Dari waktu ke waktu makanan pedas tidak pernah sepi peminat. Apalagi sekarang ini juga banyak sekali menu baru yang bermunculan dengan tingkat kepedasan yang tidak masuk akal. Namun, meskipun demikian makanan pedas tetap banyak diminati, entah karena memang suka pedas atau hanya penasaran ingin mencicipi tingkat kepedasannya.

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa makanan pedas yang banyak dijual itu ternyata adalah makanan yang mudah dibuat sendiri di rumah. Hal ini karena bahan yang digunakan mudah dicari dan juga proses pengolahannya terbilang sederhana. Oleh karena itu, berikut beberapa rekomendasi makanan pedas yang mudah dibuat.

1. Seblak

Seblak merupakan makanan khas dari bandung yang bercita rasa gurih dan juga pedas. Seblak terbuat dari kerupuk mentah yang direndam dengan air terlebih dahulu, lalu dimasak dengan sayuran, telur maupun sumber protein lainnya. Bumbunya pun hanya bawang putih, bawang merah, cabai yang dihaluskan dan jangan lupa kencur karena seblak identik dengan rasa kencurnya. Karena bahannya yang mudah dicari sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Ceker mercon

Ceker mercon merupakan kreasi makanan yang bahan utamanya adalah kaki ayam yang diolah sedemikian rupa layaknya mengolah ceker ayam biasa. Disebut dengan ceker mercon karena dimasak dengan sambal yang pedas dan memiliki level yang tidak biasa. Biasanya ceker yang digunakan adalah ceker ayam potong yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan ceker ayam kampung. Sebelum diolah ceker harus direbus terlebih dahulu hingga empuk, selanjutnya tinggal ditumis dan di tambah bumbu-bumbu lalu masak sampai matang.

3. Rica-rica ayam

Resep ayam rica-rica merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kata rica sendiri merupakan bahasa manado yang memiliki arti “pedas” atau “cabai”. Rica merupakan bumbu pedas yang banyak menggunakan potongan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, garam, dan gula dalam pengolahannya. Setelah itu semua bahan tadi kemudian dimasak menggunakan minyak kelapa yang dicampur dengan daun jeruk, serai, dan air jeruk nipis.

4. Sambal ati ampela

Jenis makanan ini cukup popular di indonesia biasanya juga banyak ditemukan seperti di acara pesta nikah maupun lebaran. Makanan dengan bahan dasar ati ampela dan tambahan petai ini diminati oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan juga pedas apalagi sangat cocok dinikmati dengan nasi putih hangat.

5. Sate taichan

Sate taichan merupakan sate yang proses pembakarannya tidak menggunakan kecap ataupun bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Namun, sate taichan disajikan dengan sambal cabe rawit yang super pedas. Proses pembuatanya juga cukup mudah kamu hanya perlu memarinasi dagingnya menggunakan bumbu seperti royco, merica, bawang putih, dan jeruk nipis. Setelah dimarinasi selama beberapa saat panggang dagingnya hingga matang, dan siap disajikan.

6. Ayam geprek

Ayam geprek kini menjadi makanan populer yang dapat ditemui hampir disemua kota besar di indonesia. Ayam geprek merupakan makanan ayam goreng tepung yang diulek bersama dengan sambal yang super pedas. Proses pembuatannya cukup mudah kamu hanya perlu menyiapkan daging ayam dan tepung setelah itu baluri ayam dengan tepung, lalu goreng hingga kuning kecoklatan. Setelah ayam matang ulek atau geprek dan sambal yang terdiri dari cabai, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.

7. Terong balado

Terong selalu ada didalam menu rumah makan padang, rasanya yang segar, pedas dan sedikit asam membuat terong banyak disukai. Terong memberi asupan sejumlah mineral dan vitamin yang menyehatkan, selain itu juga terong memiliki banyak jenis yang umum dimasak. Biasanya terong dijadikan sebagai pelengkap lauk dan jenis terong yang digunakan adalah terong ungu yang panjang dan segar. Untuk membuat terong balado bumbunya terdiri dari cabe merah, bawang putih dan bawang merah, meskipun begitu rasa pedasnya membuat nagih.

8. Sambal goreng kentang

Kentang menjadi bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam seperti perkedel, kripik kentang, dan juga sambal goreng kentang. Kandungan gizi yang terdapat dalam kentang juga cukup banyak, kentang yang digoreng empuk mengandung vitamin B6 yang baik untuk otak. Resep sambal goreng kentang tidak berbeda dengan bumbu sambal pada umumnya hanya ditambah cabai yang lebih banyak lagi. Karena sajian ini memiliki cita rasa pedas yang cukup dominan.

Sekian artikel mengenai rekomendasi makanan pedas yang mudah dibuat semoga bermanfaat.