah dengan sebaik-baiknya supaya ketika lulus, kalian telah memiliki kemampuan yang bisa digunakan untuk melamar kerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *