Siapa nih yang lagi pusing mikirin skripsi? Masalah utama ini yang sering dihadapi seorang mahasiswa dalam menentukan topik dan judul tesis. Bagi seorang mahasiswa menentukan judul skripsi adalah suatu hal yang menyeramkan. Ada yang sampai puluhan kali berganti judul karena persiapan yang kurang maksimal.

Ikuti tips di bawah ini agar kamu tidak kebingungan dan berlarut-larut dalam mencari topik dan judul skripsi. Simak informasi lengkapnya mengenai tips mencari topik dan judul tesis supaya langsung di ACC dosen.

Tips Mencari Topik Dan Judul Tesis Skripsi

Tips Mencari Topik Dan Judul Tesis Skripsi

Beberapa tips dalam mencari topik dan judul tesis skripsi yang dapat kamu lakukan di bawah ini. Yuk, langsung aja cek tipsnya ya :

1. Kenali Minat dan Ketertarikan

Langkah pertama ini sangatlah penting untuk mencari topik dan judul skripsi. Kamu tidak dapat mengerjakan skripsi jika kamu tidak tahu bakat dan minat yang kamu sukai. Minat dan ketertarikan ini menjadi faktor utama dalam proses pengerjaan skripsi. Kamu juga dapat menuliskan skripsi sesuai dengan ketertarikanmu, maka proses penyelesaian skripsi menjadi lebih mudah.

Caranya mudah sekali, Anda dapat meluangkan waktu tanpa siapapun dan mendengarkan musik yang membawa ketenangan. Setelah itu pikirkan passion kamu di bidang apa. Atau kamu juga bisa bertanya dengan orang terdekat kamu. Ketika kamu sudah menemukan minat tersebut, kamu akan lebih mudah menyelesaikan ke tahap berikutnya.

2. Melihat Contoh Skripsi Senior dan Jurnal Berkaitan Dengan Minat

Jika sudah menemukan gambaran atau ide, kamu dapat lanjut ke tahapan selanjutnya dan mencari bahan dasar ari ide yang kamu dapatkan. Caranya kamu cukup datang ke perpustakaan dan mencari contoh skripsi senior yang berkaitan dengan ide tersebut.

Carilah referensi sebanyak mungkin, dan cari beberapa bahan materi yang belum dibahas. Kamu dapat menjadikan bahan materi tersebut menjadi poin utama yang dapat kamu bahas di skripsimu. Selain itu, kamu juga dapat mencari jurnal ilmiah yang berkaitan dengan minat kamu.

Kedua bahan tersebut dapat menjadi acuan untuk membuat judul skripsi menarik dan langsung di ACC dosen. Pastikan banyak bahan referensi yang dapat kamu gunakan untuk membuat judul skripsi.

3. Mengunjungi Situs Ilmiah Terpercaya

Tips selanjutnya yang bisa mencari tambahan referensi yaitu dengan mengunjungi situs-situs ilmiah dari internet. Carilah beberapa situs terpercaya yang kajiannya sudah terbukti dan nyata, kemudian masukkan daftar tersebut ke dalam referensi kamu. Kamu dapat mengeceknya dengan menggunakan kata kunci berdasarkan ide yang kamu dapatkan.

Carilah situs ilmiah yang mempunyai pembahasan sempurna dan lengkap agar dapat menambah wawasanmu mengenai ide judul skripsi. Sehingga pada saat kamu mengajukan judul tersebut ke dosen pembimbing, kamu sudah mempunyai argumen dan landasan yang memperkuat judul skripsi.

4. Diskusi Dengan Kakak Tingkat dan Orang Hebat

Jangan berpikiran bahwa kamu dapat menentukan judul skripsi sendiri, kamu juga butuh campur tangan dengan orang orang yang berpengalaman dan berdiskusi dengan senior. Tujuannya dalah agar kamu tidak salah mengerti dalam membuat skripsi. Mulailah dengan mengajak seniormu untuk berdiskusi dan serap semua informasi penting tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat berdiskusi dengan dosen mata kuliah yang berhubungan dengan ide judul skripsi kamu. Cara menentukan judul skripsi ini mungkin cukup kreatif tetapi membutuhkan banyak perjuangan.

5. Perbanyak Ikut Seminar, Workshop, dan Mata Kuliah

Daripada membuang-buang waktu untuk membolos, lebih baik masuk kelas untuk mengikuti mata kuliah. Karena mata kuliah ini memungkinkan kamu berhubungan langsung dengan skripsi yang akan kamu buat.

Selain itu, kamu juga dapat mengikuti seminar atau workshop yang diselenggarakan oleh berbagai pihak yang berhubungan dengan minat dan ide kamu. Ini merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan banyak informasi terkait ide dan minat tersebut. Kamu juga dapat menambah wawasan yang lebih luas karena mendapatkan banyak informasi baru.

6. Jangan Targetkan IPK

Masalah utama yang sering dialami oleh mahasiswa yaitu harus tamat dan mencapai target nilai IPK. Menurut mereka, IPK tinggi akan membantu mendapatkan pekerjaan lebih mudah dan membuat bangga orang tua.

Ketika kamu berpikir secara realistis mengenai IPK, maka fokus tersebut akan lebih maksimal mempersiapkan sebuah skripsi. Jika kamu hanya mementingkan IPK, maka yang akan terjadi yaitu kamu mengulang mata kuliah yang belum maksimal. Alhasil skripsi kamu akan tertunda semakin lama.

7. Cek Kondisi Kekinian Sesuai Minat

Kamu dapat mengecek kondisi yang sedang viral di kalangan masyarakat umum. Kemudian kaitkan dengan minat kamu dan kembangkan dalam skripsi kamu nantinya. Tips ini akan lebih mudah karena pastinya setiap hari ada hal-hal vira dan kekinian.

kamu harus rajin membuka internet dan membuka situs ilmiah yang berkaitan dengan topik dan judul yang kamu pilih dan angkat sebagai judul skripsi agar memaksimalkan cara ini.

8. Tema Sesuai Dengan Target Waktu

Tema dan topik yang kamu pilih ini menjadi sebuah landasan pembuatan judul skripsi. Tetapi kamu harus mempertimbangkan waktu penyelesaiannya. Jangan tergiur dengan tema yang bagus, tetapi ternyata membutuhkan kajian yang mendalam dan membutuhkan waktu yang lama.

Sebaiknya carilah tema dan topik yang mudah, cepat dan berbobot. Sehingga kamu dapat memanajemen waktu dengan baik dan waktu yang kamu gunakan lebih efektif dan efisien.

9. Melakukan Pengamatan

Kamu dapat berjalan-jalan dan melakukan pengamatan di sekitar tempat tinggal. Kamu dapat mengunjungi tempat umum yang ramai dikunjungi banyak orang. Dari melakukan pengamatan tersebut, kamu dapat menemukan ide yang menarik yang dapat kamu jadikan sebagai topik dan judul kamu.

Tetapi, hasil pengamatan ini hanya bersifat paling mendasar. Kamu dapat memperkuat hasil pengamatan dengan menggunakan data dari hasil pengamatan tersebut.

Itulah tadi beberapa tips mencari topik dan judul tesis supaya langsung di ACC dosen. Kamu dapat mempelajari dan memahami beberapa tips di atas untuk menentukan topik dan judul tesis skripsi kamu.