Mungkin beberapa orang yang masih bingung dalam penulisan struktur teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi yaitu jenis teks yang berisi penjabaran umum tentang sesuatu yang didasarkan dari hasil observasi yang dilakukan. Yang juga terdapat fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah dalam laporan hasil observasinya.

Objek pengamatan yang bisa diangkat dalam teks laporan hasil observasi juga banyak antara lain keadaan alam, hewan, tumbuhan, social, kesenian, dan lain sebagainya. Teks laporan hasil observasi sifatnya informatif, komunikatif, dan juga objektif. Dalam memberi suatu informasi teks laporan hasil observasi harus mudah dipahami oleh para pembaca. Selain itu juga setiap informasi yang didapatkan harus disajikan secara objektif dan sesuai dengan fakta sebenarnya, dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), struktur adalah susunan, bangunan, ataupun hal yang disusun berdasarkan pola tertentu. Untuk struktur laporan yang berhubungan dengan karangan isinya tentang susunan dan hubungan dari setiap hal yang akan dibahas pada karangan tersebut. Dengan demikian, setiap jenis teks akan disusun dengan struktur yang berbeda-beda.

Teks laporan hasil observasi memiliki tiga struktur, yaitu :

1. Pernyataan Umum Atau Klarifikasi

Pernyataan umum merupakan bagian pembuka atau pengantar dari suatu hal yang akan disampaikan. Yang isinya tentang suatu objek yang sudah dikaji secara umum, menjelaskan secara garis besar mengenai objek tersebut.

2. Deksripsi Bagian

Deskripsi bagian berisi pembahasan, dan perincian secara lebih detail. Contohnya, binatang mencakup makanan, perilaku, habitat, dan juga ciri fisiknya.

Sedangkan untuk tumbuhan bisa berupa perincian tentang ciri fisik dari akar, buah, bunga dan perincian bagian lainnya. Perincian mengenai manfaat dan juga nutrisi dipaparkan pada deskripsi ini. Jika yang dilaporkan berupa objek, maka deskripsi bagian berisi klarifikasi objek dari berbagai segi.

3. Deskripsi Manfaat

Lalu struktur teks laporan hasil observasi yang terakhir adalah deskripsi manfaat. Deskripsi manfaat berisikan manfaat yang didapatkan dari setiap objek yang diamati dalam kehidupan.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi masih berkaitan dengan suatu penelitian dan juga pengetahuan, maka dari itu teks ini masuk ke dalam jenis teks formal. Oleh karena itu, diharuskan menggunakan bahasa yang baku atau sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami.

Kaidah kebahasaan yang digunakan pada teks laporan hasil observasi diantaranya :

1. Kata umum (Hipernim) dan kata khusus (Hiponim) dalam sebuah pengklarifikasian

  • Benda (kata umum) diklasifikasikan menjadi dua, yaitu benda mati (kata khusus) dan benda hidup (kata umum).
  • Benda hidup (kata umum) dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu binatang (kata khusus) dan tumbuh-tumbuhan (kata umum).
  • Tumbuh-tumbuhan (kata umum) dikelompokan menjadi tumbuhan berbunga (kata khusus dari kata tumbuh-tumbuhan) dan tumbuhan tidak berbunga (kata khusus dari kata tumbuh-tumbuhan).
  • Binatang (kata umum) diklasifikasikan menjadi bertulang belakang atau vertebrata (kata khusus dari kata binatang) dan tidak bertulang belakang atau invertebrata (kata khusus dari kata binatang.)

2. Menggunakan frasa verbal (kelompok kata kerja) yang digunakan untuk membuat klarifikasi. Contohnya dibagi, menjadi.

3. Menggunakan kata verba (kata kerja), baik verba aktif maupun verba pasif. Misalnya adalah dibagi, dikelompokan, diklasifikasikan (kata verba pasif). Sedangkan kata verba aktifnya bisa membagi, mengelompokan, mengklasifikasikan.

4. Menggunakan kata berantonim, yaitu kata-kata yang mempunyai makna berlawanan. Contohnya kata besar berantonim dengan kata kecil.

5. Perubahan verba (kata kerja) ke nomina (kata benda). Contohnya, membagi (kata kerja) berubah menjadi pembagian (kata benda).

6. Menggunakan konjungsi (kata hubung), contohnya tetapi, dan, selanjutnya, sementara itu, sedangkan. Masing-masing konjungsi mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

7. Menggunakan kalimat kompleks dan simpleks. Kalimat kompleks yaitu kalimat yang memiliki dua struktur atau lebih dengan jumlah dua verba atau lebih. Sebagai contoh tanaman kacang itu akan tumbuh subur apabila rajin menyiraminya.

Berbeda dengan kalimat kompleks, kalimat simpleks hanya memiliki satu struktur saja dengan satu verba utama. Sebagai contoh, tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki beberapa ciri-ciri, diantaranya :

1. Ditulis secara sempurna dan juga lengkap.
2. Bersifat global, universal, dan objektif.
3. Objek yang dibicarakan ataupun yang dibahas adalah objek tunggal.
4. Ditulis sesuai dengan fakta dari hasil pengamatan yang sudah dilakukan.
5. Tidak mengandung prasangka atau dugaan yang menyimpang.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan utama dari teks laporan hasil observasi yaitu untuk memberikan sebuah informasi secara objektif. Dan yang sesuai dengan fakta yang ada di lapangan dengan hasil pengamatan yang didapat.

Tujuan lainnya, yaitu :

1. Untuk penelitian dan untuk memberikan informasi yang terbaru.
2. Untuk mengatasi suatu persoalan dan juga untuk menemukan cara atau teknik terbaru.
3. Untuk mengambil keputusan yang lebih efektif.
4. Untuk melakukan pengawasan ataupun perbaikan
5. Untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini merupakan contoh teks laporan hasil observasi tentang biologi :

a. Pernyataan Umum

Biologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berbagai makhluk hidup. Pada umumnya biologi ini mempelajari tentang struktur dan fungsi pertumbuhan, asal muasal makhluk hidup, dan evolusi serta distribusi dari organisme hidup. Biologi penting untuk dipejari karena menjelaskan tentang bagaimana makhluk hidup berfungsi dan berinteraksi dengan lingkungan dan juga makhluk hidup lainnya. Perkembangan ilmu biologi juga membantu para ilmuwan untuk terus mengembangakan obat-obatan yang lebih baik lagi.

Biologi juga mempelajari efek dari kehidupan manusia pada perubahan dalam lingkungan. Dan juga dapat menjelaskan bagaimana cara memproduksi makanan yang lebih baik untuk mencukupi kebutuhan manusia.

b. Deskripsi Bagian

Ilmu biologi modern pada dasarnya dapat dibagi ke dalam 4 cabang, yaitu :

1. Teori sel yang menjelaskan dasar-dasar mengenai cara seluruh makhluk hidup untuk membangun unit sel yang merupakan fondasi dari kehidupan.
2. Teori genetic yaitu menjelaskan prinsip yang menyatakan bahwa setiap makhluk hidup memiliki DNA, yaitu molekul yang menjadi kode dasar dalam sel.
3. Homeostasis sebuah prinsip yang menjelaskan bahwa organisme hidup akan selalu menjaga keadaan seimbang untuk bertahan hidup di lingkungannya. Keseimbangan ini yang menjadi kunci bagi makhluk hidup untuk tetap bertahan hidup di tengah lingkungan yang mungkin penuh dengan berbagai ancaman bagi kehidupannya.
4. Evolusi adalah prinsip yang menjelaskan bagaimana setiap makhluk hidup dapat mengubah sifat secara turun temurun untuk memberikan kesempatan pada spesiesnya agar bisa bertahan hidup lebih baik.

c. Deskripsi Manfaat

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mempelajari ilmu biologi, yaitu :

1. Riset, dimana para ahli biologis bisa mengerti bagaimana makhluk hidup bisa bertahan hidup dan berkembang biak. Dengan hal ini, para ilmuwan juga berusaha mencoba mengerti dari mana asal muasal kehidupan yang sebenarnya.
2. Kesehatan, ilmu biologi dapat dijadikan sebagai dasar untuk menemukan obat baru yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini penting mengingat banyaknya penyakit yang belum ditemukan obatnya. Harapannya tentu adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan kemungkinan untuk memperpanjang umur normal manusia.
3. Konservasi, ilmu biologi dapat digunakan untuk melestarikan lingkungan sekitar dan mengurangi efek buruk dari kegiatan manusia pada lingkungan. Konservasi juga akan membahas mengenai dampak buruk dari polusi yang dihasilkan oleh aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian pembahasan mengenai struktur teks laporan hasil observasi, semoga bermanfaat.