Cara merawat karpet yang berbahan kulit hewan tentunya harus kamu perhatikan dengan seksama. Karena cara merawat produk ini berbeda dengan merawat produk dari bahan lainya. Dimana dalam merawat karpet ini, harus memerlukan perhatian dan penanganan yang ekstra.

Barang yang berbahan dasar kulit biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Dilihat dari segi harga maupun desain, karpet bahan kulit hewan dapat dikatakan mewah dan terkesan lebih mahal dibandingkan dengan lainya. Produk berbahan kulit hewan memiliki nilai jual tinggi karena olahan ini cukup sulit. Kulit yang biasanya digunakan berasal dari kulit sapi dan kambing, karena hewan tersebut memiliki tekstur, pori-pori, serta keawetan yang baik.

Namun seawet-awetnya kulit hewan, akan memiliki resiko rusak apabila tidak dilakukan perawatan dengan baik. Berikut ini pembahasan mengenai tips merawat karpet kulit hewan dengan benar, yang dapat kamu lakukan dalam perawatan:

1. Kibaskan karpet setiap hari

Untuk membersihkan debu yang menempel sehari-harinya, kamu bisa mengibas-ibaskan karpet kulit hewan tersebut. Kamu juga dapat menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan debu yang sulit dibersihkan. Selain itu kamu juga dapat menjemur karpet kulit hewan supaya tidak lembab. Jemur pada tempat yang tidak terkena polusi dan debu.

2. Gunakan vacuum cleaner

Jika dengan cara mengibas-ngibas masih tidak cukup, maka kamu dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran. Sedotlah debu secara keseluruhan, jangan hanya diatas karpet saja namun dibawah karpet juga ikut dibersihkan. Karena di bawah karpet terkadang terdapat debu yang bertumpuk.

3. Kombinasi campuran deterjen dengan cuka dan air

Jika karpet kulit hewan terkena noda maka jangan khawatir, kamu cukup menggunakan cuka dan deterjen ataupun baking soda dan air. Bahan-bahan tersebut sangat ampuh dalam membersihkan noda yang membandel pada karpet kulit hewan. Tuangkan cairan sedikit demi sedikit dan gosok dengan perlahan menggunakan sikat halus atau dengan tangan hingga noda menghilang. Satu hal yang perlu diingat jika jika karpet terkena tumpahan berwarna seperti kuah bakso atau kopi, maka segeralah bersihkan.

4. Gunakan perasan air lemon dan cuka

Campuran dari air lemon, cuka ataupun baking soda ternyata juga ampuh dalam membersihkan noda yang membandel pada karpet kulit hewan. Tidak hanya sebagai pembersih alami bahan ini juga dapat menghilangkan bau yang tak sedap pada karpet kulit hewan. Kamu cukup mencampurkan perasan satu buah lemon dengan air hangat dan cuka. Setelah tercampur semprotkan pada noda dan tunggu selama 5-10 menit kemudian bersihkan dengan kain.

5. Penempatan karpet

Posisi penempatan karpet kulit hewan, juga akan mempengaruhi keawetanya. Jangan letakan karpet pada ruangan yang terkena sinar matahari secara terus-menerus, karena dapat membuat warna karpet kulit hewan menjadi pudar. Geser posisi penempatan karpet dalam jangka waktu tertentu, supaya bagian karpet yang sering terinjak tidak cepat rusak atau tipis.

6. Gunakan bedak bayi untuk menghilangkan bau

Ketika karpet kulit hewan memiliki aroma tidak sedap, disebabkan oleh rokok ataupun hewan peliharaan, solusi terbaiknya yaitu menggunakan bedak bayi. Bedak bayi dapat digunakan untuk merawat karpet kulit hewan supaya tidak bau. Cara menggunakanya juga mudah, kamu hanya perlu menaburkan bedak bayi pada karpetmu, kemudian tunggu selama 12 jam agar bedak dapat menyerap bau. Kemudian sedot menggunakan vacuum cleaner, di jamin karpet mu akan wangi.

7. Percayakan pada ahli

Banyak produk yang mengklaim dapat membersihkan noda dan bau, namun kebanyakan hanya menutupi noda bahkan menyebabkan noda masuk kedalam serat. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan jasa pembersih karpet yang profesional.

8. Tempat penyimpanan karpet

Dalam merawat karpet kamu juga harus memperhatikan tempat atau lokasi dalam menyimpanya. Pastikan tempat penyimpanan kering dan tidak lembab karena tempat lembab akan menyebabkan munculnya jamur. Bungkus karpet dengan plastik agar tidak ada debu yang menempel pada karpet yang sudah bersih.

Karpet berbahan kulit hewan kini banyak digunakan pada rumah untuk memberikan kesan mewah pada ruangan. Harga dari karpet hewan ini juga lumayan mahal daripada karpet berbahan kain. Untuk itu perlu perhatian dalam perawatan karpet ini supaya karpetmu awet dan tahan lama. Jika Anda masih merasa kesulitan dalam merawat karpet kulit hewan. Anda bisa menggunakan jasa cuci karpet Bandung. Layanan ini akan membantu Anda dalam membersihkan dan merawat karpet kulit dengan cara yang benar. Sehingga karpet akan tetap awet dan bersih seperti baru.