Mutimedia dan RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak adalah 2 jurusan di sekolah SMK yang banyak diminati pelajar. Kedua jurusan tersebut memang selaras dengan perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang ini.

Selain mempelajari tentang desain dan perangkat lunak, kedua jurusan tersebut juga akan membuka wawasan mengenai dunia IT maupun teknologi terkini. Akan tetapi seringkali lulusan kedua jurusan tersebut kebingungan memilih jurusan selanjutnya bila ingin kuliah. Untuk itu berikut ada beberapa rekomendasi kuliah untuk lulusan SMK jurusan multimedia & RPL :

  1. Jurusan Ilmu Komputer

Untuk lulusan SMK yang mengambil jurusan multimedia dan RPL mengambil kuliah jurusan ilmu komputer adalah yang tepat. Terlebih untuk jurusan RPL, disini kamu akan lebih mendalami tentang sistem komputer, aplikasinya, jaringannya dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia pemrograman.

  1. Jurusan Teknik Komputer

Selain jurusan ilmu komputer, jurusan teknik komputer juga dapat menjadi pilihan selanjutnya. Disini kamu akan belajar mengenai teknologi yang dalam industri komputer.

  1. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Untuk kamu lulusan RPL, jurusan tersebut juga ada kelanjutannya di bangku kuliah. Jurusan RPL atau software engineering bisa menjadi pilihan utama untukmu. Dengan begitu kamu juga tidak perlu mengulang lagi dari nol dan lebih bisa mendalami jurusan yang sudah kamu pilih di SMK.

  1. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika juga merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati tidak hanya lulusan mutimedia dan RPL saja. Sedikit berbeda dengan teknik komputer, disini kamu akan mempelajari disiplin ilmu yang berdasarkan komputer dengan pengembangan teknologinya. Disini kamu akan mempelajari tentang Artificial Intelegence, jaringan komputer hingga programming.

  1. Jurusan Sistem Informasi

Sedikit berbeda dengan teknik informatika, pada jurusan sistem informasi disini menggabungkan antara prinsip bisnis dan komputer. Tidak hanya berguna di pekerjaan nantinya, namun bila kamu ingin membangun bisnis juga akan berguna nantinya.

  1. Jurusan Bioinformatika

Jurusan yang mungkin baru pernah kamu dengar ini akan mempelajari tentang penerapan teknologi komputer yang dipakai pada dunia kesehatan. Disini kamu akan mempelajari tentang biomedis, biologi hingga berbagai hal yang berhubungan tentang life science.

  1. Jurusan Teknologi Pendidikan

Mempelajari tentang pendidikan serta teknologinya bisa menjadi pilihan kamu selanjutnya di bangku kuliah. Selain membantu dalam mengikuti perkembangan tren teknologi global, jurusan ini juga tepat untuk kamu yang ingin menjadi guru seputar ilmu komputer.

  1. Jurusan Industrial Robotics Design

Jurusan yang tergolong masih jarang ini juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Disini kamu akan mempelajari tentang teknologi robotik yang digunakan dalam proses produksi industri. Jurusan ini dapat dibilang akan mempunyai tren positif kedepannya.

  1. Jurusan Pendidikan Komputer

Bila kamu bercita-cita untuk menjadi guru komputer maka jurusan ini layak menjadi pilihan utama. Bila kamu tekun dan serius mungkin nantinya kamu akan menjadi guru RPL atau multimedia di SMK-mu sendiri.

  1. Jurusan Mobile Application & Technology

Jurusan yang muncul karena perkembangan zaman ini juga layak menjadi pilihan selanjutnya. Disini kamu akan belajar mengenai berbagai teknik maupun cara membuat aplikasi dan teknologi mobile yang digunakan di berbagai platform.

  1. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Setelah memiliki cukup bekal di SMK jurusan multimedia, jurusan desain komunikasi visual bisa menjadi pilihan di bangku kuliah. Kamu akan mempelajari tentang dunia animasi lebih dalam lagi, tentu kamu tidak akan terlalu kesulitan karena sudah mempunyai bekalnya.

Bila kamu serius belajar di jurusan ini maka kamu akan punya kesempatan dalam produksi animasi dalam bentuk film atau TV. Bila kamu serius kamu bisa mencobanya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Binus University  dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

  1. Jurusan Multimedia

Jurusan multimedia juga ada lanjutannya di bangku kuliah. Pada perkembangannya, multimedia tidak hanya mempelajari desain grafis pada media cetak saja. Zaman sekarang ini multimedia juga banyak digunakan dalam desain pengembangan web, permainan atau games maupun pengembangan aplikasi digital lainnya.

Jika kamu melanjutkan ke jurusan ini maka skill desainmu akan lebih terlatih setelah sebelumnya sudah dilatih di SMK. Jadi bila kamu mempunyai tingkat kreativitas yang baik, maka melanjutkan studi ke jurusan multimedia bisa menjadi pilihan utama. Kamu bisa menlanjutkannya di universitas seperti Telkom University, Politeknik Negeri Surabaya dan Jakarta.

  1. Jurusan Broadcasting

Sudah bukan barang asing lagi kalau jurusan broadcasting adalah jurusan primadona buat kamu yang mengambil jurusan multimedia di SMK. Dengan semakin banyaknya media massa dan telekomunikasi sekarang ini, tentunya mengambil jurusan satu ini akan menjadi pilihan yang tepat.

Setelah mempelajari dan mempraktekan dasarnya di SMK, dengan melanjutkan ke jurusan ini skillmu akan lebih terasah lagi. Namun hal ini membutuhkan ketekunan dan keseriusan karena persaingan di jurusan ini juga cukup ketat. Bila memang serius ingin melanjutkan ke jurusan ini kamu bisa memilihnya di Universitas Padjajaran, Universitas Mercu Buana maupun Universitas Indonesia.